Tips perawatan mobil parkir lama di rumah

Mobil anda jarang dikendarai. Yuk ikuti tips perawatan mobil parkir lama di garasi rumah. Saat mobil lama tidak dipakai, maka beberapa komponen mobil akan rusak. Dengan perawatan yang benar, maka mobil anda tetap siap ngacir kapanpun. Banyak alasan kenapa mobil parkir lama di rumah. Salah satunya seperti terjadi sekarang karena serangan virus corona. Bahkan karena jalanan selalu macet, biasanya pemilik kendaraan roda empat lebih memilih berkendara dengan sepeda motor.

Beberapa penyebab mobil lama parkir di rumah
⇒Adanya kerusakan sehingga mobil tidak bisa jalan
⇒Membeli mobil hanya untuk kebutuhan keluarga
⇒Malas berkendara dengan mobil karena jalanan macet
⇒Ada himbauan pemerintah karena adanya pandemi ( corona )
⇒Penyebab lain sehingga mobil terpaksa parkir lama

Komponen kendaraan anda akan tetap dalam kondisi bagus jika parkir diam tidak lebih dari 7 hari. Namun jika mobil anda terus menerus parkir tanpa pemanasan. Maka akan berdampak pada kerusakan beberapa komponen kendaraan. Berikut beberapa kerusakan yang akan terjadi jika mobil anda diam tak bergerak dalam waktu cukup lama :

Aki atau accu mobil : Mobil mobil keluaran terbaru memiliki sistem pengamanan lengkap. Sehingga daya aki akan digunakan secara penuh. Meskipun penggunaan daya ( stroom aki ) pada sistem alarm mobil relatif kecil. Namun sudah pasti daya yang tersimpan dalam aki mobil akan habis. Untuk mengatasi ini anda bisa melepas konektor aki. Tetapi jika anda biarkan akan terjadi discharging ( pengurangan daya )

Rem mobil : Saat posisi tuas berada pada posisi P ( parkir ). Maka sistem akan bekerja maksimal. Hal demikian posisi sistem rem mobil ( kampas rem ) akan mengikat kuat pada sistem roda. Jika keadaan ini dibiarkan terlalu lama. Maka akan terjadi karat atau yang lebih parah sistem rem tidak bisa balik ke posisi semula. Karena saat posisi parkir, maka rotor dan kampas rem menempel kuat.

mobil parkir lama

Master rem mobil : Sistem rem mobil anda juga akan mengalami kerusakan. Dalam master rem mobil ada tersimpan minyak rem yang berguna untuk melindungi gerakan maju mundur pada sistem rem mobil. Saat mobil parkir lama, maka karet seal dan piston master rem juga diam dan menempel. Bagaimanapun akan terjadi gram atau kotoran terjadi di dalam sistem master rem mobil. Nah saat kendaraan sering bergerak maka gram dan kotoran akibat gesekan akan mengendap di dasar tabung master. Saat mobil parkir lama sering terjadi gram gram menempel pada karet seal. hal inilah yang membuat karet seal tergores dan berakibat pada rem blong.

Ban mobil : Saat mobil diam pada posisi parkir lama. Maka tumpuan berat kendaraan pada satu titik ban. Hal inilah yang membuat kekuatan ban tidak merata. Dan bisa saja terjadi lingkaran ban mobil tidak sempurna lagi. Disamping itu tekanan angin juga cenderung berkurang.

Sistem kelistrikan kendaraan : Meskipun mobil anda keluaran terbaru. Bisa saja terjadi kerusakan pada sistem kelistrikan mobil. Seperti diketahui meskipun dalam dashboard kendaraan tertutup rapat. Namun bagian mesin mobil memiliki lobang besar, sehingga bisa saja terjadi untuk rumah tikus. Dan jika gigi tikus iseng bisa saja memotong kabel kabel mobil anda.

Saran mencegah kerusakan mobil saat parkir lama
⇒Meskipun mobil anda tidak di jalankan, namun cobalah untuk menghidupkan mobil paling tidak tiga hari sekali.
⇒Meskipun tidak ada rencana pergi jarak jauh. Cobalah untuk memanaskan mesin mobil dalam keadaan berjalan. Biarpun hanya putar putar sekelling rumah anda.
⇒Saat mobil ada di garasi, cobalah cek secara seksama. Pastikan tidak ada lampu yang menyala. Belajar lagi cara parkir mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published.