Tips cara merawat cat mobil agar tidak kusam

Bagaimana cara merawat cat mobil supaya lapisan cat tidak terkikis dan warna mobil tidak kusam. Berikut tips lengkap agar tampilan mobil tetap bersih dan kinclong. Tidak perlu pergi ke salon mobil, namun cukup dikerjakan sendiri pasti sempurna hasilnya.

Saat musim penghujan perawatan kendaraan terutama mobil pribadi mesti di tingkatkan. Hal ini tetap menjaga tampilan dan performa mesin supaya tetap prima. Bahkan bukan hanya kotoran yang perlu diperhatikan. Namun juga bagian aksesoris mobil serta kebersihan mesin kendaraan.

Kelembaban udara yang meningkat di kala musim penghujan akan berpengaruh langsung terhadap kualitas cat mobil anda. Dengan demikian cara melakukan perawatan mobil ini mesti dilakukan dengan benar. Meskipun terlihat sepele menjaga kebersihan bodi mobil.

Menggunakan sarung mobil disarankan untuk melindungi dari panas dan debu. Namun demikian akan menjadi boomerang jika kurang tepat penggunaannya. Pada prinsipnya sarung mobil cukup berguna dan berfungsi dengan sangat baik sebagai pelindung dari debu.

Sebaliknya saat musim hujan dan udara lembab intensitas tinggi. Maka sarung mobil dapat merusak cat bodi mobil. Jamur menjadi biang keladi dari semua itu. Sehingga jika perawatan tidak dikerjakan dengan benar. Maka cat mobil anda akan semakin kusam karena berjamur. Terlebih mobil mobil yang parkir lama di garasi.

Banyak cara merawat cat bodi mobil supaya tetap mengkilat dan kinclong. Namun demikian sesuaikan dengan kondisi mobil anda. Tentu yang paling bagus yakni melakukan perawatan cat body mobil dengan menjaga kebersihan secara menyeluruh. Bukan hanya bagian cat kendaraan saja. Namun juga di bagian kolong kendaraan. Juga sama pentingnya yakni cara merawat mesin mobil

Seperti diketahui bahwa bagian kolong kendaraan banyak menempel pasir pasir dan air hujan saat berkendaran di saat hujan. Lebih parah lagi jika melaju saat gerimis atau hujan rintik rintik yang justru kotoran akan semakin banyak dan tebal. Tingkat ke asaman air hujan dapat merusak logam karena karat.

Nah mengingat berbagai hal yang dapat merusak cat bodi mobil. Maka sebagai pemilik kendaraan sudah waktunya untuk melakukan perawatan terbaik dan terarah agar supaya tampilan mobil tetap kinclong serta terhindar dari tumbuhnya jamur yang sulit dihilangkan.

cara merawat cat mobil

Penggunaan dan pemakaian sarung mobil

Menggunakan sarung mobil harus tepat waktunya dan disesuaikan dengan kondisi. Jika mobil anda parkir di luar makan gunakan sarung mobil untuk melindungi dari debu dan kotoran lainnya. Namun jika basah kehujanan maka lepaslah karena bisa menyimpan udara lembab dan menimbulkan jamur.

Meskipun mobil parkir di ruangan atau garasi. Disarankan tetap menutup dengan sarung mobil. Hal ini untuk melindungi dari tempelan debu debu halus. Sebaliknya jangan membungkus kendaraan saat kotor. Sebab bisa menimbulkan baret baret halus saat menutup atau membuka sarung.

Cara mencuci mobil sehabis kehujanan

Mencuci dan membersihkan kendaraan mesti dilakukan secara teratur dan tepat waktu. Mencuci mobil sehabis kehujanan diperjalanan lebih disarankan. Sebaiknya jangan menunggu kotoran kering. Cara mencuci mobil dengan kotoran menempel pada bodi harus dilakukan secara benar. Coba baca kembali cara mencuci mobil supaya cat tidak pudar

Pilih shampo khusus saat mencuci mobil

Air bersih merupakan satu satunya media paling bagus untuk membantu mencuci mobil anda. Sehingga jika mobil hanya kotor karena debu debu halus. Hanya dengan air bersih maka mobil anda akan cemerlang kembali. Namun jika mobil sangat kotor karena kehujanan atau sebab lain. Maka gunakan pembersih khusus atau shampo khusus untuk cat mobil berkualitas. Jangan menggunakan detergen cucian baju atau sabun colek karena bisa merusak cat mobil anda.

Menghilangkan goresan lembut pada cat mobil

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua goresan goresan pada cat mobil bisa dihilangkan ataupun di manipulasi. Hanya goresan rambut atau noda tipis yang aman di hilangkan. Ingat menghilangkan goresan pada cat mobil artinya mengikis habis cat mobil. Sehingga ketebalan cat akan berkurang. Goresan halus pada cat mobil bisa dihilangkan dengan menggunakan WAX. Jangan memakai compon / kompon, meskipun bisa namun pengikisan cat mobil akan semakin besar.

Lakukan cat ulang

Pengecatan mobil tidak mesti dilakukan secara menyeluruh. Saat ini sudah banyak bengkel bengkel pengecatan kendaraan yang mampu melakukan pengecatan mobil sebagian. Bagi tenaga semprot cat pengalaman sekarang sudah mampu mengecat bagian mobil tertentu dengan hasil lumayan sempurna. Biaya pengecatan bagian mobil ini juga lumayan murah.

Mobil bisa di ibaratkan pakaian ke dua. Sehingga anda mesti menjaga tampilannya sebaik mungkin. Kebersihan kendaraan baik itu cat mobil maupun bagian interior harus tetap diperhatikan. Namun jika anda memiliki peralatan lengkap sebaiknya belajar kembali cara mengecat mobil

Baca juga info lainnya