Empat jenis mobil listrik dijual saat ini

Jenis mobil listrik yang dijual saat ini semakin banyak variannya. Paling tidak ada 4 jenis mobil listrik yang bisa anda pilih untuk melaju di jalanan.

Ada 4 jenis kendaraan tenaga listrik, seperti : Battery Electric Vehicle (BEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Hybrid (HEV), dan Hydrogen Fuel Cell.

Tentu saja setiap varian mobil listrik ini memiliki sistem tersendiri sebagai sumber penggerak roda mobil. Disamping itu juga memiliki teknologi otomotif berlainan.

Dengan mengenal setiap tipe mobil listrik yang dijual saat ini, sehingga anda memiliki pandangan tersendiri akan memilih setiap jenis mobil listrik yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.

jenis mobil listrik

1. Battery Electric Vehicle (BEV)

Battery Electric Vehicle merupakan kendaraan listrik yang memiliki sumber daya utama dari baterai Lithium-ion, karena model baterai ini memiliki penyimpanan yang kuat.

Jenis kendaraan listrik ini yang sekarang menjadi pembicaraan yang cukup hangat. Jenis Battery Electric Vehicle sering juga disebut sebagai mobil listrik murni, sebab tenaganya murni dari penyimpanan daya baterai.

Sehingga jika stroom baterai habis, maka mobil mogok. Di sisi lain mobil BEV ini menjadi mobil masa depan, karena 0% penggunaan bahan bakar dan juga disebut sebagai mobil hijau.

Kendaraan Battery Electric Vehicle sudah bisa anda pesan. Contoh dari mobil listrik murni, seperti : Tesla Model 3, Nissan Leaf, dan lainnya. Baca harga mobil listrik hari ini di pasaran Indonesia

Seperti disebutkan di atas bahwa model kendaraan listrik ini tenaga murni datang dari kekuatan daya baterai. Meskipun demikian baterai Lithium-ion ini memiliki rentang masa pakai yang cukup panjang, bahkan bisa bertahan hingga 10 tahun pemakaian.

Meskipun demikian, tentunya tidak ada angka pasti ketahanan berapa lama baterai mampu bertahan. Sehingga perlu diperlakukan dengan benar. Silahkan baca cara merawat baterai mobil listrik

2. Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)

Mobil jenis PHEV sudah lama melaju di Indonesia. Kendaraan Plug-in Hybrid Electric Vehicle sering kita kenal sebagai mobil hybrid. Saat cukup banyak dijual di pasaran nasional, salah satunya yakni mobil Toyota Camry hybrid.

Mobil PHEV merupakan kendaraan semi campuran antara mobil listrik dan mobil bahan bakar. Sebab mobil jenis PHEV bisa berjalan dengan listrik murni menggunakan on-board, baterai isi ulang maupun dengan hanya dengan bahan bakar.

Sehingga saat berkendara dengan kendaraan jenis PHEV, anda tidak perlu kuatir saat kehabisan bahan bakar atau daya baterai melemah. Sebab mobil PHEV bisa melaju hanya dengan salah satu tenaga, baterai atau bahan bakar saja.

3. Hybrid Electric Vehicle (HEV)

Kendaraan listrik jenis lainnya adalah mobil Hybrid Electric Vehicle / HEV atau sering dikenal sebagai mobil hybrid atau hibrida. Kendaraan jenis ini sudah diproduksi sejak lama.

Ciri khas paling nyata mobil HEV ini adalah penggunaan baterai on-board dan bahan bakar yang tidak dapat terpisah atau dengan kata lain keduanya harus berfungsi dengan baik.

Perbedaan lainnya yakni baterai mobil HEV tidak dapat di charge secara terpisah, sehingga terisi berbarengan dengan bergeraknya roda mobil.

Sehingga perbedaan paling nyata dengan mobil jenis PHEV adalah saat bahan bakar habis. Jika pada PHEV kendaraan masih bisa melaju hanya dengan daya baterai.

Namun kendaraan HEV antara baterai on-board dan bahan bakar harus mampu bekerja secara bersamaan, sehingga jika bahan bakar habis, maka motor listrik tidak mampu bekerja sempurna.

4. Hydrogen Electric Vehicle (Fuel Cell / FCV))

Seperti sebutannya bahwa mobil Hydrogen Electric Vehicle ini menggunakan bahan bakar hidrogen cair. Namun mobil jenis FCV ini kurang terkenal dan konsumennya juga tidak banyak.

Ciri utama mobil Hydrogen Electric Vehicle ini adalah menggunakan hidrogen cair sebagai bahan bakar. Bahkan kendaraan listrik yang satu ini bisa dibilang tidak layak di Indonesia.

Salah satu contohnya yakni Toyota FCV Plus yang sekarang masih dalam tahap perancangan atau konsep.

Info otomotif lainnya

  • mobil bekas terbaik

    Mobil bekas terbaik banyak dicari konsumen, khususnya mereka yang membeli kendaraan untuk digunakan sendiri. Namun yang terjadi justru sebaliknya, karena seringkali pihak konsumen perorangan ini mendapatkan mobil bekas yang harganya selangit. Lantas bagaimana cara mencari mobil bekas terbaik yang harga jualnya

    Baca lebih lengkap
  • Mobil bekas murah harga 70 jutaan, pilih yang mana

    Harga MobilNissan March 2011

    Banyak pilihan mobil bekas harga murah pasaran 70 jutaan, pilih yang mana yang paling sesuai dengan kendaraan kebutuhan anda. Tidak perlu khawatir sebab kondisi mobil seken harga 70 jutaan masih layak pakai, jika anda pintar

    Baca lebih lengkap
  • Penjualan mobil listrik terkendala harga baterai mahal

    Berkendarapenjualan mobil listrik

    Penjualan mobil listrik di Indonesia masih belum bergejolak sesuai harapan. Selain harga mobil listrik yang masih mahal, juga terkendala dengan harga baterai sangat mahal. Sehingga konsumen masih belum yakin untuk membeli salah satu jenis mobil listrik

    Baca lebih lengkap
  • List daftar harga mobil Toyota Fortuner bekas

    Harga MobilToyota Fortuner bekas

    Harga mobil toyota fortuner bekas merosot tajam dari masa sebelumnya. Lihat cek list daftar harga mobil toyota bekas fortuner hari ini. Berikut info daftar harga mobil Toyota Fortuner bekas

    Baca lebih lengkap
  • Empat jenis mobil listrik dijual saat ini

    Berkendarajenis mobil listrik

    Jenis mobil listrik yang dijual saat ini semakin banyak variannya. Paling tidak ada 4 jenis mobil listrik yang bisa anda pilih untuk melaju di jalanan. Ada 4 jenis kendaraan tenaga listrik, seperti : Battery Electric Vehicle (BEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Hybrid (HEV), dan Hydrogen Fuel Cell.

    Baca lebih lengkap
  • Daftar alamat lengkap dealer resmi Daihatsu di Jakarta terdekat

    Perawatan Mobildealer resmi Daihatsu

    Yuk cari daftar alamat lengkap bengkel dan dealer resmi Daihatsu yang tersebar di kota Jakarta. Kunjungi alamat dealer resmi mobil Daihatsu terdekat dari rumah anda

    Baca lebih lengkap
  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Adblock Detected

    Please consider supporting us by disabling your ad blocker