Stop, motor matic anda jangan menerjang banjir

Motor matic nekat menerjang banjir siap siap biaya perbaikan. Stop, sepeda motor transmisi otomatis anda sangat rawan terhadap genangan air. Berfikirlah seribu kali sebelum memutuskan untuk menerjang banjir. Meskipun demikian pada ketinggian tertentu masih aman dan tidak ada kendala berarti. Untuk itu pahami dengan seksama keadaan dan tinggi genangan air atau banjir yang akan anda lewati.

Pada beberapa tahun belakangan ini sepeda motor transmisi otomatis atau sering disebut sebagai motor matic menguasai jalanan di Indonesia. hampir setiap produk kendaraan roda dua memproduksi sepeda motor matic, seperti Honda, Yamaha, Suzuki, dan pabrikan sepeda mtor lainnya. Sepeda motor matic cukup nyaman di gunakan untuk berkendara di dalam perkotaan yang notabene selaras dengan kemacetan. Pakai motor kopling, hmm capek sendiri harus tarik kopling terus menerus. Maka dengan adanya sepeda motor matic sedikit banyak membuat kenyamanan anda saat berkendara.

Setiap musim hujan terkendala dengan jalanan yang penuh air sudah menjadi hal biasa. Sehingga kadang kala anda mesti mengambil saatu keputusan menerjang genangan air atau harus putar arah. Seperti diketahui bahwa sepeda motor anda baik itu transmisi manual atau otomatis tidak di desain untuk melewati daerah banjir. Sehingga jika anda langgar maka biaya perbaikan akibat kerusakan sepeda motor anda menjadi tanggung jawab pribadi.

Namun demikian ada satu kendala pada sebagian besar desain sepeda motor matic yakni bentuknya yang sedemikian rupa sehingga orang awam akan kesulitan untuk melakukan perbaikan atau perawatan sendiri. Selain sistem injeksi komputer, juga jangkauan tempatnya yang begitu sulit. Anda bisa bayangkan saat akan ganti busi saja harus bongkar hampir semua casing bodinya. Dengan demikian cobalah untuk berkendara dengan aman dan nyaman tanpa harus coba coba melakukan hal yang tidak biasa, dan salah satunya yakni menerjang banjir dengan ketinggian tertentu.

Salah satu kendala yang menjadi pertimbangan anda saat melewati daerah banjir adalah ketinggian air genangan. Ada batas tertinggi aman yang bisa anda lewati. hal ini berhubungan erat dengan tingkat keamanan sepeda motor matic anda. Jika batas aman ketinggian air ini anda abaikan, maka sangat mungkin terjadi mogok di tengah jalan. Dan pastinya anda mesti mengeluarkan biaya tambahan yang relatif sesuai dengan kerusakan yang ditimbulkannya. Berikut ketinggian air genangan atau banjir yang aman anda lewati dengan motor matic.

jangan menerjang banjir

⇒Berkendara saat melewati daerah atau jalan tergenang air ( banjir ) paling aman adalah tidak melewati batas maksimal yang disarankan ( lihat gambar ). Jangan nekat jika level air di atas batas maksimal, karena dikawatirkan air masuk ke mesin.

⇒Namun anda masih bisa aman melewati daerah genangan air karena terpaksa, namun motor anda dimatikan. pastikan genangan air tidak melewati lobang masuk saluran udara bersih. Tetapi jangan langsung dihidupkan melainkan buka dulu penutup dan buang airnya. Pastikan juga filter udara tetap kering.

⇒Anda menerjang banjir atau motor anda habis melewati daerah genangan air tinggi. Pastikan cek oli mesin dan ganti yang baru jika oli berbusa. Pastikan juga seal busi tidak bocor. Jangan hidupkan sepeda motor anda saat masih sangat basah akibat melewati jalanan banjir. Dikawatirkan air justru masuk ke mesin akibat tersedot.

Tentunya ada hal hal yang mesti anda lakukan setelah sepeda motor matic anda terendam banjir. Namun demikian tentunya semua hal yang berhubungan dengan perbaikan sepeda motor matic relatif terhadap kerusakan akibat banjir. Sebab kerusakan atau parahnya kerusakan juga tergantung dari seberapa tinggi genangan air yang anda lewati. Namun demikian ada hal hal tertentu yang mesti anda perhatikan saat melewati daerah banjir yang biasanya sering terlewatkan. Bagi pemilik sepeda motor aman saat menerjang banjir sudah cukup bangga. Betulkah demikian. Jangan lupa info penting lainnya yakni perpanjang STNK 5 tahunan tanpa BPKB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *