Cara kerja sistem pendingin AC mobil

Pelajari sistem pendingin mobil anda. Bagaimana sistem AC mobil bekerja? Kenapa sistem pendingin AC mobil tidak berfungsi dengan baik? Berbagai pertanyaan muncul tentang kurang berfungsinya sistem AC pada mobil..

Dengan demikian soal melakukan perawatan sistem AC sama saja, saat perawatan mobil baru maupun pada perawatan mobil bekas.

Namun kadang AC berfungsi dengan baik, namun tidak dapat mendinginkan seluruh ruangan ? kabin kendaraan. Dengan mempelajari sistem AC pada mobil dapat membantu anda memelihara dan merawat AC mobil anda, sehingga umur AC akan dapat bertambah lebih panjang.

Tidak banyak orang menyadari, termasuk anda mungkin, bahwa AC tidak hanya mampu mendinginkan udara ruangan, tetapi AC juga menjaga kelembaban udara ( mengurangi kadar air ). Sehingga dengan demikian ruangan yang ber AC selain dingin juga mengandung sedikit kadar air.

Sebagai contoh ketika anda mengendarai mobil saat hujan lebat dan AC dalam keadaan mati, maka kaca mobil anda akan berembun ( kondensasi ) dan mengganggu pandangan anda. Namun setelah AC hidup, tentu embun akan berangsur hilang.

Hal lain yang mungkin tidak anda sadari adalah dengan menggunakan fasilitas AC maka penggunaan bahan bakar kendaraan akan bertambah. Hal ini karena putaran mesin bertambah berat dan tentu saja injakan gas akan semakin dalam dan itu berarti aliran bahan bakar juga ikut bertambah.

Dengan demikian ada baiknya jika anda dapat merawat AC mobil anda sendiri. Tetapi bukan berarti perawatan AC yang baik akan membuat irit bahan bakar, namun jika sistem AC mobil anda dapat bekerja sempurna, maka anda akan merasakan kenyamanan saat berkendara.

Tips cara merawat mesin mobil bekas maupun baru

Bagaimana cara kerja sistem pendingin AC mobil

Secara umum sistem kerja AC sama, apakah AC gedung perkantoran maupun AC kendaraan. Pada dasarnya sistem AC melibatkan : kompresor, kondensor, receiver, expansion valve, dan evaporator. Mari kita lihat apa fungsi dari komponen komponen AC tersebut. Yuk pelajari cara kerja AC mobil anda.

Kompresor

Alat ini menempel pada mesin utama dan mengikuti putaran mesin. Kompresor menghisap freon ( pada tekanan rendah ) dan mendorong / memompa uap refrigerant sehingga mempunyai tekanan tinggi dan dialirkan menuju kondensor.

sistem ac mobil

Kondensor

Alat ini berada di bagian depan ( belakang grill ) seperti radiator berdekatan dengan kipas/ fan. Kondensor ini bertugas merubah uap refrigerant menjadi cair ( proses pendinginan / kondensasi ) menuju receiver untuk proses penyaringan freon cair yang kemudian diteruskan ke expansion valve.

Ban isi nitrogen lebih awet dari pada angin kompresor

Sebaiknya anda membersihkan kondensor sebulan sekali. Kondensor sangat mudah tertutup oleh kotoran ( debu ) halus yang menempel pada kisi kisinya. Cara membersihkan kondensor cukup mudah.

Karena kisi kisi kondensor sering tertutup oleh debu debu halus yang menempel, maka cara membersihkannya cukup semprot dengan angin tekanan tinggi dan kemudian semprot dengan air bertekanan supaya lebih bersih.

Expansion Valve

Alat ini ibarat nozzle bertugas untuk mengabutkan freon cair tekanan tinggi. Freon cair yang telah menjadi kabut ini kemudian dialirkan ke evaporator.

Evaporator

Alat ini berbentuk kisi kisi. Ketika melewati evaporator kabut freon cair tersebut berubah menjadi dingin. Pada saat itu terjadi pula hembusan angin dari blower udara yang ditiupkan ke evaporator. Udara dari blower tersebut akan melewati celah celah sempit diantara kisi kisi evaporator yang sangat dingin.

Sehingga udara setelah melewati evaporator menjadi dingin dan ditiupkan kedalam ruangan kabin mobil. Setelah melewati evaporator freon kembali dihisap oleh kompresor dan terus berulang ulang.

Pada dasarnya sistem AC disebut juga sebagai sistem tertutup, karena freon mengalir secara berulang ulang. Secara teori sebenarnya freon tidak akan pernah habis karena hanya berputar putar terus. Berkurangnya freon biasanya disebabkan karena terjadi kebocoran pada sistem AC.

Ban mobil isi nitrogen, kelebihan dan kekurangan

Selain masalah berkurangnya freon, terkadang juga kompresor mengalami masalah. Meskipun masih dapat berfungsi kadang kompresor sudah tidak dapat bekerja dengan maksimal. Masalah kompresor AC mobil bermacam macam, seperti timbul suara berisik ketika AC dihidupkan.

Demikian juga sistem AC pada mobil Xenia tahun 2006 khusunya Xenia Li F 600 yang mana fan blower untuk mendorong udara ke evaporator tanpa dilengkapi dengan saringan udara.

Sehingga udara yang dihembuskan masih mengandung debu. Hal ini tentu saja debu halus masih beterbangan didalam ruangan mobil anda. Untuk itu sebaiknya anda memodifikasi fan blower tersebut.

Info otomotif lainnya

  • mobil bekas terbaik

    Mobil bekas terbaik banyak dicari konsumen, khususnya mereka yang membeli kendaraan untuk digunakan sendiri. Namun yang terjadi justru sebaliknya, karena seringkali pihak konsumen perorangan ini mendapatkan mobil bekas yang harganya selangit. Lantas bagaimana cara mencari mobil bekas terbaik yang harga jualnya

    Baca lebih lengkap
  • Mobil bekas murah harga 70 jutaan, pilih yang mana

    Harga MobilNissan March 2011

    Banyak pilihan mobil bekas harga murah pasaran 70 jutaan, pilih yang mana yang paling sesuai dengan kendaraan kebutuhan anda. Tidak perlu khawatir sebab kondisi mobil seken harga 70 jutaan masih layak pakai, jika anda pintar

    Baca lebih lengkap
  • Penjualan mobil listrik terkendala harga baterai mahal

    Berkendarapenjualan mobil listrik

    Penjualan mobil listrik di Indonesia masih belum bergejolak sesuai harapan. Selain harga mobil listrik yang masih mahal, juga terkendala dengan harga baterai sangat mahal. Sehingga konsumen masih belum yakin untuk membeli salah satu jenis mobil listrik

    Baca lebih lengkap
  • List daftar harga mobil Toyota Fortuner bekas

    Harga MobilToyota Fortuner bekas

    Harga mobil toyota fortuner bekas merosot tajam dari masa sebelumnya. Lihat cek list daftar harga mobil toyota bekas fortuner hari ini. Berikut info daftar harga mobil Toyota Fortuner bekas

    Baca lebih lengkap
  • Empat jenis mobil listrik dijual saat ini

    Berkendarajenis mobil listrik

    Jenis mobil listrik yang dijual saat ini semakin banyak variannya. Paling tidak ada 4 jenis mobil listrik yang bisa anda pilih untuk melaju di jalanan. Ada 4 jenis kendaraan tenaga listrik, seperti : Battery Electric Vehicle (BEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Hybrid (HEV), dan Hydrogen Fuel Cell.

    Baca lebih lengkap
  • Daftar alamat lengkap dealer resmi Daihatsu di Jakarta terdekat

    Perawatan Mobildealer resmi Daihatsu

    Yuk cari daftar alamat lengkap bengkel dan dealer resmi Daihatsu yang tersebar di kota Jakarta. Kunjungi alamat dealer resmi mobil Daihatsu terdekat dari rumah anda

    Baca lebih lengkap
  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Adblock Detected

    Please consider supporting us by disabling your ad blocker