Home >> Bengkel >> Teknik cara mencampur cat mobil yang benar

Teknik cara mencampur cat mobil yang benar

Tips lengkap cara mencampur cat mobil. Dalam hal pengecatan bodi mobil tentunya ada beberapa tahapan yang mesti dilalui supaya nantinya anda mendapatkan hasil pengecatan yang sempurna. Prosedur pengecatan bodi mobil semestinya mengacu pada beberapa tahap pekerjaan yang sebaiknya anda kerjakan dengan benar. Pada umumnya agan mesti melalui tahap tahap seperti : Pendempulan daerah yang akan di cat, mengecat bodi mobil, dan terakhir tahap pelapisan dengan varnis. Nah pada kesempatan kali ini admin akan membahas secara tuntas bagaimana teknik atau cara membuat campuran untuk pengecatan pada mobil. Meskipun hanya mencampur cat dengan thinner, tentunya tidak boleh sembarangan dan asal campur saja. Sebab harus mempertimbangkan perbandingan antara cat duco dan thinner.

Dengan demikian bagi pemula tentunya mesti belajar kembali teknik cara mencampur cat mobil dengan thinner menggunakan perbandingan yang benar. Pendek kata tidak boleh kebanyakan thinner atau terlalu kental campurannya. Sebab kesalahan dalam perbandingan cat dan thinner akan berdampak pada kualitas hasil pengecatan anda. Oleh sebab itu sebaiknya memperhatikan berapa perbandingan cat duco dan thinner yang benar supaya nantinya hasil pengecatan anda sempurna dengan kualitas terbaik. Sebagai masukan berharga bahwa dalam hal mengecat mobil memerlukan segudang pengalaman dan percobaan. Sebab jarak penyemprotan mesti pas dengan sudut semprot. Sebagaimana diketahui bahwa jarak semprot cat ini berdampak langsung pada kualitas dan hasil pengecatan anda.

Cara mencampur cat mobil dengan thinner sebenarnya tidak terlalu sulit jika anda mau belajar. Sebab tidak ada hal sulit mencampur cat dan thinner. Bisa dibilang sangat mudah dan gampang. Hanya saja jumlah cat dan thinner mesti memiliki perbandingan yang pas. hal yang mesti diperhatikan juga bahwa setiap merk cat duco juga memiliki kekentalan yang berbeda beda. Sehingga anda mesti membuat patokan khusus terhadap merk cat yang anda gunakan. Namun demikian dipasaran saat ini ada beberapa jenis cat yang biasa digunakan untuk proses pengecatan bodi mobil. Dengan demikian anda mesti menentukan akan memakai jenis cat mobil yang mana. Jenis cat mobil biasanya dibedakan dari bahan dasar pembuatan cat tersebut. Berikut jenis cat mobil berdasarkan bahan dasar pewarnaan cat yang ada di pasaran Indonesia.

Cat mobil dengan bahan dasar Poly Urethane : Orang sering menyebutnya sebagai cat oven atau cat PU. Cat Poly Urethane biasa digunakan oleh pabrikan mobil dan bengkel bengkel besar pengecatan mobil dengan sistem oven. Diantara jenis cat mobil, maka cat oven ini bisa dibilang harganya paling mahal. Hal ini tentu sepadan dengan kualitasnya. Cat mobil dengan bahan dasar Poly Urethane lebih awet, lebih mengkilap, dan juga lebih tahan terhadap goresan dan cuaca, serta tidak mudah berjamur. Oleh sebab itu bagi anda yang ingin dandan dengan cat mobil berkualitas sebaiknya melakukan pengecatan di bengkel khusus pengecatan bodi mobil. Meskipun harga yang dipatok lumayan malah tentunya akan sebanding dengan kualitasnya.

Cat mobil dengan bahan dasar Nitro Cellulose : Secara umum harga cat Nitro Cellulose relatif lebih murah. Berbeda dengan jenis cat Poly Urethane yang mesti melakukan tahap oven supaya cepat kering. maka dengan cat jenis Nitro Cellulose tidak memerlukan tindakan oven, karena lebih cepat kering. Namun demikian kualitas cat Nitro Cellulose tidak tahan lama, apalagi perawatannya sembrono maka akan cepat memudar tentunya. Jenis cat mobil dengan bahan dasar Nitro Cellulose banyak digunakan untuk pengecatan pada mobil murah, seperti angkot, truk, dan mobil jenis niaga lainnya. Sebagai info tambahan, bahwa bengkel pengecatan mobil pinggir jalan biasanya menggunakan cat jenis Nitro Cellulose. Sehingga sayangkan mobil premium anda jika dicat dengan cat duco biasa.

cara mencampur cat mobil

Loading...

Cat mobil Lacquer : Merupakan jenis cat mobil yang paling murah harganya dan paling cepat pudar. Hasil pengecatan dengan menggunakan cat mobil Lacquer juga kurang memuaskan karena kurang kilap. Tentu anda mesti menolak jika bengkel mobil anda menggunakan cat jenis Lacquer. Dengan demikian anda mesti sedikit cerewet jika melakukan pengecatan mobil di bengkel bengkel kecil pinggir jalan.

Bagi pemula tentu sedikit membingungkan, karena pencampuran antara cat dan thinner tidak memiliki patokan perbandingan baku. Artinya tidak semua merk cat menggunakan perbandingan antara cat dan thinner yang sama. Namun demikian biasanya secara umum berkisar antara 1 ( cat ) : 1,1 ( thinner ) hingga 1 ( cat ) : 1,5 ( thinner ). Sehingga biasanya para profesional pengecatan mobil menggunakan daya insting dan pengalaman untuk menentukan angka perbandingan antara cat mobil : thinner. Meskipun demikian untuk hasil maksimal setiap merk cat juga memiliki angka perbandingan berbeda. Seperti cat Nippe 2000 memiliki hasil paling sempurna pada angka perbandingan 1 ( cat ) : 1,4 ( thinner ). Sedangkan untuk cat Danagloss paling bagus dengan 1 ( cat ) : 1,5 ( thinner ).

Pengalaman menjadi harga mati bagi profesional cat mobil. Namun demikian untuk melakukan pengecatan bisa anda kerjakan sendiri yang tentunya dengan didukung peralatan lengkap. Mengapa anda tidak mencoba melakukan sendiri. Karena para tenaga ahli pengecatan mobil sebelumnya juga banyak melakukan kesalahan seperti anda. Pada hakekatnya cara mengecat mobil tidak sulit.

Loading...