Sepeda motor menggunakan ban tubeless untung apa rugi

Banyak pemilik sepeda motor ramai ramai mengganti ban kendaraannya dengan type ban tubeless, padahal seharusnya menggunakan ban biasa atau Tube Type, untung apa rugi ya. Pabrikan sepeda motor telah melakukan survei secara mendalam untuk menerapkan ban pada motor produksinya menggunakan ban type tubeless atau dengan ban biasa. Pastikan memilih ban yang tepat untuk mobil dan motor anda.

Para produsen motor tersebut juga telah memikirkan tentang untung rugi menggunakan ban dalam atau tanpa ban dalam ( tubeless ) dengan berbagai pertimbangan seperti : faktor keamanan saat menikung, keawetan ban, daya cengkeram ban, daya tahan, daya cengkeram saat terjadi pengereman, dan beberapa pertimbangan lain. Sehingga penggunaan type ban pada motor sebenarnya telah dilakukan pengujian secara mendalam.

Jika demikian kenapa banyak pemilik sepeda motor yang sebelumnya menggunakan ban biasa mulai banyak beralih ke pemakaian ban tubless. Pada umumnya mereka hanya mempunyai satu alasan yang mungkin saja masuk akal ( paling tidak ) yakni tidak mau repot dengan ban kempes di perjalanan karena tertusuk paku atau benda tajam lainnya. Mengapa anda tidak menambal ban tubeless sendiri.

Seperti kita tahu bahwa lumayan banyak tukang tambal ban pinggir jalan yang suka berlaku curang yakni bukannya menambal ban tapi justru merusak pangkal pentil yang pada akhirnya pemilik sepeda motor yang bannya kempes terpaksa harus membeli ban dalam baru yang harganya lebih mahal.

Karena alasan inilah ( salah satunya ) maka banyak dari mereka ( pemilik motor ) yang sebelumnya menggunakan ban biasa pada ramai ramai mengganti ban motornya dengan ban type tubeless. Asal tahu saja bahwa harga ban tubeless relatif lebih mahal dari pada harga ban biasa dan biaya ganti ban tubles komplit lumayan mahal juga. Mereka beranggapan bahwa dengan menggunakan ban tubeless maka motor tidak akan mengalami kempes ban “selamanya”. Benarkah demikian.

Ternyata tidak juga. Buktinya setelah beberapa lama pemakaian ( paling 2 atau 3 bulan ) ternyata kempes juga itu ban mulai kambuh lagi. Sehingga pada akhirnya juga menambal ban dan ternyata harga tambal ban tubeless lebih mahal. Apakah masalah sudah selesai. Oh ternyata belum dan justru hal ini merupakan awal masalah, lhoh kok!

Petunjuk buka CVT Honda Beat

Tambal tubeless biasanya menggunakan alat tambal khusus yang biasa disebut sebagai tire repair kit ( cacing ). Secara umum cara menambal ban model tubeless ini justru menambah besar lobang bocoran supaya si cacing bisa masuk. Keadaan ini tentunya akan menambah berkurangnya kekuatan ban motor. Jika suatu saat timbul bocor ditempat yang sama, maka biasanya tidak bisa ditambal lagi karena lobang sudah terlalu besar yang pada akhirnya harus menggunakan ban dalam, nah lho.

Memang begitulah yang sebenarnya terjadi, jika sudah demikian jadinya maka menurut anda lebih untuk mana menggunakan ban biasa atau dengan ban tubeless. Sebenarnya ada kriteria tertentu kapan sepeda motor menggunakan ban type tubeless ( tanpa ban dalam ) dan kapan sebaiknya motor memakai ban biasa.

Perlu untuk diketahui bahwa pada dasarnya ban type tubeless ini mempunyai tekstur lebih keras dan tebal sehingga secara umum lebih berat dari pada ban biasa. Sehingga jika motor anda merupakan motor biasa ( isi silinder standar ) ya lebih baik dengan ban biasa saja.

