Gejala kerusakan mobil matic, kenali sebelum parah

Gejala kerusakan mobil matic berbeda dari pada tanda tanda kerusakan mobil transmisi manual. Kenali awal masalah mobil automatic sebelum bertambah parah. Sebab secara umum biaya perbaikan kendaraan matic relatif lebih mahal dari pada kendaraan transmisi manual.

Seiring dengan perkembangan teknologi otomotif khususnya mobil berpenumpang. Maka konsumen mobil matic semakin banyak. Hal ini berkat sistem mengemudi mobil matic lebih simple dan praktis. Bahkan saat macet di jalanan miring juga lebih enjoy dengan mobil transmisi otomatis ini.

Namun di sisi harga jual. Ternyata harga mobil baru matic juga lebih mahal dari pada yang manual dengan tipe dan varian sama. Namun di pasaran mobil bekas kendaraan matic relatif memiliki harga jual lebih rendah.

Mengingat hal yang demikian. Maka jika kebetulan mobil anda tipe matic. Yuk lakukan perawatan sebaik mungkin. Kenali tanda tanda dan gejala kerusakan awal yang sering terjadi pada mobil matic / mobil transmisi automatis.

Ciri ciri gearbox mobil matic rusak

Gearbox mobil merupakan tempat perpindahan gigi transmisi. Pada mobil transmisi otomatis sistem gearbox di desain sedemikian rupa, sehingga mampu berpindah sendiri dari putaran / kecepatan rendah menuju putaran tinggi. Begitu pula sebaliknya.

Kinerja gearbox dibantu dengan sistem pelumasan ( oli transmisi ). Sehingga sistem kerja gearbox menjadi mulus. Pabrikan mobil telah merekomendasikan kapan penggantian oli transmisi yakni di kisaran 40.000 kilometer ( sesuai dengan buku petunjuk mobil anda ). Saat penggantian oli transmisi ini sebaiknya kuras total.

gejala kerusakan mobil matic

Gejala umum awal kerusakan mobil matic

Perbedaan mendasar terletak pada sistem perpindahan gigi porsneleng yakni pada gearbox. Penyebab gearbox mobil matic rusak. Pada umumnya gearbox mobil matic cukup awet jika di rawat dengan baik. Namun kerusakan bisa saja terjadi akibat telat ganti oli atau kerja mobil berat ( sering melaju di tanjakan ).

Ciri ciri transmisi mobil matic rusak pada umumnya di awali dengan perpindahan gigi yang kurang responsif, tenaga lemah, dan boros bahan bakar. Jika di abaikan maka biaya kerusakan pada mobil matic justru semakin mahal.

Petunjuk cara parkir mobil matic secara paralel maupun sejajar

Apakah mobil matic cepat rusak

Pabrikan mobil sudah melakukan desain mobil secara maksimal. baik itu mobil matic maupun yang transmisi manual. Setiap kerusakan pada kendaraan tentu ada penyebabnya. Dan yang paling umum kerusakan mobil disebabkan oleh cara dan gaya mengemudi sang sopir.

Jangankan mobil matic. Mobil transmisi manual yang katanya lebih bandel saja jika di buat kebut kebutan dan asal injak gas juga tidak berumur lama. Jadi kesimpulannya adalah gaya berkendara yang jadi kuncinya. Meskipun demikian untuk semakin membuat mobil matic anda semakin awet dan tetap responsif, perhatikan hal hal berikut :

  • Ganti oli mesin setiap pemakaian 5.000 kilomater
  • Penggantian oli transmisi setiap 15 – 20.000 kilometer ( pabrikan biasanya 40 rb KM ). Ganti oli transmisi total.
  • Saat melewati tanjakan curam oper ke gigi manual, demikian juga saat di turunan tajam ( keamanan )
  • Mobil transmisi otomatis akselarasi tidak spontan selaras dengan injakan gas. Sehingga lakukan injakan pedal gas secara lembut dan berjenjang. Mobil matic tidak bisa di paksa dengan injakan gas dalam dalam secara cepat.
  • Saat oper ke gigi manual, lakukan dengan benar. Pindahkan gigi porsneleng saat pedal gas bebas
  • Tips belajar cara mengemudi mobil matic bagi pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *