Sejumlah keuntungan dan kerugian ambil asuransi mobil

Perlukah anda ambil asuransi mobil. Pahami dahulu apa sih keuntungan maupun kerugian mengikuti program asuransi mobil. Sebab ada sejumlah kekurangan maupun kelebihan menggunakan jasa asuransi kendaraan. Yang tidak kalah pentingnya yakni mempersiapkan dana lebih untuk membayar dengan tertib dan tepat angsuran asuransi mobil anda. Sebab nantinya berhubungan erat dengan kemudahan saat pengajuan klaim asuransi. Bukan rahasia umum jika saat pengajuan klaim asuransi seringkali berbelit belit karena kurangnya sejumlah persyaratan yang wajib anda penuhi. Pada hakekatnya selama prosedur telah anda jalani dengan benar, maka klaim mobil anda akan lancar sih. Belajar lebih banyak tentang cara klaim asuransi mobil

Stop! jangan mengasuransikan mobil anda jika belum paham tentang perusahaan jasa asuransi kendaraan. Sebab cukup banyak jenis jenis asuransi mobil yang nantinya berhubungan erat dengan klain anda jika terjadi masalah. Sebelum melangkah ke kantor perusahaan jasa asuransi, tentunya ada baiknya jika memahami dahulu seluk beluk tentang asuransi kendaraan, sehingga nanti akan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk lebih jelasnya silahkan baca kembali Apa itu asuransi mobil

Lantas pentingkah ikut asuransi kendaraan untuk mobil anda. Tentunya hal ini tergantung dari kebutuhan dan kepedulian anda. Perlu diketahui bahwa kecelakaan atau kerusakan mobil atau kendaraan anda bisa datang kapan saja tanpa terduga. Sehingga dengan memasukkan dalam program asuransi, maka nantinya kerusakan mobil akibat kecelakaan atau musibah yang terjadi pada mobil akan mendapatkan penggantian sesuai klaim yang di ajukan.

Bisa dibilang bahwa sebagian masyarakat kita masih awam tentang hak dan kewajiban yang berhubungan dengan asuransi mobil. Sehingga sering kali terjadi salah paham saat pengajuan klaim. Sudah menjadi kebiasaan umum untuk tidak membaca sejumlah dokumen penting saat mendaftarkan asuransi untuk mobil anda. Padahal dokumen dokumen tersebut memiliki informasi sangat penting khususnya tentang hak dan kewajiban anda. Salah satu yang sering luput dari perhatian adalah membayar sejumlah dana saat terjadi kecelakaan dan anda ambil klaim asuransi. Perlu diketahui bahwa ada istilah “Deductible” yang harus anda pahami.

Apa itu Deductible. Istilah ini seringkali luput dan tidak anda pahami sepenuhnya. Saat anda mengajukan klaim untuk perbaikan mobil, maka anda akan diwajibkan untuk membayar sejumlah dana. Tentu saja dana yang harus anda bayarkan disesuaikan dengan seberapa besar kerusakan mobil anda. Singkatnya deductible adalah biaya yang harus anda keluarkan saat mengajukan klaim asuransi dan harus anda bayar saat klaim perbaikan kerusakan kendaraan. Biaya inilah yang sering diributkan oleh nasabah asuransi. Mereka pikir saat melakukan pengajuan klaim perbaikan asuransi mobil benar benar gratis, padahal ada biaya tertentu yang mesti anda bayar. Tidak besar sebenarnya yakni sekitar 300 ribuan untuk klaim perbaikan sebesar 5 jutaan.

ambil asuransi mobil

Apakah pihak asuransi akan melakukan penggantian 100%. Ternyata tidak, namun perusahaan asuransi akan mengganti penuh harga mobil anda pada saat hilang atau rusak parah. Jadi singkatnya ayang akan diganti oleh perusahaan asuransi sebesar harga pasaran mobil anda saat terjadi musibah yang sesuai dengan perjanjian klaim asuransi yang anda ambil. Masih bingung dengan berapa besarnya penggantian dana asuransi mobil anda. Yuk baca keterangan selanjutnya!

Misalnya aja harga mobil Mazda terbaru sebesar 300 jutaan pada 2020. Anggap saja ambil asuransi TLO yang bisa mengajukan klaim minimal kerusakan 75%. Nah setelah pemakaian satu tahun mobil hilang. Maka pihak asuransi akan melakukan penggantian sesuai harga pasaran terbaru pada saat mobil hilang. Jadi pihak asuransi tidak mengganti sesuai harga mobil pada saat ikut asuransi, tetapi sesuai harga pasaran kendaraan saat terjadi musibah.

Itulah sebabnya anda mesti benar benar mengerti dan memahami sebelum ambil asuransi mobil. Sebab bagaimanapun setiap jenis asuransi kendaraan memiliki sejumlah kelebihan maupun kekurangan. Bahkan misalnya saja mobil milik anda hanya untuk pajangan dan jarang digunakan, maka akan merugi jika ikut asuransi, meskipun musibah bisa datang kapan saja. Perlu diketahui juga bahwa saat anda ada cukup banyak jenis jenis asuransi mobil. Sehingga anda mesti benar benar paham dan sesuai dengan kebutuhan. Lantas apa saja sih keunggulan maupun kekurangan mengikuti asuransi mobil, berikut penjelasan selengkapnya.

Keuntungan ambil asuransi mobil
⇒Keamanan mobil anda lebih terjamin karena jika terjadi masalah ada pihak penanggung jawab
⇒Jika terjadi masalah dengan mobil anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk perbaikan
⇒Jika mobil anda hilang, maka akan di ganti kembali

Kekurangan ambil asuransi mobil
⇒Membayar sejumlah dana yang cukup besar dan disesuaikan dengan jenis asuransi yang anda ambil
⇒Pengajuan klaim kadang kala mengalami banyak kendala
Anda harus benar benar paham soal asuransi kendaraan
⇒Pengajuan klaim seringkali mengalami penolakan karena kurangnya data dan persyaratan
⇒Saat mengajukan klaim perbaikan, anda juga dibebani dana tambahan

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.