Apa perbedaan prima xp 10w-40 API SL dengan prima xp 20w-50 API SJ

Apa saja perbedaan jenis oli prima xp 10w-40 dengan prima xp 20w-50. Dengan mengetahui jenis oli prima xp, maka anda akan lebih paham penggunaannya.

Sebagaimana diketahui bahwa oli mesin mempunyai fungsi vital sebagai minyak pelumas gigi gigi mesin kendaraan karena terjadinya gesekan.

Penggunaan oli mesin pada sebuah kendaraan dapat memperlancar dan melindungi logam ( mesin ) dari gesekan gesekan saat kendaraan dihidupkan.

Oleh karena itu memilih oli mesin dengan performa terbaik mutlak diperlukan. Banyak merk oli kualitas bagus di pasaran yang bisa anda pilih.

Dengan demikian jika sebuah kendaraan menggunakan oli mesin yang tidak sesuai dengan peruntukannya, akibatnya mesin cepat rusak.

Karena ausnya logam logam mesin yang saling bergesekan, akibat tanpa perlindungan yang maksimal, salah satunya oli mesin kualitas jelek.

Khususnya pada jenis kendaraan modern ( keluaran terbaru ) yang sangat memperhatikan presisi ( ketelitian ) mesin yang tinggi.

Disamping itu meskipun anda telah menggunakan oli mesin kendaraan yang bagus dan sesuai dengan rekomendasi.

Untuk mendapatkan hasil terbaik adalah melakukan penggantian oli mesin sebelum waktu penggantian habis, sehingga terhindar dari gesekan logam.

Pabrikan kendaraan mobil maupun sepeda motor biasanya telah mencantumkan merek maupun jenis oli mesin untuk kendaraan produknya.

Pabrikan kendaraan tersebut telah melakukan riset / penelitian yang mendalam tentang jenis oli mesin yang sesuai dengan kriteria mesin kendaraan produknya.

Meskipun demikian awet tidaknya kendaraan anda juga tidak hanya bergantung pada jenis oli mesin apa yang anda pakai, namun juga tergantung dari bagaimana cara anda mengendarai kendaraan. Ada baiknya juga untuk cek level oli secara teratur, sehingga jika terjadi jumlah oli mesin berkurang cepat ketahuan.

Oleh karena itu sebaiknya pemilik kendaraan ( baru ) menggunakan merek oli mesin yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan. Mengapa harus memakai oli rekomendasi yang kadang tidak sama dengan selera pemilik kendaraan. Hal ini bisa dimaklumi, namun demikian selama masa garansi mesin belum habis.

Maka sebaiknya anda tetap menerapkan jenis oli mesin sesuai rujukan pabrikan kendaraan anda, karena jika terjadi kerusakan mesin dan kebetulan anda menggunakan jenis oli lain, maka hal ini bisa dijadikan alasan garansi tidak berlaku. Ketika masa garansi telah lewat, maka anda bebas menggunakan jenis dan merek oli sesuai dengan selera anda.

Setiap pembelian kendaraan baru biasanya disertai dengan jaminan mesin kendaraan dan komponen lainnya. Jika suatu saat selama masa garansi kendaraan anda bermasalah dan anda menggunakan jenis oli yang tidak sesuai dengan merek oli rekomendasi pabrikan kendaraan, maka sudah pasti komplain anda akan ditolak mentah mentah. Oleh sebab itu disarankan untuk mengikuti aturan pabrik kendaraan anda, baik itu mobil atau motor. Lihat juga harga mobil suzuki baru

perbedaan prima xp

Menanggapi pertanyaan mas Azis tentang “Apa perbedaan prima xp 10w-40 API SL dengan prima xp 20w-50 API SJ”, maka berikut kami sampaikan performa dari setiap jenis oli tersebut :

