Apa saja kelebihan maupun kekurangan mobil listrik

Mobil listrik merupakan kendaraan ramah lingkungan masa depan. Sebagai mobil generasi baru tentunya memiliki kelebihan maupun kekurangan. Lantas apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mobil listrik.

Meskipun perencanaan mobil tenaga baterai ini sudah cukup lama, bahkan sejak abad 19. Namun baru beberapa tahun mulai bisa diproduksi dan dijual secara bebas di masyarakat.

Namun penjualan mobil listrik di Indonesia baru dimulai tahun kemaren, sehingga info tentang mobil listrik ini belum banyak diketahui masyarakat. Bahkan sebagian besar konsumen masih ragu membeli.

Hal yang wajar, sebab bagi masyarakat Indonesia yang namanya mobil untuk keperluan jangka panjang, sehingga mereka harus yakin tentang keunggulan maupun kelemahan mobil listrik.

Bagaimanapun juga untuk saat ini masih banyak kendala dalam hal pemasaran mobil listrik, sebab seperti kita tahu bahwa harga mobil listrik yang di jual di Indonesia masih sangat mahal untuk ukuran konsumen kelas menengah.

Oleh sebab itu kita masih belum banyak melihat mobil listrik melaju di jalan raya atau perkotaan, karena memang belum banyak pemilik mobil tenaga listrik di tanah air.

Bagi produsen mobil seakan berlomba untuk membuat mobil listrik dalam jumlah besar, apalagi untuk pasar Indonesia, mengingat pasar Indonesia sangat menjanjikan dengan jumlah penduduk 275 juta jiwa.

Sehingga mereka saling mendahului bisa menjual mobil listrik di pasaran Indonesia, terbukti sudah ada beberapa pabrikan mobil yang ikut andil, seperti hyundai dan nissan. Bahkan DFSK dan MG juga ikut bersaing.

Namun sayangnya harga mobil listrik yang ditawarkan masih di atas kemampuan masyarakat, sehingga masih banyak kendala yang mesti diselesaikan, terutama soal harga jual mobil listrik yang mahal saat ini.

Seperti diketahui harga mobil listrik paling murah saat ini yakni sekitar 480 jutaan yaitu mobil listrik DFSK Gelora tipe E-BV dan yang paling mahal di atas 1 milyar.

mobil listrik

Kelebihan maupun kekurangan mobil listrik yang perlu anda ketahui

Meskipun setiap produk mobil mempunyai kelebihan maupun kekurangan merupakan hal yang wajar, namun jika untuk mobil internal combustion masyarakat sudah memahami untuk di cari solusinya.

Karena memang kendaraan berbahan bakar fosil sudah bukan barang baru, sehingga masyarakat bisa meminimalisir kekurangan maupun kelemahan yang ada.

Disamping itu mobil berbahan bakar minyak bumi ini juga teknologinya sudah di kuasai, sehingga banyak bengkel bengkel pinggir jalan yang sanggup melakukan perbaikan.

Hal yang berbeda dengan mobil listrik, sebab merupakan teknologi baru, dan hanya bengkel resmi yang sanggup melakukan servis rutin. Untuk itulah konsumen masih banyak yang ragu membelinya.

Lihat Penjualan mobil listrik mulai marak di Indonesia

Apa saja kelebihan mobil listrik

  1. Kendaraan ramah lingkungan dengan gas buang emisi karbon 0 %, sehingga membuat udara bebas polusi.
  2. Perawatan mobil listrik lebih mudah dan murah. baca cara merawat mobil listrik lebih mudah dan murah
  3. Biaya charger baterai jauh lebih murah dari pada pembelian bahan bakar / BBM.
  4. Suara tidak bising bahkan nyaris tak terdengar, bahkan saat berada di kabin akan sunyi senyap.
  5. Baterai isi full akan bisa menempuh perjalanan hingga 300 kilometer, bisa untuk perjalanan jauh.
  6. Mampu melesat layaknya mobil pembakaran internal hingga di atas 100 km/jam.

Meskipun mobil listrik banyak memiliki keunggulan dibandingkan dengan mobil konvensional seperti mitsubishi pajero dan lainnya. Di sisi lainnya ternyata juga ada kekurangan atau kelemahan.

Hal ini bisa menjadi masukan berharga bagi masyarakat atau konsumen yang berencana membeli mobil listrik secara tunai maupun dengan sistem kredit. Berkendara dengan mobil listrik memang nyaman.

Sehingga nantinya akan memiliki gambaran bagaimana meminimalisir kekurangan maupun kelemahan mobil listrik, sehingga tetap bisa ngacir serta awet sebagai kendaraan sehari hari.

Nah berikut sisi kekurangan kendaraan tenaga baterai, sehingga anda bisa mencari solusi terbaik untuk memanipulasi kelemahan dari mobil listrik tersebut.

Yuk pelajari cara perawatan mobil listrik yang aman

Beberapa kekurangan mobil listrik murni di Indonesia

  1. Salah satu pertimbangan utama yakni harga mobil listrik sangat mahal
  2. Berpikir seribu kali jika melakukan perjalanan jauh dengan mobil listrik. Karena jarak maksimal hanya 300 km, maka langkah aman adalah paling jauh perjalanan anda hanya 100 maksimal.
  3. Biaya penggantian baterai sangat mahal, bahkan hingga ratusan juta.
  4. jika dijual kembali cenderung jatuh, karena pembeli mobil listrik bekas berpikir pada harga baterai yang mahal.
  5. Belum tersedianya stasiun umum untuk charging secara luas

Tips cara meningkatkan masa pakai baterai mobil listrik

Itulah beberapa hal tentang mobil listrik khususnya di Indonesia, sebab memang baru seumur jagung, sehingga masih memerlukan penyempurnaan di sana sini.

Namun kabar gembira datang dari pabrikan mobil asal china yakni Wuling yang berencana menjual mobil listrik buatannya di bawah 100 juta, kita tunggu mobil generasi baru di Indonesia.

Info otomotif lainnya

  • mobil bekas terbaik

    Mobil bekas terbaik banyak dicari konsumen, khususnya mereka yang membeli kendaraan untuk digunakan sendiri. Namun yang terjadi justru sebaliknya, karena seringkali pihak konsumen perorangan ini mendapatkan mobil bekas yang harganya selangit. Lantas bagaimana cara mencari mobil bekas terbaik yang harga jualnya

    Baca lebih lengkap
  • Mobil bekas murah harga 70 jutaan, pilih yang mana

    Harga MobilNissan March 2011

    Banyak pilihan mobil bekas harga murah pasaran 70 jutaan, pilih yang mana yang paling sesuai dengan kendaraan kebutuhan anda. Tidak perlu khawatir sebab kondisi mobil seken harga 70 jutaan masih layak pakai, jika anda pintar

    Baca lebih lengkap
  • Penjualan mobil listrik terkendala harga baterai mahal

    Berkendarapenjualan mobil listrik

    Penjualan mobil listrik di Indonesia masih belum bergejolak sesuai harapan. Selain harga mobil listrik yang masih mahal, juga terkendala dengan harga baterai sangat mahal. Sehingga konsumen masih belum yakin untuk membeli salah satu jenis mobil listrik

    Baca lebih lengkap
  • List daftar harga mobil Toyota Fortuner bekas

    Harga MobilToyota Fortuner bekas

    Harga mobil toyota fortuner bekas merosot tajam dari masa sebelumnya. Lihat cek list daftar harga mobil toyota bekas fortuner hari ini. Berikut info daftar harga mobil Toyota Fortuner bekas

    Baca lebih lengkap
  • Empat jenis mobil listrik dijual saat ini

    Berkendarajenis mobil listrik

    Jenis mobil listrik yang dijual saat ini semakin banyak variannya. Paling tidak ada 4 jenis mobil listrik yang bisa anda pilih untuk melaju di jalanan. Ada 4 jenis kendaraan tenaga listrik, seperti : Battery Electric Vehicle (BEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Hybrid (HEV), dan Hydrogen Fuel Cell.

    Baca lebih lengkap
  • Daftar alamat lengkap dealer resmi Daihatsu di Jakarta terdekat

    Perawatan Mobildealer resmi Daihatsu

    Yuk cari daftar alamat lengkap bengkel dan dealer resmi Daihatsu yang tersebar di kota Jakarta. Kunjungi alamat dealer resmi mobil Daihatsu terdekat dari rumah anda

    Baca lebih lengkap
  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Adblock Detected

    Please consider supporting us by disabling your ad blocker