Home >> Berkendara >> Biaya mutasi dan balik nama mobil bekas saat kredit belum lunas

Biaya mutasi dan balik nama mobil bekas saat kredit belum lunas

Apakah mobil kredit bisa balik nama. Siapa bilang saat kredit mobil belum lunas tidak bisa balik nama. Ikuti prosedur cara balik nama mobil kredit yang benar dan aman. Banyak konsumen yang belum paham bahkan tidak tahu bahwa mobilnya yang masih dalam status masa angsuran bisa melakukan balik nama kendaraan. Bahkan prosesur balik nama pada dasarnya sama persis dengan saat anda balik nama mobil bukan kredit. Bagi pihak SAMSAT tidak ada bedanya antara mobil kredit dan milik pribadi, semua bisa melakukan balik nama sesuai standar dan prosedur balik nama kendaraan yang berlaku. Bahkan biaya yang harus anda keluarkan juga sama. Tentunya melakukan proses mutasi dan balik nama mobil yang masih dalam status kredit sangat menguntungkan debitur ( konsumen ). Karena bisa menghemat biaya yang cukup besar saat melakukan perpanjangan STNK kendaraan. Mengapa bisa demikian ?

Pada umumnya kredit mobil bekas mempunyai masa tenggang angsuran selama 4 tahun bahkan lebih. Bagi perusahaan leasing juga ogah memproses permohonan kredit mobil hanya 2 tahun, biasanya mereka mereka merekomendasikan selama 4 tahun masa angsuran. Nah tentunya anda akan melakukan proses perpanjangan STNK mobil kredit anda selama masa angsuran. Dan seperti kita tahu bahwa biaya perpanjangan STNK mobil kredit sangat besar, karena ada biaya biaya tambahan selain biaya resmi perpanjangan STNK mobil anda. Biaya paling besar yakni “tembak KTP” karena belum tentu pemiliknya mau pinjamkan KTP, kecuali anda sudah mengenalnya. Dan lebih parah lagi semua itu biasanya dikerjakan oleh biro jasa yang tentunya ada fee yang harus anda keluarkan untuk uang jasa petugas biro jasa. Bisa jadi biaya akhir proses perpanjangan STNK mobil kredit anda sebesar 2 kali biaya perpanjangan STNK resmi. Mengapa anda tidak melakukan proses balik nama kendaraan saat masih kredit?

Perlu diketahui bahwa biaya mutasi dan balik nama mobil saat masih status kredit cukup murah jika diproses dengan benar dan sesuai standar yang berlaku. Bahkan seluruh biayanya bisa jadi jauh lebih murah dari pada biaya perpanjangan STNK tanpa KTP pemilik yang sah. Karena praktis anda hanya bawa STNK doang ( tanpa KTP dan BPKB ). Bahkan juga tidak bisa diproses sendiri dan mesti pakai biro jasa resmi tempat perusahaan leasing mobil anda. Karena perlu diketahui bahwa kita tidak bisa pinjam BPKB, namun biasanya diberikan surat resmi dari leasing untuk proses perpanjangan STNK. Namun tetap saja dana masih besar karena tanpa membawa KTP yang sesuai dengan KTP yang tertera di STNK. Dengan demikian akan jauh lebih baik dan lebih murah jika anda langsung melakukan Proses Balik Nama mobil meskipun kendaraan masih kredit.

Berapa besarnya biaya balik nama mobil bekas. Ada trik tersendiri supaya total seluruh biaya balik nama mobil bekas anda lebih miring. Banyak anggapan keliru yang beredar di masyarakat yakni akan balik nama saat penggantian plat nomor kendaraan. Perlu diketahui bahwa saat balik nama kendaraan pasti dibarengi dengan ganti plat nomor kendaraan. Sehingga tidak ada alasan harus balik nama saat waktu penggantian plat nomor kendaraan. Sehingga bisa dikatakan bahwa begitu anda mendapatkan approve ( disetujui ) kredit mobil anda. Maka cepatlah mengumpulkan dana tambahan untuk proses biaya balik nama mobil kredit anda. Tentunya ada saat paling baik melakukan atau mengajukan proses balik nama mobil kredit. Karena jika sampai terlewat, maka bisa saja biaya akan semakin membengkak. Lantas kapan saat paling tepat melakukan Proses balik nama mobil kredit?

Perlu diketahui bahwa proses balik nama kendaraan tidak bisa sehari jadi. Seperti saat anda melakukan proses perpanjangan STNK setiap tahun. Karena ada prosedur prosedur yang harus dilewati terutama prosedur cabut berkas yang tentunya memerlukan waktu yang cukup lama. Apalagi mobil kredit anda tidak berada di SAMSAT yang sama atau bahkan dari luar kota. Di sisi lain anda juga tidak bisa melakukan proses balik nama sendiri dan harus lewat biro jasa kepercayaan leasing. Sehingga praktis tugas anda hanya mempersiapkan dana yang diminta oleh biro jasa dan hanya menunggu hingga proses selesai. Dengan demikian praktis selama proses balik nama, maka mobil anda harus tetap berada di garasi rumah dan sebaiknya tidak anda gunakan untuk keperluan apapun, karena rawan terkena tilang. Oleh sebab itu ada baiknya anda mempertimbangkan beberapa hal berikut sebelum melakukan proses balik nama mobil :

balik nama mobil bekas saat kredit

Loading...

  • Pastikan anda melakukan proses balik nama kendaraan hanya pada leasing tempat anda kredit mobil. Karena lebih aman dan merupakan kebijakan resmi leasing sehingga ada payung hukumnya.
  • Proses balik nama mobil biasanya membutuhkan waktu hingga selama sekitar 1 bulan. Akan jauh lebih lama jika beda propinsi.
  • Proses balik nama mobil harus dilakukan oleh biro jasa langganan leasing. Karena hanya biro jasa kepercayaan yang bisa pinjam BPKB mobil kredit.
  • Besarnya biaya sementara akan ditentukan oleh pihak biro jasa yang biasanya lebih besar dari biaya resmi. Jangan kuatir jika ternyata ada kelebihan akan dikembalikan.
  • Lakukan proses balik nama pada saat yang tepat yakni sekitar 2 bulan sebelum pajak mobil habis masa berlakukanya. Jika anda proses tepat pada saat pajak habis, maka anda akan dikenakan biaya lebih besar ( bayar pajak di SAMSAT lama dan juga SAMSAT yang baru )
  • Cari waktu yang tepat sehingga selama waktu proses anda tidak akan menggunakan mobil anda ( karena tidak ada STNK ). Jika anda menggunakan untuk kebutuhan harian ( bekerja ) sebaiknya menggunakan kendaraan pengganti misalnya pakai sepeda motor untuk sementara.
  • Setelah mendekati waktu yang dijanjikan biro jasa, cobalah untuk sering mengadakan kontak untuk menanyakan proses balik nama mobil anda.

Persyaratan proses balik nama mobil kredit juga cukup mudah dan tidak memberatkan konsumen atau debitur. Sehingga kapanpun anda bisa melakukan proses balik nama kendaraan anda. Soal biayanya tentunya relatif dan tergantung dari jenis dan tipe mobil anda. Perlu diketahui juga bahwa biaya perpanjangan STNK di tiap tiap SAMSAT berbeda. Namun demikian anda bisa memperkirakan besarnya biaya balik nama mobil anda dari STBK mobil di tambah biaya : ganti plat nomor kendaraan, BBN, dan fee petugas biro jasa. Berikut persyaratan yang mesti anda lengkapi saat mengajukan proses balik nama mobil kredit anda :

  • STNK asli mobil yang akan dibalik nama
  • KTP asli yang sesuai saat pengajuan kredit mobil
  • Bayar perkiraan biaya proses balik nama sesuai dengan perkiraan biaya petugas biro jasa ( jika ternyata ada kelebihan akan dikembalikan )
  • Semua proses dan penyerahan persyaratan serta penyerahan biasa proses harus anda lakukan di tempat leasing resmi ( bukan di biro jasa )
Loading...