Prima xp 10w-40 API SL Prima xp 20w-50 API SJ
PERFORMA
Minyak pelumas yang didesain untuk mesin bensin dengan bahan dasar oli semi sintetis dengan penambahan zat aditif (RN additive) Minyak pelumas yang didesain untuk mesin bensin dengan bahan dasar oli semi sintetis dengan penambahan zat aditif (RN additive)
STANDAR MUTU
Sesuai dengan tingkatan mutu API SL dengan persyaratan API CF dan ACEA A2-96/B2-98 Sesuai dengan tingkatan mutu API SJ dengan persyaratan API CF, ACEA A2-96/B2-98 dan JASO MA
KEUNGGULAN
Mempunyai tingkat kekentalan ganda sehingga mampu melindungi logam mesin pada putaran rendah maupun tinggi.2. Tahan terhadap oksidasi dan panas.3. Mencegah pembentukan kerak ( deposit ) Mempunyai tingkat kekentalan ganda sehingga mampu melindungi logam mesin pada putaran rendah maupun tinggi.2. Tahan terhadap oksidasi dan panas.3. Mencegah pembentukan kerak ( deposit )
REKOMENDASI
Kendaraan dengan sistem Direct Injection dan multikatup Kendaraan dengan multikatup sistem DOHC ( Twin Cam )
PENGGUNAAN
Mesin bensin Mesin bensin & mesin diesel (tugas sedang)
HARGA
Rp. 41.250,- Rp. 32.000,-
MASA PAKAI
10.000 km 7.500 km

Harga oli Prima xp 10w-40 API SL dan Prima xp 20w-50 API SJ dapat saja berbeda pada setiap toko oli. Cek harga oli merek shell helix, castrol, Pertamina, Petronas, ELF, CONOCO, CALTEX, AGIP, ARAL, dan VALVOLINE. Pelajari lebih detil tentang bagaimana cara memilih oli kendaraan yang benar.

Info otomotif lainnya

  • mobil bekas terbaik

    Mobil bekas terbaik banyak dicari konsumen, khususnya mereka yang membeli kendaraan untuk digunakan sendiri. Namun yang terjadi justru sebaliknya, karena seringkali pihak konsumen perorangan ini mendapatkan mobil bekas yang harganya selangit. Lantas bagaimana cara mencari mobil bekas terbaik yang harga jualnya

    Baca lebih lengkap
  • Mobil bekas murah harga 70 jutaan, pilih yang mana

    Harga MobilNissan March 2011

    Banyak pilihan mobil bekas harga murah pasaran 70 jutaan, pilih yang mana yang paling sesuai dengan kendaraan kebutuhan anda. Tidak perlu khawatir sebab kondisi mobil seken harga 70 jutaan masih layak pakai, jika anda pintar

    Baca lebih lengkap
  • Penjualan mobil listrik terkendala harga baterai mahal

    Berkendarapenjualan mobil listrik

    Penjualan mobil listrik di Indonesia masih belum bergejolak sesuai harapan. Selain harga mobil listrik yang masih mahal, juga terkendala dengan harga baterai sangat mahal. Sehingga konsumen masih belum yakin untuk membeli salah satu jenis mobil listrik

    Baca lebih lengkap
  • List daftar harga mobil Toyota Fortuner bekas

    Harga MobilToyota Fortuner bekas

    Harga mobil toyota fortuner bekas merosot tajam dari masa sebelumnya. Lihat cek list daftar harga mobil toyota bekas fortuner hari ini. Berikut info daftar harga mobil Toyota Fortuner bekas

    Baca lebih lengkap
  • Empat jenis mobil listrik dijual saat ini

    Berkendarajenis mobil listrik

    Jenis mobil listrik yang dijual saat ini semakin banyak variannya. Paling tidak ada 4 jenis mobil listrik yang bisa anda pilih untuk melaju di jalanan. Ada 4 jenis kendaraan tenaga listrik, seperti : Battery Electric Vehicle (BEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Hybrid (HEV), dan Hydrogen Fuel Cell.

    Baca lebih lengkap
  • Daftar alamat lengkap dealer resmi Daihatsu di Jakarta terdekat

    Perawatan Mobildealer resmi Daihatsu

    Yuk cari daftar alamat lengkap bengkel dan dealer resmi Daihatsu yang tersebar di kota Jakarta. Kunjungi alamat dealer resmi mobil Daihatsu terdekat dari rumah anda

    Baca lebih lengkap
  • One Comment

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Adblock Detected

    Please consider supporting us by disabling your ad blocker