mengendarai mobil matic

Yuk belajar memahami cara mengendarai mobil matic

Bagaimana cara mengendarai mobil matic. Yuk belajar memahami mengemudi kendaraan transmisi otomatis yang benar dan irit bahan bakar. Secara umum menyetir transmisi matic tidak jauh berbeda dengan mobil transmisi manual. Semua panel panel dashboard juga sama. Satu satunya perbedaan yang dominan hanyalah pada gigi transmisinya.

Cara perpindahan gigi transmisi otomatis jelas berbeda dengan yang manual, begitu juga cara kerjanya sehingga harus diperlakukan sesuai dengan peruntukannya. Dengan belajar cara mengendarai mobil matic yang benar tentunya akan memperpanjang usia sistem transmisi matic. Untuk itu belajar kembali berkendara di jalan bebas hambatan, saat jalanan macet, maupun cara menaklukkan jalanan terjal di tanjakan.

Paa dasarnya belajar setir transmisi matic lebih mudah dari pada ketika anda belajar mengemudi mobil transmisi manual. Kendaraan transmisi otomatis ini memang di desain lebih praktis dan simple sehingga anda tidak direpotkan dengan perpindahan gigi segala, meskipun transmisi otomatis juga dilengkapi dengan perpindahan gigi secara manual.

Namun bukan seperti layaknya kendaraan manual seperti gigi 1, 2, 3 dan seterusnya, namun hanya 3 perpindahan gigi yakni kecepatan rendah, kecepatan sedang, dan kecepatan tinggi. Namun jika anda belum memahami cara perpindahan gigi transmisi secara benar justru dapat merontokkan sistem transmisi kendaraan anda.

Secara umum cara mengendarai mobil matic tidak jauh beda dengan yang manual, bahkan justru lebih mudah. Saat jalanan macet paling nyaman dengan transmisi otomatis ini karena tidak disibukkan dengan oper gigi segala seperti pada manual transmisi.

Seperti diketahui saat berkendara di jalanan macet dengan lalu lintas semrawut seperti jakarta dapat membuat kaki anda pegal pegal karena harus bekerja terus, dengan matic wow santai sambil mendengarkan sound sistem lagu kesayangan.

Cara paling nyaman mengemudi dengan mobil matic tentu saja masuk ke tuas D, karena dalam posisi ini di desain untuk segala medan jalan. Bahkan saat berangkat hingga sampai tujuan anda tidak perlu merubah posisi tuas D tersebut, namun saya sarankan penggunaan posisi D ini hanya untuk kecepatan rendah hingga menengah saja. Untuk kecepatan super sebaiknya gunakan tuas yang telah direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan anda.

Cara mengendarai mobil matic yang aman

cara mengendarai mobil matic

Meskipun demikian ada beberapa yang cukup penting dan mesti anda pahami dengan benar. Karena bagaimanapun juga cara kerja gigi transmisi mobil matic sangat berbeda dengan sistem transmisi pada percepatan manual. Dengan demikian anda juga memperlakukan sedikit perbedaan pada kedua sistem transmisi tersebut. Berikut salah satu sistem matik merk Daihatsu khususnya Daihatsu Terios :

Kendaraan matik generasi baru bisa anda kuasai saat mogok, karena accu soak. Tidak seperti pada generasi lama yang merepotkan saat mati mesin di tengah jalan. Pada generasi matik sekarang ada tombol kecil yang berada di bagian transmisi yang berguna untuk menetralkan gigi porsneleng yang masuk. Ketika anda pencet tombol tersebut, maka kendaraan bisa dipinggirkan adengan mudah, meskipun mesin mati.

Pada hakekatnya mobil matic akan mampu melajukan kendaraan dalam situasi apapun. Normal di jalanan mendatar dan enak ketika melaju di pegunungan. Namun demikian sistem pengereman mobil matic ternyata kurang sempurna saat menuruni bukit. Untuk mendapatkan pengereman yang kuat, maka anda mesti memindahkan pada tuas manual yang disesuaikan dengan pedoman percepatan mobil anda. Jadi pada hakekatnya semua tidak jauh berbeda saat anda belajar :

>> cara mengemudi mobil Daihatsu Terios matic
>> cara mengendarai mobil matik honda jazz
>> cara mengemudi mobil matic honda mobilio
>> cara mengendarai mobil matik di tanjakan macet
>> cara mengendarai mobil matik calya
>> cara mengendarai mobil matik agya
>> cara mengemudi mobil matic avanza veloz
>> cara mengendarai mobil matic innova

Tidak seperti pada transmisi manual yang semua kendaraan ( sebagian besar ) menerapkan tampilan dan cara perpindahan gigi ( posisi perpindahan ) yang serupa. Tampilan gigi transmisi matic berbeda untuk setiap pabrikan, meskipun sebenarnya tetap menggunakan sistem perpindahan gigi percepatan sama, jadi hanya model / huruf yang sedikit berbeda. Sehingga anda harus paham betul sistem transmisi matic punyal anda.

Sebelum anda belajar mengemudi kendaraan matik sebaiknya memahami dengan benar apa saja fungsi tombol tombol sistem transmisinya. Sistem gigi transmisi otomatis berbeda dengan yang manual, salah pengoperasian sistem gigi transmisi matic akan fatal akibatnya karena dapat merusak sistem transmisinya dan biayanya jauh lebih mahal dari pada transmisi manual.

Berkendara paling ekstrim dan menegangkan tentunya saat anda berkendara melewati tanjakan dan sedang mengalami kemacetan cukup parah seperti saat mudik atau tanjakan jalanan di JABODETABEK yang cenderung macet setiap harinya. Cara mengemudi mobil di tanjakan dan terjadi kemacetan tentunya mempunyai trik trik tersendiri supaya aman dan nyaman.