You cannot copy content of this page
Home >> Berkendara >> Pikir dahulu sebelum pasang rak atap mobil

Pikir dahulu sebelum pasang rak atap mobil

Roof Rack atau rak atap mobil selalu menjadi pilihan saat melakukan perjalanan jauh atau saat mudik lebaran, apalagi kendaraan anda membawa seluruh keluarga. Hal mana dimaksudkan untuk memberikan ruang gerak yang lebih rileks dan lega dalam kabin mobil. Anda bisa bayangkan jika dalam kabin mobil penuh orang plus barang, tentunya perjalanan anda menjadi sangat tidak nyaman. Namun ada baiknya untuk pikir pikir dulu sebelum anda memutuskan memasang rak atap mobil. Ada tips tersendiri supaya pemasangan roof rack mobil anda aman dan nyaman. Berikut kelebihan sekaligus kekurangan yang bisa anda pertimbangkan demi menunjang kenyamanan perjalanan anda.

Jangan sembarangan pasang rak atap mobil jika belum paham kekuatan mobil milik anda. Meskipun sering kita lihat mobil mobil dengan penuh barang di bagian atas kendaraan. Jika tidak tahu ilmunya justru bisa mendatangkan masalah baru. Perlu diketahui bahwa mobil penumpang atau sering juga disebut sebagai mobil keluarga, baik itu mobil MPV sekelas mobil toyota avanza maupun kendaraan jenis SUV sport seperti mobil Mitsubishi Pajero sekalipun tidak di desain untuk menopang barang di bagian atas / atap. Jika ada aksesoris bawaaan pabrik di bagian roof rack itu hanya sebagai pemanis belaka.

Banyak efek buruk yang akan terjadi jika mobil anda dipaksakan menggunakan rak atap. Meskipun demikian bukan berarti kendaraan milik anda tidak bisa menggunakan roof rack sama sekali. Jika digunakan dalam batas batas yang wajar, tentunya tidak akan mengganggu kenyamanan sekaligus keamanan saat berkendara. Memang sih pada umumnya tidak ada rekomendasi dari pabrikan tentang pemasangan rak atap mobil ini yang di ijinkan untuk mobil jenis apa. Namun semua itu pada akhirnya terpulang dari pemiliknya sendiri. perlukah ikut ikutan memasak rak atap pada mobil.

Bahkan banyak pula masukan berharga dari beberapa pakar otomotif. Meskipun tidak dilarang namun juga tidak disarankan. Dengan demikian semua masukan mesti menjadi pertimbangan akan melakukan pemasangan roof rack atau tidak. namun jika tidak terpaksa memang sebaiknya jangan. Meskipun demikian khusus untuk mobil mobil kecil desain city car maupun mobil kelas murah sebaiknya jangan melakukan penambahan beban di bagian atap mobil. Meskipun mobil Daihatsu Sigra merupakan mobil jenis MPV seperti Daihatsu Xenia, namun tentu kekuatan rangka Sigra lebih lemah, sehingga pikir pikir dulu jika ingin pasang rak atap. Apalagi sejenis toyota Agya maupun Daihatsu Ayla.

Tidak bisa dipungkiri saat pulang mudik lebaran banyak kita lihat berbagai macam dan jenis mobil membawa barang di bagian atapnya. Ada yang membeli roof rack di pasaran dengan berbagai macam dan jenis bahan mulai dari platik fiber hingga yang terbuat dari logam tipis. Bahkan kadang kita jumpai juga rak atap mobil buatan sendiri. Dan sepertinya mereka aman aman saja dan perjalanan cukup nyaman. Memang sih jika tahu tips dan trik pemasangan roof rack bisa juga terbilang aman dan sangat membantu. Namun jika hanya asal asalan dan main taruh barang di atas justru bisa mengundang bahaya di jalan. Lantas bagaimana sebaiknya untuk mobil anda. Aman dipasang roof rack atau justru akan menambah permasalahan baru. Yuk ikuti tips tips berikut :

rak atap mobil

Meskipun tidak didesain khusus untuk membawa beban dibagian atap. Namun kendaraan SUV sekelas Fortuner atau yang lebih murah harganya seperti mobil Daihatsu Terios sudah memiliki desain khusus bawaan yakni dengan adanya roof rail, sehingga bisa dengan mudah dan aman saat akan di pasang roof rack atau rak atap. Hal yang berbeda dengan jenis jenis varian MPV yang desainnya tanpa roof rail. Meskipun demikian ternyata semua jenis mobil bisa dipasang roof rack berkas produk roof rack yang fleksibel. Bisa dipasangkan untuk setiap jenis mobil, baik kendaraan SUV, MPV, maupun varian mobil lainnya. Berikut kelebihan sekaligus kelemahan pada kendaraan memasang roof rack

Kelebihan mobil dengan pemasangan roof rack
+Mampu membawa barang dengan jumlah besar, bahkan barang dengan tampilan besar tetap bisa terangkut
+Kenyamanan penumpang tinggi karena tidak berdesakan dengan barang barang bawaan.
+Dalam kabin hanya untuk membawa barang bawaan untuk keperluan di perjalanan saja, seperti : makanan, pakaian ganti, maupun perlengkapan sholat. Sementara barang lain untuk tempat tujuan bisa ditempatkan di atap

Kekurangan atau kelemahan mobil dengan pemasangan roof rack
−Tidak semua kendaraan bisa dipasang roof rack dan aman, hanya kendaraan dengan rangka kuat saja yang bisa menggunakannya.
−Kenyamanan diperjalanan akan sedikit terganggu karena keseimbangan kendaraan tidak maksimal.
−Beban berat tentunya berimbas pada pemakaian BBM, sebab jika bagasi lebih luas, kenyataannya bawaan akan bertambah
−Sangat riskan dan berbahaya jika melalui jalanan yang anaik turun dan berbatu karena beban atap mobil yang ikut melakukan dorongan kearah bawah
−Jika roof rack tidak kuat, maka bisa terjadi anjlok dan menimpa atap mobil
−Saat hujan bisa saja terjadi kebocoran melalui penyangga rak atap terutama pada mobil jenis MPV.
−Merusak tampilan mobil anda karena adanya tambahan di bagian atap

Loading...

2 comments

  1. Betul gan ternyata untuk mobil kecil kuang bagus karena kerangka kurang kuat, disamping itu saat hujan bocor kedalam

  2. daihatsu sigra model mini MPV

    Harga daihatsu Sigra mulai pada kisaran harga 106 jutaan

Leave a Reply

Your email address will not be published.