Apakah mobil bekas kebanjiran masih bisa diperbaiki?

Jangan khawatir mobil bekas kebanjiran masih bisa normal kembali. Lantas berapa biaya perbaikan kendaraan yang terendam banjir? Tentu saja sangat tergantung dari seberapa tinggi kendaraan anda kemasukan air banjir. Pada hakekatnya mobil kebanjiran tidak mengalami kerusakan parah jika hanya terendam sebagian. Sebab peralatan dan komponen vital kendaraan sebagian besar berada di bagian atas. Lain halnya jika kendaraan anda terendam seluruhnya hingga sampai kap atas. Lantas berapa sih biaya perbaikan mobil yang terendam banjir atau mobil hanyut?

Perlu diketahui bahwa tidak semua mobil yang terendam air banjir harus di bawa ke bengkel untuk perbaikan. Bahkan anda bisa lho mencoba memperbaiki sendiri. Tentu saja tergantung seberapa parah atau seberapa tinggi mobil anda basah oleh air hujan. Kalau begitu apakah bisa mobil yang sudah terlanjur kebanjiran kembali normal 100 %. Tentu saja secara teori bisa kembali normal kembali. Namun pada kenyatannya sangat sulit jika kembali seperti sedia kala. Meskipun demikian jangan kuatir mobil anda masih bisa ngacir kembali. Karena sebab inilah maka setelah diperbaiki banyak pemilik kendaraan pribadi menjual kembali mobilnya dengan harga miring. Biasanya banyak mobil bekas harga murah setelah musim banjir.

Berapa biaya perbaikan kendaraan maupun mobil pribadi usai terendam air banjir. Tentu semua itu tergantung dari seberapa parah kerusakannya. Biasanya biaya perbaikan dapat ditentukan oleh seberapa tinggi mobil anda terendam air atau kebanjiran. Hal paling ringan adalah ketika mobil terendam hanya pada karpet dalam kendaraan. Meskipun demikian jangan remehkan, karena tetap memerlukan perbaikan yang cukup detil. Hal paling parah saat dashboard mobil anda terendam air banjir. Karena di sanalah terdapat aksesoris elektronik dan ECU mobil yang sangat mahal dan sangat rentan terhadap zat cair. Dan sudah bisa di duga biaya yang cukup besar untuk mengganti semua itu.

Disamping itu peralatan elektromik yang terutama berhubungan dengan sistem keamanan dan kenyamanan kendaraan juga wajib diganti dengan yang baru. Sebab sistem sistem dalam mobil seperti pre-loader, cruise control, Airbag, TRC, ABS, ECU seharusnya ganti dengan yang baru. Sebab meskipun masih mampu bekerja tetap tidak akan maksimal. Untuk mengurangi biaya perbaikan, ada baiknya untuk sementara disable atau di nonaktifkan dahulu. Lebih dari itu pada umumnya setelah melakukan perbaikan di sana sini, lantas menjual mobil bekas banjir dengan harga di bawah harga pasaran. Untuk itu baca kembali Cara over kredit mobil bekas paling aman

Demikian juga dengan kabel kabel yang terendam juga sudah kurang bisa berfungsi dengan baik. Tentu saja biaya perbaikan mobil yang terendam banjir seluruhnya, apalagi sampai hanyut diterjang banjir menjadi sangat mahal. Untuk itulah di masa mendatang jika kebetulan daerah anda merupakan tempat langganan banjir, maka sebaiknya kendaraan adalah hal paling utama yang mesti diselamatkan. Masih untung jika hanya terendam sampai karpet saja. Itupun jika tidak segera dibersihkan akan mendatangkan aroma tidak sedap yang cukup lama.

mobil terendam banjir

Jika di hitung hitung kerusakan kendaraan setelah terendam air bah atau kebanjiran menjadi begitu kompleks. Tentu saja setiap jenis kendaraan akan mengalami kerusakan yang bervariasi. Namun demikian biaya yang mesti anda keluarkan juga relatif tergantung mobil yang anda punya. Pada umumnya semakin mahal dan canggih mobil milik anda yang terendam banjir, maka akan semakin besar biaya yang mesti anda keluarkan. Terlebih kendaraan eropa yang notabene semua mesti impor. Kalau untuk mobil Jepang seperti mobil Honda biaya perbaikan masih relatif terjangkau, karena spare part yang cukup memadai.

Lantas langkah pertama apa yang mesti anda ambil saat mengetahui mobil sudah terendam banjir. Untuk meminimalkan banyaknya kerusakan dan biaya besar. tentunya ada tindakan awal yang mesti anda lakukan, supaya kerusakan komponen mobil, baik itu komponen dan sistem kelistrikan maupun komponen dalam sistem penggerak kendaraan. Sebagaimana diketahui bahwa air banjir identik dengan air kotor dan berlumpur. Sehingga anda semestinya melakukan hal hal berikut! Inilah yang harus anda lakukan saat mobil terendam banjir :

  • Secepatnya tarik mobil anda dari tempat banjir. Jangan tunggu lebih lama lagi. Jangan lupa lepaskan juga aki mobil.
  • Amati dan cek daerah mana saja yang telah kemasukan air.
  • Jika hanya sampai karpet, maka sebaiknya cepat lepas kursi jok dan juga karpet mobil, lantas keringkan.
  • Namun jika mobil terendam hingga setinggi dashboard, cepat buka dan lepaskan, bersihkan dan semprot dengan angin kompresor. Komponen komponen kelistrikan akan mudah patah jika terkena air kotor
  • Semprot semua bagian tergenang dengan air bersih supaya tidak menimbulkan karat
  • Pada prinsipnya bersihkan semua bagian yang terkena genangan air
  • Setelah semua bersih, langkah selanjutnya anda bisa membawa ke bengkel terdekat.

Jangan sampai terjadi setelah kendaraan terendam banjir anda percayakan seratus persen pada bengkel tanpa anda bersihkan dahulu. Sebab air banjir yang menempel beserta lumpur bisa menimbulkan kerusakan yang cukup parah. Belum tentu juga langsung dikerjakan oleh bengkel karena biasanya terjadi antrean panjang. Nah untuk antisipasi kerusakan kendaraan di masa mendatang akibat bencana alam, sudah waktunya untuk memikirkan kembali program asuransi mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *