Home >> Type Ban >> Cara memilih ban truk radial yang benar

Cara memilih ban truk radial yang benar

Semakin berkembangnya dunia usaha tentu tidak terlepas dari kendaraan pengangkut barang. Di Indonesia kendaraan pengangkut barang ( truk ) sangat mempunyai andil yang besar untuk menunjang kelancaran dunia usaha. Sehingga memilih kualitas ban truk merupakan langkah penting anda sebagai pemilik usaha bisnis. Namun bagaimana cara memilih ban truk yang benar.

Harga ban radial hampir seimbang dengan harga ban dari jenis atau produk lain seperti ban bias. Namun karena ban radial lebih banyak digunakan untuk jenis kendaraan besar seperti truk, bus, maupun trailer. Ban radial juga menggunakan ban dalam. Hal ini sesuai dengan fungsinya sebagai penahan berat. Ban truk harus mampu menahan berat. Hal ini sesuai dengan fungsi truk sebagai pengangkut barang. Daftar harga ban radial bisa anda dapatkan di distributor atau toko khusus penjualan ban.

Kendaraan pengangkut barang seperti truk didesain untuk mengangkat ( memuat ) barang dalam jumlah besar, sehingga tentu membutuhkan kaki penyangga yang baik termasuk menggunakan ban bermutu tinggi. Memilih ban jenis radial dapat dijadikan alternatif. Sebab ban radial mempunyai banyak kelebihan. Apa itu ban radial.

Pada dasarnya type / jenis radial dapat diaplikasikan untuk semua jenis kendaraan termasuk penggunaan pada truk dan bus. Ban radial berfungsi dengan baik hampir pada semua type jalan. Pada jalan aspal, jalan berbatu, maupun jalan basah. Hal ini disebabkan karena menggunakan gulungan kawat yang tertanam rapi di bagian pinggir.

Lingkaran kawat inilah yang menyebabkan kekuatan pada ban radial. Sehingga beban truk yang berat dapat ditopang sempurna dengan ban jenis radial. Dilihat sepintas ban radial akan tampak kaku dan keras. Namun sebenarnya ban jenis ini tetap dapat merespon kondisi jalan dengan baik.

ban truk radial

Keunikan maupun keunggulan ban jenis radial terbukti dan dapat merespon dengan baik ketika kendaraan menikung maupun pengereman mendadak. Dengan demikian jenis ban ini dapat memberikan kontrol secara maksimal. Sehingga faktor keamanan menjadi lebih terjamin. Namun sebagai seorang pengemudi tetap harus waspada dan memperhatikan setiap rambu lalu lintas yang dipasang di pinggir jalan.

Pemilihan alur ban juga sebaiknya disesuaikan dengan penggunaannya, sehingga dapat memberikan daya cengkeram secara penuh. Namun sebagian besar produk ban menciptakan beraneka ragam bentuk alur / tapak tanpa memberikan masukan cara penggunaannya. Sehingga pemilihan alur / kembang menjadi pilihan bebas pihak pembeli tanpa mengerti untuk penggunaan medan jalan.

Namun yang perlu diperhatikan adalah cara pemasangan ban itu sendiri. Pihak produsen ban sudah mencantumkan tanda putaran ban yang biasanya menggunakan tanda anak panah. Jika anda belum paham tentang cara memasang ban, sebaiknya serahkan pada yang ahlinya. Pemasangan ban yang baik dapat memperpanjang masa penggunaan ban, karena karet ban tidak cepat menipis.

Jangan remehkan ukuran ban. Setiap jenis kendaraan termasuk truk telah mengalami tes drive dan kajian yang mendalam tentang berapa ukuran ban yang paling cocok. Sehingga mengganti ukuran ban ( lebih besar atau lebih kecil ) tentu akan berpengaruh pada kestabilan dan kekuatan kendaraan. Penggantian ukuran yang tidak sesuai dengan rekomendasi produsen juga akan berpengaruh pada laju kendaraan. Apalagi jika anda membeli truk bekas, sebab harga truk bekas tentunya lebih murah.

Namun demikian tentunya memerlukan penelitian saat anda membeli maupun memilih mobil truk bekas, sebab kendaraan tipe besar yang satu ini seperti kita tahu sebagai kendaraan niaga yang mempunyai jam terbang tinggi, sehingga tentu banyak memiliki kekurangan di sana sini. Untuk dapat memilih truk seken yang masih handal, tentunya mengharuskan anda untuk memiliki pengalaman dalam hal mesin dan bodi truk, jika anda ragu, dapat baca petunjuk kami tentang cara menawar harga mobil bekas.

Hal lain yang harus anda perhatikan dan sebaiknya selalu anda kontrol adalah tekanan angin ban. Sebaiknya tekanan angin disesuaikan dengan rekomendasi pabrik kendaraan. Kekurangan tekanan angin dapat membuat ban cepat panas dan juga cepat mengikis ban. Tetapi jika kelebihan akan membuat perjalanan anda tidak nyaman.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *