Home >> Berkendara >> Tips bayar pajak dan ganti plat kendaraan bermotor tanpa BPKB

Tips bayar pajak dan ganti plat kendaraan bermotor tanpa BPKB

Setiap tahun pemilik kendaraan bermotor wajib memperpanjang STNK maupun ganti plat motor tanpa BPKB setelah perpanjangan selama 5 tahun. Namun kadang BPKB tidak ada pada pemiliknya, karena di tahan oleh pihak leasing, sebab masih dalam masa angsuran. Meskipun sangat jarang terjadi, namun bisa saja saat ganti plat mobil atau motor, ternyata BPKB asli masih di tahan oleh bank penjamin. Jika demikian apakah bisa memperpanjang kendaraan bermotor yakni mobil dan motor tanpa membawa BPKB asli. Perlu diketahui dengan semakin maraknya kredit mobil maupun sepeda motor, maka BPKB asli biasanya di tahan untuk sementara sampai masa angsuran selesai. Padahal setiap tahun pemilik kendaraan ini mesti memperpanjang masa pakai kendaraannya. Jika demikian apakah bisa memperpanjang pajak mobil maupun motor di SAMSAT tanpa membawa BPKB asli.

Prosedur perpanjangan STNK kendaraan bermotor baik itu mobil atau motor wajib membawa surat surat yang diperlukan sebagai syarat wajib yang harus dipenuhi oleh semua pemilik kendaraan. Sehingga jika kurang salah satu syarat maka tentunya tidak akan dilayani oleh pihak SAMSAT. Namun demikian karena adanya sebab tertentu maka bisa saja pemilik kendaraan tidak membawa salah satu syarat wajib dalam perpanjangan surat kendaraan. Sebagaimana diketahui bahwa BPKB mobil kredit maupun motor kredit ada di pihak leasing dan tidak akan bisa keluar hingga masa pelunasan. Jika demikian apakah bisa bayar pajak 5 tahunan tanpa BPKB asli. Ikuti tips bayar pajak kendaraan bermotor tanpa BPKB selengkapnya.

Di jaman era modern yang serba online ini semua urusan menjadi lebih simple dan praktis. Demikian juga dengan prosedur dan proses yang terjadi di SAMSAT. Perlu diketahui bahwa dalam beberapa tahun ini pihak SAMSAT sudah menerapkan sistem internet atau online. Sehingga semua data data kendaraan anda baik itu mobil maupun motor bisa diketahui dengan mudah dengan satu klik. Oleh sebab itu anda tidak perlu bingung jika melakukan perpanjangan surat kendaraan atau perpanjang STNK tanpa membawa BPKB. Karena petugas SAMSAT bisa mengetahui dengan pasti di mana BPKB anda berada.

Bagi pemilik kendaraan yang statusnya masih kredit bisa langsung melakukan perpanjangan surat kendaraan meskipun tanpa membawa BPKB, karena petugas SAMSAT mengetahui dimana BPKB anda berada. Nantinya anda akan dikenai biaya tambahan untuk pengecekan. Tidak demikian jika anda melakukan perpanjangan tanpa BPKB ( kendaraan curian ) meskipun anda tidak menyadarinya, maka urusannya pasti akan bertambah panjang. itulah sebabnya jika ada kendaraan yang di curi maka cepat cepat bikin laporan resmi.

Demikian juga saat anda akan ganti plat kendaraan bermotor tanpa BPKB atau bayar pajak 5 tahunan tanpa BPKB juga tentunya tidak akan menemui masalah selama BPKB asli ada di pihak leasing. Meskipun bisa tanpa BPKB tentu akan lebih baik lagi jika anda membawa surat keterangan resmi dari pihak leasing. Dari pada nantinya mesti bolak balik, tentu akan lebih baik jika sekalian bawa surat keterangan dari leasing. Perlu diketahui bahwa proses ganti plat nomor kendaraan tidak berbeda jauh dari saat anda melakukan perpanjangan STNK tahunan. Jika ada penambahan biasanya ada di cek fisik. Semua bisa anda urus sendiri dengan mudah meskipun tanpa bantuan biro jasa. Pada hakekatnya semua prosedur di SAMSAT semakin dipermudah dan proses semakin cepat.

ganti plat kendaraan bermotor

Loading...

Bagi anda pemilik kendaraan yang mempunyai waktu sedikit luang yuk mengurus perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan sendiri tanpa perantara. Bahkan tidak lebih dari 30 menit semua urusan anda sudah kelar. Perlu diketahui bahwa pengurusan pajak kendaraan masih bisa telat maksimal 3 hari tanpa denda. Prosedur ganti plat kendaraan bermotor tanpa BPKB sama dan tidak berbeda jauh dengan saat anda melakukan prosedur perpanjangan STNK setiap tahun. Jika ada perbedaan hanya terletak pada cek fisik. Namun demikian ada beberapa yang mesti anda perhatikan yakni tentang cek fisik kendaraan. Sehingga selain surat surat kendaraan yang mesti anda bawa secara lengkap dan ditambah dengan kendaraan yang akan melakukan ganti plat nomor, karena akan dilakukan cek fisik.

Prosedur cek fisik kendaraan juga bisa dibilang sangat mudah. Namun demikian supaya cepat kelar maka sebaiknya datang pagi pagi sekali. Karena biasanya akan terjadi antrean panjang dan tentu saja akan banyak makan waktu terbuang di sini. Usahakan paling tidak dapat urutan pertama atau paling tidak nomor 5 juga masih bagus. Lantas bagaimana prosedur cek fisik bantuan tanpa BPKB. Pada hakekatnya cek fisik bantuan adalah gesek kendaraan namun tidak secara resmi. Biasanya dilakukan oleh biro jasa dan cukup sulit jika dilakukan oleh perorangan sebab mesti menggunakan kertas gesek resmi. Perlu diketahui bahwa secara hukum hingga saat ini belum ada prosedur resmi gesek kendaraan atau cek fisik dilakukan di luar SAMSAT. Sehingga mungkin saja setiap SAMSAT menerapkan ketentuan yang berbeda beda.

Tips cara merawat mobil dan motor yang benar

Penting untuk diketahui bahwa perpanjangan surat nomor kendaraan atau prosedur ganti plat nomor yang juga termasuk cek fisik kendaraan merupakan upaya pihak kepolisian untuk memastikan bahwa kendaraan yang melakukan prosedur tersebut aman dan bukan kendaraan curian. Sehingga sebaiknya cek fisik mobil atau motor memang dilakukan secara resmi. Selain itu dengan melakukan cek fisik bantuan tentunya akan semakin besar dana yang mesti anda keluarkan. Nah untuk prosedur resmi ganti plat nomor kendaraan motor maupun mobil 5 tahunan.

  • Bawa kendaraan berikut surat surat resmi kendaraan asli, seperti : STNK asli, BPKB asli ( jika ada ), KTP asli.
  • Jika KTP masih resi, maka anda wajib bawa kartu Keluarga
  • Datang pagi pagi sekali supaya dapat nomor antrean kecil. Parkir kendaraan anda langsung di tempat cek fisik kendaraan.
  • Foto copy semua surat surat lengkap. Sebaiknya anda melakukan foto copy di SAMSAT karena petugas foto copy di sana sudah paham dan mengatur urutan surat surat sesuai dengan permintaan pihak SAMSAT
  • Tunggu petugas cek fisik dan tunggu sesuai antrean. Mungkin anda akan membayar sejumlah dana
  • Selesai, silahkan lanjutkan ke prosedur cara perpanjang pajak STNK
Loading...