Cara buka CVT honda beat untuk menghilangkan getaran saat tarikan pertama

Getaran motor matic seperti Honda Beat saat tarikan pertama bisa disebabkan oleh kotoran atau debu yang menumpuk. Sebagaimana diketahui bahwa sepeda motor matic seperti Honda Beat menggunakan V belt, sehingga akibat gesekan saat putaran tinggi menghasilkan debu debu halus.

Agan tidak perlu pergi ke bengkel untuk membersihkan kotoran di ruang CVT motor matic. Perlu diketahui bahwa cara buka CVT Honda Beat cukup mudah, sehingga anda bisa mengerjakan sendiri. Tentunya memerlukan kunci atau alat khusus. Namun jangan kuatir, sebab hanya menggunakan kunci shock dan kunci L saja.

Cara membongkar CVT Honda Beat tidak memerlukan waktu lama, bahkan tidak sampai 2 jam. Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Pada umumnya sepeda motor jenis matic menimbulkan getaran atau gredek gredek saat tarikan gas pertama atau saat mau jalan.

Meskipun banyak penyebabnya, namun bisa saja karena hal sepele. Dan salah satunya yakni akibat kotoran yang mengganggu putaran V belt. Tentu debu debu halus harus dibersihkan supaya kerja V Belt maksimal. Dengan demikian anda bisa melakukan servis kecil.

Cara membongkar CVT Honda Beat

Untuk mengurangi getaran yang terjadi pada saat tarikan awal motor Honda Beat. Cobalah bersihkan ruang CVT yang biasanya banyak kotoran debu. Sehingga anda bisa mencoba membersihkan logam logam yang berada di ruang CVT. Caranya cukup mudah. Dan tidak harus membawa motor beat anda ke bengkel.

Bahkan bongkar pasang CVT motor matic tidak memerlukan teknik sama sekali, sehingga jika anda mau dan banyak waktu bisa mencoba sendiri. Carilah waktu luang untuk pekerjaan ini. Paling juga tidak lama, hanya satu atau dua jam saja, maka pekerjaan anda sudah beres.

Jika anda belum paham atau baru pertama kali buka bagian CVT motor skutik matic. Bisa mengikuti cara buka CVT dengan peralatan yang cukup sederhana, yakni kunci L dan Shock. Berikut tata cara bongkar CVT Honda Beat selengkapnya.

Peralatan yang digunakan

  • Obeng kembang
  • Kunci shock Tukuran 8mm
  • Kunci L ukuran 5mm
  • Kuas dan sabun untuk membersihkan
  • Tekanan angin tinggi ( optional )

Cara buka CVT honda beat

Petunjuk buka CVT Honda Beat

  1. Buka saringan udara
  2. Buka baut engkol dan lepas
  3. Buka CVT bagian depan, biasanya dengan kunci L 5mm
  4. Buka baut baut CVT dengan kunci shock T ukuran 8mm
  5. Tarik keluar / congkel secara perlahan

Cara membersihkan ruang CVT motor matic

Ruang CVT Honda Beat

Nah setelah tutup atau box CVT terlepas, berikutnya bersihkan debu debu yang menempel. Cara membersihkan ada dua cara.

  • Cara pertama dengan semprotan angin tekanan tinggi ( rekomendasi ). Jika tidak punya, bisa bawa motor ke tukang tamban ban terdekat.
  • Atau bersihkan dengan cairan pembersih ( sabun ) dan bilas hingga benar benar bersih. Dan pastikan sudah benar benar kering sebelum di tutup kembali.

Oh ya, jika agan membersihkan dengan air, maka jangan kaget jika ada suara berisik. namun hal ini hanya beberapa saat saja dan akan hilang dengan sendirinya.

Itulah tips mudah cara menghilangkan getaran saat tarikan pertama motor honda beat atau kebanyakan sepeda motor matic jenis lainnya seperti juga pada Honda Vario. Dengan membersihkan debu yang menempel pada ruang CVT motor matic, maka getaran akan banyak berkurang. Sehingga anda belum waktunya mengganti CVT secara keseluruhan.

Banyak anggapan salah jika motor matic gredek gredek saat tarik gas pertama ditimbulkan oleh aksesoris CVT yang sudah aus. Meskipun ada benarnya, namun bisa saja disebabkan oleh kotoran menumpuk di ruang CVT setelah motor digunakan selama beberapa tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker