Yuk pelajari cara perawatan mobil listrik yang aman

Cara perawatan mobil listrik merupakan hal baru dalam dunia otomotif nasional, sehingga menjadi hal menarik untuk di pelajari dengan seksama. Dengan demikian berkendara dengan mobil listrik lebih aman dan efisien.

Sebagaimana diketahui bahwa saat ini mobil listrik yang sudah melaju di jalanan nasional hanya ada beberapa. Itupun hanya sebatas kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya. Mengingat penjualan mobil tenaga listrik ini juga belum lama.

Saat ini hanya ada beberapa varian mobil tenaga baterai yang sudah malang melintang di Indonesia. Bahkan baru empat produsen mobil yang sudah menjual produk mobil listrik ke konsumen.

Pabrik mobil yang sudah menjual mobil listrik di Indonesia, seperti : Hyundai, Nissan, DFSK, dan pabrikan mobil MG. Kemungkinan besar produsen mobil kawakan Toyota juga akan menyusul.

Bagi anda yang ingin berkendara dengan mobil listrik, saat ini paling tidak ada 5 pilihan dari berbagai produsen mobil, seperti : Hyundai Ioniq EV, Hyundai Kona Elektrik, All New Nissan Leaf, DFSK Gelora E, dan mobil listrik MG 5 EV.

Bagaimana Cara Kerja Mobil Listrik

Mobil listrik atau Electric Vehicles ( EV ) merupakan kendaraan yang ditenagai dengan daya listrik ( baterai ). Sehingga praktis mobil listrik tidak memerlukan bahan bakar sama sekali. Karena tidak ada pembakaran dan ruang mesin.

Dengan demikian anda tidak akan menemukan pompa bahan bakar, busi, maupun tanki penampungan. Mobil listrik juga tidak memerlukan saluran gas buang.

Sehingga tidak menimbulkan polusi sama sekali. Karena tenaga berasal dari baterai, maka dalam jangka waktu tertentu daya listrik habis dan harus melakukan pengisian ( charger ) kembali.

Itulah sebabnya khususnya bagi pemilik mobil generasi baru ini mesti memperhatikan cara perawatan mobil listrik yang benar dan aman supaya awet. Pelajari lebih lanjut cara kerja mobil listrik.

Mobil listrik nasional belum diproduksi secara massal

Bagaimana cara merawat mobil listrik yang aman

Seperti kendaraan berpenggerak bahan bakar, maka mobil tenaga baterai ini juga mesti dilakukan perawatan dengan sebaik baiknya agar supaya awet dan daya listrik tidak gampang tekor.

Mobil listrik merupakan kendaraan ramah lingkungan masa depan. Bagaimanapun juga akhirnya mobil bahan bakar akan digantikan oleh mobil listrik, sebab suatu ketika cadangan minyak bumi pasti habis.

Dengan demikian tidak ada salahnya jika mulai belajar cara merawat mobil listrik, sehingga tidak perlu pergi ke bengkel resmi, karena memang saat ini tidak banyak karena memang masih terhitung baru.

Selain itu perawatan mobil listrik juga bisa anda lakukan sendiri, bahkan jauh lebih mudah dari pada mobil berbahan bakar. Karena memang lebih simple dan praktis. Berikut tips cara merawat mobil listrik yang benar!

5 varian Mobil listrik dijual di Indonesia

Menjaga kebersihan dan fungsi radiator

Menjaga suhu tetap stabil merupakan hal mutlak, seperti halnya mobil pembakaran. Maka panas peralatan dalam mobil listrik juga perlu diperhatikan, khususnya sistem baterai yang merupakan komponen paling vital.

Jika sering mengalami panas berlebih, maka baterai mobil listrik juga mudah rusak atau bahkan terbakar. Dengan demikian kebersihan radiator juga harus terjaga dengan baik.

Seperti halnya radiator mobil pada umumnya, maka air coolant dalam radiator juga perlu diganti jika sudah tiba waktunya. Oh ya air radiator mobil listrik perlu diganti setiap 60 ribu jam dalam keadaan normal.

Pilih pengisian baterai mobil listrik paling aman

cara perawatan mobil listrik

Baterai merupakan jantung mobil listrik, sehingga performa baterai harus tetap terjaga dengan baik. Jika baterai sampai soak atau penyimpanan daya listrik tidak maksimal, tentunya akan berpengaruh pada laju mobil.

Sistem charger atau pengisian baterai pada mobil listrik ada 2 pilihan yakni pengisian standar dan pengisian cepat. Pada pengisian standar atau mode slow charging menggunakan arus AC ( Alternating Current ).

Sedangkan pengisian cepat atau fast charging menggunakan arus DC. Sistem pengisian fast charging biasanya terdapat di fasilitas pengisian umum. Singkatnya cara kerjanya seperti saat anda jumper aki pada mobil.

Seperti halnya aki mobil pada umumnya, jika sering melakukan jumper aki, maka akibatnya sel sel aki akan cepat rusak, karena ada pemaksaan tegangan masuk. Hal ini juga berlaku pada baterai mobil listrik.

Dengan demikian, meskipun mode slow charging memerlukan waktu relatif lebih lama, namun tidak merusak baterai mobil anda. Sehingga setiap habis di gunakan, maka lakukan charging baterai di rumah hingga terisi penuh.

Mengganti Oli Speed Reducer secara teratur

Setiap tipe mobil sudah pasti menggunakan gear untuk perpindahan gigi percepatan. Demikian juga dengan mobil listrik yang menerapkan sistem reducer.

Sehingga jika dalam sistem otomotif berbahan bakar kita mengenal perpindahan gigi transmisi, maka dalam sistem mobil listrik menggunakan speed reducer.

Fungsi speed reducer kurang lebih sama dengan sistem gigi percepatan yakni sebagai penyalur tenaga dari sumber ke gerakan putaran roda mobil.

Namun demikian jika gigi transmisi mobil menggunakan oli yang cukup banyak, biasanya antara 2 hingga 4 liter, namun pada sistem speed reducer hanya membutuhkan 1 liter oli saja.

Melakukan servis rutin secara berkala

Setiap kendaraan baik itu mobil dan motor, apapun jenisnya tentu membutuhkan servis rutin secara berkala, sehingga performa kendaraan tetap terjaga dengan baik.

Demikian juga dengan mobil listrik juga mesti melakukan servis secara berkala setiap 15 ribu kilometer. Kunjungi bengkel resmi sesuai mobil anda, mengingat mobil listrik masih barang baru di Indonesia.

Tentu saja masih ada beberapa cara perawatan mobil listrik yang mesti anda lakukan. Pada dasarnya tidak beda jauh dengan mobil pembakaran internal, seperti : ganti filter AC, ganti kampas rem, dan lainnya yang tertera dalam buku panduan resmi.

Info otomotif lainnya

  • mobil bekas terbaik

    Mobil bekas terbaik banyak dicari konsumen, khususnya mereka yang membeli kendaraan untuk digunakan sendiri. Namun yang terjadi justru sebaliknya, karena seringkali pihak konsumen perorangan ini mendapatkan mobil bekas yang harganya selangit. Lantas bagaimana cara mencari mobil bekas terbaik yang harga jualnya

    Baca lebih lengkap
  • Mobil bekas murah harga 70 jutaan, pilih yang mana

    Harga MobilNissan March 2011

    Banyak pilihan mobil bekas harga murah pasaran 70 jutaan, pilih yang mana yang paling sesuai dengan kendaraan kebutuhan anda. Tidak perlu khawatir sebab kondisi mobil seken harga 70 jutaan masih layak pakai, jika anda pintar

    Baca lebih lengkap
  • Penjualan mobil listrik terkendala harga baterai mahal

    Berkendarapenjualan mobil listrik

    Penjualan mobil listrik di Indonesia masih belum bergejolak sesuai harapan. Selain harga mobil listrik yang masih mahal, juga terkendala dengan harga baterai sangat mahal. Sehingga konsumen masih belum yakin untuk membeli salah satu jenis mobil listrik

    Baca lebih lengkap
  • List daftar harga mobil Toyota Fortuner bekas

    Harga MobilToyota Fortuner bekas

    Harga mobil toyota fortuner bekas merosot tajam dari masa sebelumnya. Lihat cek list daftar harga mobil toyota bekas fortuner hari ini. Berikut info daftar harga mobil Toyota Fortuner bekas

    Baca lebih lengkap
  • Empat jenis mobil listrik dijual saat ini

    Berkendarajenis mobil listrik

    Jenis mobil listrik yang dijual saat ini semakin banyak variannya. Paling tidak ada 4 jenis mobil listrik yang bisa anda pilih untuk melaju di jalanan. Ada 4 jenis kendaraan tenaga listrik, seperti : Battery Electric Vehicle (BEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Hybrid (HEV), dan Hydrogen Fuel Cell.

    Baca lebih lengkap
  • Daftar alamat lengkap dealer resmi Daihatsu di Jakarta terdekat

    Perawatan Mobildealer resmi Daihatsu

    Yuk cari daftar alamat lengkap bengkel dan dealer resmi Daihatsu yang tersebar di kota Jakarta. Kunjungi alamat dealer resmi mobil Daihatsu terdekat dari rumah anda

    Baca lebih lengkap
  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Adblock Detected

    Please consider supporting us by disabling your ad blocker