Home >> Berkendara >> Tips cara menetralkan gigi transmisi mobil matic berbagai jenis dan tipe

Tips cara menetralkan gigi transmisi mobil matic berbagai jenis dan tipe

Cara menetralkan gigi persneling mobil matic sangat berbeda dengan kendaraan persneling manual atau mobil manual. Pada umumnya saat mobil matic parkir maka posisi tuas persneleng berada pada posisi “P” dan diimbangi dengan tarikan rem tangan. Namun pada saat saat tertentu misalnya saat parkir paralel di pinggir jalan yang padat, maka biasanya juru parkir akan berpesan agar menetralkan mobil anda supaya mudah di geser maju maupun mundur. Meskipun terlihat sepele dan mudah ternyata dilapangan banyak kendala, sehingga pemilik mobil jenis matic mesti mempelajari cara menetralkan gigi transmisi saat parkir paralel.

Masalah paling umum adalah saat tuas berada di posisi “N” maka anak kunci tidak akan bisa dilepas. Itulah yang menjadi pokok masalahnya. Mau ditinggal begitu saja, tentu sangat berbahaya karena rawan pencurian. Karena bagaimanapun juga saat mobil di parkir maka buat mobil anda seaman mungkin. Nah untuk itu, yuk belajar kembali tips cara menetralkan gigi transmisi mobil matic. Penting juga dimengerti bahwa setiap jenis mobil matic memiliki prosedur tersendiri, karena setiap pabrikan mobil memiliki sistem sendiri.

Lantas bagaimana prosedur cara paling aman parkir mobil dengan posisi tuas “N” dengan anak kunci mobil bisa di cabut. Pilih tips tata caranya yang sesuai dengan jenis mobil anda. Karena setiap jenis dan tipe mobil matic memiliki sistem yang berbeda, maka pelajari yang sama persis dengan tipe dan varian mobil milik anda. Yuk ikuti cara parkir mobil posisi netral paling aman anti pencurian.

Cara menetralkan gigi transmisi mobil Honda Jazz matic. Mobil hatchback besutan Honda Motor Indonesia ini menjadi idaman banyak orang. Namun sebagai pemilik Honda Jazz khususnya transmisi matic mesti paham saat parkir di segala tempat dan suasa. Hal paling sering dan membuat bingung pemiliknya yakni saat di minta oleh tukang parkir agar tidak mengunci ban mobil supaya mudah bergeser. Berikut cara parkir netral mobil Honda Jazz matic :

⇒Setelah anda berhasil parkir mobil Honda Jazz matic secara standar dan pastikan di jalanan datar.
⇒Bebaskan rem tangan dan posisikan tuas pada “N” dan yakin mobil tidak maju maupun mundur.
⇒Lantas matikan mesin mobil seperti prosedur parkir biasa yakni pada tuas “P”
⇒Sekarang cabut kunci mobil dan masukkan pada lubang kunci di bagian papan ( pangkal ) tuas transmisi.
⇒Putar anak kunci ke kanan dan tahan, barengi dengan pemindahan tuas dari “P” le tuas “N”.
⇒Cabut kembali anak kunci mobil, awas jangan lupa tetap kunci pintu mobil ya

gigi transmisi mobil matic

Loading...

Cara menetralkan gigi transmisi mobil Nissan Grand Livina 1.5 Ultimate matic :
⇒Hal pertama parkir kendaraan anda ditempat yang benar atau sesuai dengan arahan juru parkir
⇒Pastikan mobil anda berada atau parkir di jalanan datar
⇒Sebelum mematikan mesin mobil, injak rem, jangan di rem tangan, dan posisikan pada tuas “N”. Lantas bebaskan rem secara perlahan. Jika mobil anda berhenti dan tidak maju maupun mundur, berarti sudah aman ( jalanan datar )
⇒Sekarang matikan mesin mobil anda secara standar yakni pada posisi tuas “P”, tidak rem tangan dan jangan lupa cabut kunci mobil
⇒Amati papan tuas persneleng dan temukan tombol kecil sebesar korek api ada tulisan shift ( shift lock ). Dan pada bagian ujung di samping ada knop / tombol.
⇒Sekarang pencet tombol shift lock tahan, barengi dengan pencet tombol di ujung tuas sambil geser tuas persneleng ke posisi “N”

Cara menetralkan gigi transmisi saat parkir paralel pada mobil Daihatsu Terios matic :
⇒Saya anggap anda sudah berhasil memarkirkan daihatsu terios matic dengan benar ditempat parkir paralel dan pastikan tempatnya datar.
⇒Pastikan anda menggunakan prosedur parkir mobil secara standar yakni posisi tuas pada “P”
⇒Namun tetap bebaskan rem tangan dalam kasus ini
⇒Nah sekarang matikan mesin mobil terios matic anda dan cabut kunci
⇒Coba cari dan temukan tombol hitam kecil terletak di sebelah depan tombol “P”. Tombol tersebut ada tulisan shift lock
⇒Sekarang kita masuk pada sesi terakhir, pencet dan tahan tombol shift lock sambil arahkan posisi tuas dari “P” ke posisi “N”
⇒Silahkan keluar mobil dan jangan lupa kunci pintunya.

Itulah agan agan sekalian tips cara menetralkan gigi transmisi atau tuas persneleng saat parkir mobil paralel, sehingga kendaraan masih bisa maju atau muncur supaya mobil lain bisa parkir maupun keluar. Pada dasarnya untuk mobil mobil matic jenis lainnya tata caranya tidak jauh berbeda dengan ke tiga mobil diatas. Hal paling penting adalah mengenal fungsi shift lock yang bertujuan memang untuk menggeser ( shift ) kunci ( lock )

Loading...

One comment

  1. jos gan baru tahu sekarang caranya parkir paralel mobil otomatis

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!