Home >> Bengkel >> Kelebihan dan kekurangan pasang tanduk depan mobil

Kelebihan dan kekurangan pasang tanduk depan mobil

Baca dulu! sebelum agan memutuskan untuk pasang tanduk di bagian depan mobil. Paling tidak ada sejumlah kelebihan maupun kekurangan pemasangan tanduk di depan grill mobil ini. Dengan demikian agan perlu juga mendapatkan ulasan yang berharga sebelum memutuskan untuk pasang tanduk mobil. Dalam beberapa tahun belakangan ini sering kita jumpai berbagai jenis mobil penumpang atau kendaraan pribadi yang dilengkapi dengan tanduk. Tentunya dala pengamatan kita ada beberapa jenis mobil yang tampak lebih gagah setelah ada aksesoris tambahan dibagian depan mobil ini. Namun di sisi lain terlihat juga kesan berat dan tidak imbang, sehingga justru tampak bias dan mengurangi nilai tampilan kendaraan. Meskipun demikian tentu pemilik mobil bertanduk tersebut memiliki alasan yang berbeda dengan pemasangan tanduk mobil.

Ada berbagai alasan pemilik mobil sebelum memutuskan untuk menambah aksesoris tambahan khusus berupa tanduk mobil bagian depan. Sehingga sudah barang tentu setiap permasalahan pemilik mobil akan berlainan, namun pada akhirnya melakukan pemasangan tanduk di depan radiator kendaraan ini. Namun demikian secara umum mobil yang dilengkapi dengan tanduk bagian depan ini memiliki keunggulan sekaligus kelemahan. Tetapi tentunya hal demikian tidak masuk dalam pertimbangan sebagian besar pemilik mobil. Karena mereka sudah pasti memiliki pengalaman pribadi sehingga memutuskan untuk membeli tanduk mobil. Di sisi lain cara pasang tanduk mobil juga tidak begitu sulit, sehingga anda bisa dengan mudah memasangnya sendiri. Apalagi produk tanduk mobil saat ini sudah menganut sistem plug and play, dan bisa disesuaikan dengan tipe maupun jenis kendaraan.

Berikut beberapa alasan kenapa pasang tanduk mobil depan

  • Untuk antisipasi saat terjadi benturan ringan dari arah depan kendaraan, sebagaimana diketahui bahwa bagian depan mobil merupakan daerah paling rawan dan sangat penting. Disanalah terdapat satu set mesin mobil dengan segala perlengkapannya. Dan yang paling depan yakni radiator yang memiliki fungsi paling vital.
  • Pemasangan tanduk mobil yang sesuai akan memberikan nilai tambah berupa tampilan kendaraan lebih garang and gagah. Apalagi jika dilengkapi dengan sepasang lampu kabut, wow tambah macho kendaraan anda.
  • Untuk memperlebar jarak bagian depan mobil dengan kendaraan lain di depannya, seperti diketahui bahwa saat melaju di lajur jalan yang selalu macet seperti jakarta, cukup sering kita lihat mobil bagian depan tergores tanpa alasan yang jelas, hal ini karena kendaraan terutama sepeda motor yang suka srabat serobot semaunya, sehingga tanpa sengaja senggol bagian depan mobil

Dengan demikian kita tentu tidak bisa berkata salah atau benar memasang tanduk di bagian depan mobil tersebut. karena secara umum juga memiliki keunggulan maupun kelemahan masing masing. Bisa jadi pemilik mobil yang satu sependapat, namun pemilik kendaraan lainnya berbeda pendapat. Hal ini terjadi karena alasan yang berbeda. Meskipun demikian selama tidak ada aturan yang dilanggar, tentu boleh boleh saja dan tidak mengganggu pengendara lain. Sebagaimana diketahui ada peraturan khusus soal larangan pemasangan tanduk mobil depan ini. Namun kenapa ya bisa dibilang cukup banyak yang masih menggunakan tanduk depan, dan yang penting tidak kena tilang. Padahal undang undang sudah jelas. Berikut saya tuliskan secara lengkap “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 22 TAHUN 2009 TENTANG LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN” pasal 58 :

Yang dimaksud dengan “perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas” adalah pemasangan peralatan, perlengkapan, atau benda lain pada Kendaraan yang dapat membahayakan keselamatan lalu lintas, antara lain pemasangan bumper tanduk dan lampu menyilaukan.

tanduk depan mobil

Loading...

Tentunya hal ini merupakan tanda tanya bagi kita, lantas pemasangan tanduk mobil depan yang manakah yang dilarang oleh undang undang kepolisian. Karena bukti dilapangan semakin banyak saja mobil mobil pribadi yang dipasang tanduk di bagian depan. Bagi masyarakat seperti kita tentu sedikit bingung untuk menterjemahkan apa maksud sebenarnya dari peraturan kepolisian tersebut. Mungkin agan agan bisa memberikan masukan yang berharga supaya kita bisa menjalankan peraturan jalan raya dengan benar. Atau mungkin saja bull bar yang dimaksud adalah yang berbahan logam, sedangkan tanduk bemper bahan karet diperbolehkan. Nah terlepas dari itu semua, tentu pemasangan tanduk mobil memiliki kelebihan sekaligus kekurangan.

Kelebihan sekaligus keunggulan pasang tanduk depan mobil
⇒Mampu merubah tampilan mobil menjadi lebih gagah, garang, dan macho
⇒Bila terjadi benturan kecil maka bagian depan mobil masih bisa selamat.
⇒Dengan pemasangan tanduk depan maka mampu memberikan jarak lebih lebar dari kendaraan di depannya

Kekurangan sekaligus kelemahan pasang bull bar mobil
⇒Jika salah menggunakan material maka bisa jadi akan kena pelanggaran lalu lintas
⇒Saat terjadi benturan keras maka bisa merusak dudukan mesin, karena biasanya dikaitkan pada bagian bawah mesin mobil
⇒Jika kurang perawatan ( kusam ) justru mengurangi nilai tampilan mobil anda

Loading...