Home >> Berkendara >> Hindari kesalahan saat mengemudikan sepeda motor

Hindari kesalahan saat mengemudikan sepeda motor

Kecerobohan dalam berkendara akan berakibat fatal. Banyak kesalahan yang sering kali dilakukan oleh pengendara sepeda motor. Dengan berupaya menghindari kesalahan kesalahan kecil saat mengemudikan sepeda motor, maka bukan saja anda mendapatkan keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara, namun pengemudi lain juga lebih aman. Banyak kecelakaan terjadi justru akibat dari kecerobohan sebagian pengendara sepeda motor. Apa saja sih kesalahan yang sering kali dilakukan oleh pengendara sepeda motor. Berikut tips aman dalam berkendaran dengan sepeda motor di jalan raya.

Bagi pengguna jalan raya yang setiap hari berada di jalanan, tentunya banyak melihat keteledoran dan kecerobohan pengemudi motor. Dengan berbagai alasan mereka sering kali melakukan pelanggaran demi pelanggaran. Padahal tanpa mereka sadari justru pengendara lain bisa saja mengalami kecelakaan karena ulah anda. Untuk itu yuk mulai sekarang mencoba untuk menjadi pengendaran sepeda motor yang baik dan menciptakan rasa aman dijalan raya.

Jika diteliti lebih lanjut, kenyataan menunjukkan bahwa kecelakaan dengan sepeda motor jauh lebih besar dari pada kecelakaan dengan mobil. Meskipun demikian sebagian besar kecelakaan sepeda motor di jalan raya akibat dari kecerobohan pengendara sepeda motor sendiri. Bahkan yang paling sering terkena dampak negatif adalah para sopir kendaraan besar seperti truk, kontainer, maupun bus. Tentu anda cukup sering mendengar bahkan melihat langsung pengendara sepeda motor tergilas oleh truk kontainer. Padahal bisa jadi karena sebab yang sepele, seperti tersenggol sesama pengendara motor.

Hal yang paling sering terjadi pelanggaran lalu lintas adalah di perempatan lampu merah. Cukup banyak pengendara sepeda motor yang asal serobot sana sini, padahal lampu masih menyala merah. Hal ini sering terjadi karena tidak ada petugas di setiap lampu merah. Banyak pengendara sepeda motor yang tidak mau bersabar menunggu giliran jalan ( lampu hijau ), Bahkan saat lampu sedang merah juga tetap saja menyerobot, hal demikian tentu merupakan pelanggaran yang bisa berakibat fatal. Yuk mulai berusaha menjadi pengemudi yang baik mulai dari sekarang.

Kemacetan sering terjadi akibat banyak pengendara yang kurang patuh dan tidak disiplin. Bahkan tanpa merasa bersalah cukup banyak yang justru melawan arus saat terjadi kemacetan panjang. Selain karena kecerobohan. Cukup banyak juga akibat kelalaian. Hal yang paling sering terjadi bahwa lampu sein menyala terus menerus. Keadaan demikian tentu saja bisa membuat kebingungan pengendara lain. Berikut beberapa kesalahan dan kecerobohan yang sering kali dilakukan oleh pengendara sepeda motor karena kesengajaan, seperti :

berkendara dengan melawan arus

Loading...

⇔Menerobos lampu merah, pada jelas jelas masih menyala merah dan berfungsi dengan baik
⇔Sering kali berkendara dengan melawan arus saat jalanan macet total
⇔Mendahului kendaraan di depannya dari arah sebelah kiri
⇔Menyalip kendaraan tanpa perhitungan yang tepat
⇔Dalam berkendara terlalu rapat dengan kendaraan lain, hal demikian bisa saja terjadi senggolan antara sesama pengendara
⇔Lampu sein terus menerus menyala padahal tidak sedang berbelok.

Lantas bagaimana berkendara yang baik, aman, dan mematuhi peraturan dalam berlalu lintas. Saat anda berada di jala raya, maka langkah paling benar adalah menjaga keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Namun sebagian pengguna jalan justru saling mendahului karena dikejar kejar waktu, seperti saat pergi bekerja. Sehingga mereka sering kali berkendara dengan kecepatan tinggi, bahkan tanpa memikirkan keselamatan sendiri atau pengendara lain. Berikut beberapa hal yang sebaiknya anda hindari saat berada di jalan raya.

⇔Usahakan untuk selalu mendahului kendaraan lain dari arah sebelah kanan dengan tetap melihat situasi paling aman.
⇔Sebaiknya anda berkendara dengan jarak sejauh mungkin dengan kendaraan besar seperti truk maupun kontainer.
⇔Jangan berkendara sangat dekat dengan kontainer.
⇔Sebaiknya tidak berkendara terlalu rapat dan berdekatan dengan kendaraan lainnya.
⇔Jika anda berhenti di lampu merah, maka sebaiknya posisi anda tidak berada persis di depat kendaraan besar, jika terpaksa maka posisikan pas di depan pengemudi ( sebelah kanan ), sehingga sopir kendaraan besar mengetahui ada pengendara lain di depannya. Belajar lagi cara mengemudi mobil

Loading...
Don`t copy text!