Malah justru lebih nyaman dikendarainya dari pada jika menggunakan ban tubeless. Secara umum penggunaan ban tubles lebih pas pada motor motor type sport dan motor besar dengan penggunaan jalanan rata dan tidak rusak atau bergelombang. Jika anda sering melewati jalanan berbatu ya lebih baik dengan ban biasa saja.

motor ban tubeless bocor

Ban motor tubeless anda bocor, wow nggak usah bingung dan mencari tukang tambal ban yang belum tentu ada di dekat anda sekarang. tetesin aja dengan lem power glue yang harganya hanya 1000 perak. Untuk antisipasi dalam perjalanan selalu bawa lem power glue dan pompa mini, pasti semuanya beres.

Tips praktis sebelum anda belajar mengendarai mobil

Selain dari pada itu kalau dihitung hitung dengan cermat, maka sebenarnya ban jenis tubeless ini mampu memberikan rasa aman saat anda bermotor ria, karena bisa terhindar dari kebocoran dan kempes ban. Saat ini telah banyak berdiri toko toko khusus ban sepeda motor yang menjual ban dalam satu paket. Sebagai contohnya saat anda membeli ban tubeless, maka harga yang ditawarkan sudah termasuk ban baru, pentil racing, dan cairan khusus pencegah ban bocor.

Sehingga saat terlihat paku menancap pada ban motor anda, maka bisa langsung dicabut tanpa menimbulkan kempes ban dengan catatan saat mencabut paku posisi ban yang tertusuk paku berada di bagian bawah. Baca petunjuk cara memilih ban yang tepat.

Info otomotif lainnya

  • mobil bekas terbaik

    Mobil bekas terbaik banyak dicari konsumen, khususnya mereka yang membeli kendaraan untuk digunakan sendiri. Namun yang terjadi justru sebaliknya, karena seringkali pihak konsumen perorangan ini mendapatkan mobil bekas yang harganya selangit. Lantas bagaimana cara mencari mobil bekas terbaik yang harga jualnya

    Baca lebih lengkap
  • Mobil bekas murah harga 70 jutaan, pilih yang mana

    Harga MobilNissan March 2011

    Banyak pilihan mobil bekas harga murah pasaran 70 jutaan, pilih yang mana yang paling sesuai dengan kendaraan kebutuhan anda. Tidak perlu khawatir sebab kondisi mobil seken harga 70 jutaan masih layak pakai, jika anda pintar

    Baca lebih lengkap
  • Penjualan mobil listrik terkendala harga baterai mahal

    Berkendarapenjualan mobil listrik

    Penjualan mobil listrik di Indonesia masih belum bergejolak sesuai harapan. Selain harga mobil listrik yang masih mahal, juga terkendala dengan harga baterai sangat mahal. Sehingga konsumen masih belum yakin untuk membeli salah satu jenis mobil listrik

    Baca lebih lengkap
  • List daftar harga mobil Toyota Fortuner bekas

    Harga MobilToyota Fortuner bekas

    Harga mobil toyota fortuner bekas merosot tajam dari masa sebelumnya. Lihat cek list daftar harga mobil toyota bekas fortuner hari ini. Berikut info daftar harga mobil Toyota Fortuner bekas

    Baca lebih lengkap
  • Empat jenis mobil listrik dijual saat ini

    Berkendarajenis mobil listrik

    Jenis mobil listrik yang dijual saat ini semakin banyak variannya. Paling tidak ada 4 jenis mobil listrik yang bisa anda pilih untuk melaju di jalanan. Ada 4 jenis kendaraan tenaga listrik, seperti : Battery Electric Vehicle (BEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Hybrid (HEV), dan Hydrogen Fuel Cell.

    Baca lebih lengkap
  • Daftar alamat lengkap dealer resmi Daihatsu di Jakarta terdekat

    Perawatan Mobildealer resmi Daihatsu

    Yuk cari daftar alamat lengkap bengkel dan dealer resmi Daihatsu yang tersebar di kota Jakarta. Kunjungi alamat dealer resmi mobil Daihatsu terdekat dari rumah anda

    Baca lebih lengkap
  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Adblock Detected

    Please consider supporting us by disabling your ad blocker