Cara memperbaiki seal kaca mobil bocor

Seal kaca mobil bocor seringkali tanpa sebab yang jelas. Paling sering kaca mobil bagian depan maupun kaca pintu mobil rembes dan bocor saat hujan lebat. Lantas bagaimana cara memperbaiki kebocoran seal kaca mobil. Agar supaya tidak mengalami kebocoran kembali saat hujan lebat.

Pada mobil generasi tua suka menjengkelkan karena rembes saat melaju di jalanan dan terperangkap hujan lebat. Sehingga tanpa di sadari bagian dalam dashboard kendaraan basah oleh air hujan. Apa saja penyebab kaca mobil rembes saat hujan.

Pada umumnya disebabkan oleh seal kaca mobil yang mulai berkurang daya elastisitasnya. Sehingga tekanan ke kaca menjadi berkurang. Sebagaimana di ketahui bahwa seal kaca pada kendaraan ini berfungsi untuk merapatkan kerenggangan kaca dan bodi mobil.

Sehingga jika kaca tidak elastis dan keras. Maka saat kaca jendela mobil di gerakkan naik turun akan terdapat celah. Meskipun hampir tidak terlihat oleh mata telanjang. Saat ada air di caka mobil akan bisa masuk atau hanya rembes.

Penyebab seal kaca mobil bocor

Sebelum melakukan perbaikan kebocoran atau rembesan yang terjadi pada kaca kendaraan. Ada baiknya anda cek dan memperhatikan dengan seksama penyebab kebocoran yang terjadi. Dengan demikian nantinya anda bisa melakukan perbaikan dengan tepat.

Seperti diketahui ada banyak penyebab terjadinya kebocoran pada seal kaca kendaraan. Karena keadaan ini bisa dialami oleh semua jenis kendaraan. Baik itu mobil pribadi, bus, truk, maupun angkutan umum. Berikut beberapa penyebab seal bocor pada kaca mobil.

*Elastisitas seal telah berkurang dan mengeras
*Sering terkena pancaran sinar matahari langsung ( parkir )
*Terkena tumpahan minyak rem
*Tertusuk benda tajam

Meskipun sangat jarang terjadi, ada saja kasus kunci ketinggalan dalam mobil. Untuk mengambil anak kunci yang terperangkap dalam ruang mobil inilah biasanya dengan cara membuka karet seal kaca. Hal demikian tentu saja membuat karet terluka, lecet, atau bahkan sobek.

seal kaca mobil bocor

Cara memperbaiki kaca depan mobil yang rembes

Saat seal kaca depan mobil anda bocor atau rembes tidak perlu panik. Bahkan anda bisa memperbaiki sendiri rembesan kaca depan mobil. Tidak banyak peralatan yang di gunakan. Anda cukup membeli lem sealer atau lem sealant yang banyak di beli di pasaran. Biasanya toko onderdil mobil menjual lem sealer. Atau bisa juga membeli secara online.

Lem Silicone Sealant Dextone 70 gram harga Rp 13.000
Harga Weatherproof Silicone Sealant Neutral Rp29.000
Lem Silicone Sealant DOWSIL Acid 300ml harga Rp 32.000
Lem Silicone Sealant Acetic Plus Gun harga Rp 42.500Silicone Sealant Wacker GP 270ml harga Rp 24.500

Cara menggunakan lem silicon kaca depan mobil ini cukup mudah. Sebaiknya pilih yang warna netral ( bening ). Untuk hasil terbaik bersihkan bagian yang akan di lem dari debu dan minyak. Dan biar nggak blepotan, maka bagian yang tidak di lem bisa di tutup dengan isolasi.

Pasaran harga kaca film mobil terbaru

Cara memperbaiki seal kaca pintu mobil

Perbaikan karet seal kaca pintu mobil sangat jarang di lakukan. Namun demikian jika seal sudah sangat keras akan berpengaruh pada naik turun kaca. Dan kadang terasa agak berat di sertai bunyi berdecit. Pada umumnya jika kaca mobil bocor atau rembes akan langsung turun ke bawah pintu. Sehingga keadaan ini jarang diketahui oleh pemilik kendaraan. Namun demikian jika seal sudah keras sebaiknya ganti yang baru.

Untuk kaca samping kendaraan yang tidak bergerak. Tentunya bisa dengan penambahan silicon. Dan sesuaikan dengan warna seal sebelumnya. Jangan lupa tutup bagian yang tidak di inginkan dengan isolasi kertas.

Info kendaraan lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *