Semir ban mobil dan motor, baca untung ruginya

Semir ban memiliki fungsi utama menjaga tampilan ban mobil dan sepeda motor hitam kilap. Baca cara penggunaannya karena bisa menguntungkan sekaligus merugikan. Dengan demikian pemakaian semir ban mesti sesuai dengan petunjuk yang benar. Belajar lebih lengkap bagaimana sebenarnya bahan yang terkandung dalam semir ban kendaraan.

Semir ban mobil maupun semir ban motor memiliki kandungan bahan dasar yang tidak jauh berbeda. Pada umumnya semir ban memiliki fungsi utama sebagai bahan untuk membuat kilap ban dengan warna hitam kelam. Jika dilihat dari bahan dasarnya maka semir ban memiliki kegunaan utama, yakni :

Semir Ban Wax : Jenis semir ban mobil atau motor yang berguna untuk menjaga elastisitas karet ban kendaraan sehingga terjaga dari keretakan. Namun jenis semir wax ini kurang memberikan daya kilap pada ban. Tetapi memiliki keuntungan tersendiri karena pada umumnya semir wax lebih ramah lingkungan.

Semir Ban Aerosol : Seperti namanya bahwa jenis semir ban yang satu ini saat di gunakan berbentuk busa. Fungsi utamanya yakni sebagai pembersih sekaligus menjaga tampilan ban supaya lebih kilap. Beberapa produk yang di jual sudah menggabungkan fungsi pembersih dan membuat kilap. Sehingga lebih diminati konsumen.

Semir Ban Silikon : Menggunakan bahan utama silikon yang mana bertujuan utama untuk menjaga tampilan ban supaya tetap elastis dan tidak kering. Namun dalam prakteknya semir ban mobil silikon ini cepat pudar dan tidak tahan lama.

Semir ban mobil

Pasaran harga semir ban mobil maupun sepeda motor bervariasi dari harga puluhan ribu hingga ratusan ribu ada di pasaran. Ada banyak pilihan dan sesuaikan dengan kebutuhan anda. Berikut harga terbaru semir ban mobil maupun sepeda motor di online shop.

– Kit Black Magic Tire Gel 300 ml harga Rp 30.000
– Turtle Wax Ultra Wet Tire Shine 680 ml harga Rp 100.000
– Semir ban 3M Tire Restorer 473 ml harga Rp 40.000
– Sonax Xtreme Tyre Gloss Spray 700 gram harga Rp 179.000
– Meguiar’s Endurance Gold Class Tire Gel 473 ml harga Rp 215.000

Bagi pemilik kendaraan yang suka inovasi bisa membuat semir ban sendiri. Selain lebih murah juga bisa memilih bahan bahan berkualitas. Di pasaran banyak di jual bahan bahan untuk bikin semir ban mobil dan motor. Dengan demikian tidak ada salahnya jika mencoba membuat sendiri semir pengkilap ban kendaraan.

Cara membuat semir ban bahan Silicon yang bagus

Bahan bahan yang diperlukan
– 200 ml Silicon emulsi
– 40 ml silicon oil
– 800 ml air mineral

Tahapan cara bikin semir ban
– Langkah awal ambil wadah yang cukup
– Lantas campurkan kedua bahan silikon
– Pastikan adonan benar benar merata
– Tambahkan air secara bertahap sambil aduk aduk

Bagaimanapun juga penggunaan semir ban tidak benar benar direkomendasikan. Sebab meskipun bisa membuat tampilan ban kendaraan lebih bagus dan terlihat terawat. Bagaimanapun juga bahan utama ban berpengaruh pada ketahanan dan mengurangi usia dan masa pakai ban. Meskipun demikian dengan penggunaan yang baik tentunya semir ban bisa memberikan dampak positif.

Untung rugi memakai semir ban untuk mobil maupun motor

– Mampu memberikan tampilan ban lebih hitam dan kilap
– Tampilan mobil lebih mewah dan terlihat bersih
– Dengan pemakaian yang benar maka daya elastisitas ban tetap terjaga
– Bahan aktif semir ban bisa merusak karet ban jika pemakaian berkelanjutan
– Berpengaruh pada usia ban yang semakin cepat karena ban lebih keras

Meskipun ban kendaraan memiliki usia maksimal. Namun jika diperlakukan dengan benar. Maka bisa saja jauh lebih awet. Harga ban mobil yang semakin mahal. Tentunya kita mesti belajar bagaimana cara memperlakukan ban dengan benar. baca kembali cara memilih ban mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *