Home >> Bengkel >> Inilah penyebab oli mesin motor matic cepat habis

Inilah penyebab oli mesin motor matic cepat habis

Penyebab oli mesin motor matic cepat habis. Kenali beberapa penyebab berkurangnya oli mesin khususnya pada beberapa jenis sepeda motor transmisi otomatis atau sering disebut sebagai motor matic. Secara umum ada beberapa penyebab oli motor matic cepat habis. Namun pada jenis motor matic tertentu pada kenyataannya mengalami pengurangan level oli mesin bahkan tanpa adanya indikasi kerusakan. Dengan demikian bagi pemilik sepeda motor jenis matic sudah seharusnya lebih waspada. Karena meskipun sepeda motor masih baru bisa saja terjadi pengurangan level oli mesin secara signifikan. Dengan demikian penggantian oli mesin secara berkala mesti dilakukan secara teratur dan jangan sampai telat.

Kenapa oli motor matic cepat habis. Tentu saja hal ini menjadi masukan berharga bagi pemilik motor matic. Apalagi sebelumnya sering mengganti oli mesin sembarangan dan tanpa jadwal teratur. Sehingga bisa saja terjadi kekeringan oli dan berakibat pada kerusakan mesin sepeda motor anda. Khusus bagi pengguna sepeda motor Yamaha Mio J supaya lebih sering cek level oli mesin. Karena terbukti pengurangan jumlah oli mesin lebih cepat dari pada sepeda motor matic tipe lainnya. Sehingga tidak heran jika suatu saat terjadi motor Yamaha Mio J kehabisan oli. Untuk itulah saya sarankan untuk secara teratur jadwal penggantian oli mesin. Sehingga nantinya bisa memperpanjang masa pakai sepeda motor anda. Jangan sampai terlewat waktu penggantian oli mesin dan sesuaikan dengan waktu penggantian oli mesin yang direkomendasikan pabrikan sepeda motor Yamaha.

Banyak penyebab dan permasalahan yang terjadi sehingga mengakibatkan oli habis pada motor matic jika dibiarkan tanpa kontrol sama sekali. Meskipun sangat jarang terjadi oli mesin benar benar habis. Namun penulis sendiri pernah menyaksikan kerusakan yang diakibatkan oleh kekeringan oli mesin karena keteledoran pemiliknya. Mesin sepeda motor tiba tiba mati dan macet mendadak. Dan setelah dibuka dapur mesinnya, ternyata mengakibatkan seher bolong tertusuk klep. Keadaan ini terjadi karena oli mesin benar benar habis kering. Masalah demikian tentu saja karena pemiliknya menganggap enteng gejala kerusakan yang terdeteksi sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa panas mesin yang ditimbulkan oleh sepeda motor matic jauh lebih tinggi dari pada sepeda motor transmisi manual. Demikian bisa saja disebabkan karena letak mesin sepeda motor matic berada di bagian belakang, sehingga tidak mendapatkan pendinginan secara alami. Itulah sebabnya Sepeda motor jenis matic memiliki pendingin mesin yang berasal dari udara dari hembusan kipas yang terletak di bagian samping. Tentu saja sistem pendinginan model demikian tidak maksimal. Sistem pendingin model kipas tersebut mengingatkan kita pada sepeda motor bebek 2 tak seperti motor kawasaki Ninja. Namun demikian sepeda motor 2 tak memiliki sistem pendinginan mesin ganda.

Paling tidak ada 5 penyebab oli motor matic cepat habis. Namun yang ini lebih diprediksi karena adanya kerusakan yang terjadi. Sehingga ajika tidak segera dibetulkan tentunya masalah tidak akan selesai. Lantas bagaimana cara mengetahui oli motor matic habis. Tentunya memerlukan pengecekan lebih lanjut dan tidak perlu pergi ke bengkel. Paling tidak seminggu sekali agan bisa cek level oli mesin dari penanda level oli motor anda. Untuk langkah terbaik dan aman jika level oli mesin sudah demikian turun jauh, maka sebaiknya cepat melakukan penggantian oli mesin dengan yang baru. jangan lupa sesuaikan dengan yang direkomendasikan pabrikan sepeda motor anda.

Penyebab umum level oli mesin sepeda motor berkurang

oli mesin motor matic cepat habis

Loading...

Motor sering digunakan untuk kerja berat, seperti mengangkut barang dalam jumlah besar. Sehingga sering kali terjadi panas mesin berlebihan. Bagaimanapun juga oli mesin yang terlalu panas akan terjadi penguapan, meskipun tidak dalam jumlah besar. Namun hal demikian tentu saja masa penggantian oli mesin sepeda motor anda menjadi lebih pendek dari sepeda motor lain yang digunakan secara normal. Disamping itu juga performa oli mesin juga cepat rusak yang ditandai dengan tampilan oli yang hitam pekat. Dengan demikian cepat cepat ganti oli mesin motor anda.

Perbedaan dan Penggunaan oli mesin MPX dan SPX lengkap

Terjadi rembesan pada sambungan mesin. Pada mesin sepeda motor tua biasanya terjadi rembesan pada sambungan mesin yang diakibatkan oleh kerusakan atau tidak maksimal fungsi packing. Hal demikian paling sering terjadi pada sepeda motor yang pernah melakukan servis turun mesin. Untuk itu sebaiknya anda melakukan servis dibengkel resmi, karena akan mendapatkan suku cadang asli original. Rembesan mesin sehabis servis bisa juga disebabkan karena sambungan tidak dibersihkan secara maksimal.

Akibat kerusakan pada seher atau ring piston. Setelah pemakaian beberapa tahun biasanya terjadi keausan pada bagian bagian mesin yang bergesekan. Namun yang paling sering karena ring piston semakin tipis, sehingga terjadi celah saat piston bekerja. Keadaan demikian berakibat pada terjadinya rembesan bahan bakar dan oli mesin. Karena terjadi diruang pembakaran, maka rembesan akan terbakar dan terlihat sebagai asap putih yang keluar dari lobang pembuangan ( knalpot ). Jika terjadi demikian segeralah pergi kebengkel untuk melakukan servis supaya kerusakan tidak semakin bertambah parah dan kompleks.

Berkurangnya oli mesin pada sepeda motor memang tidak bisa langsung ditebak sebelum melakukan penelitian secara mendalam. Jangan sampai anda salah dalam memprediksi kerusakan motor anda. Karena perlu diketahui bahwa biaya servis sepeda motor sekarang lumayan mahal. Sehingga memerlukan kepastian kerusakan supaya biaya servis tidak membengkak. Jangan sampai akan mengatasi masalah justru menambah masalah baru, karena salah prediksi.

Loading...