Home >> Suku Cadang >> Tips memilih ban mobil dan tips membeli ban mobil

Tips memilih ban mobil dan tips membeli ban mobil

Bagaimana cara memilih ban mobil. Berikut tips cara membeli ban mobil harga murah. Apa saja petunjuk cara membeli ban mobil dengan benar. Beberapa merek ban mobil terbaik. Bagaimana sebenarnya masa pakai sebuah produk ban. Usia ban sebenarnya hanya sekitar 6 hingga 8 tahun. Tips cara memilih ban mobil dan bagaimana cara membeli ban mobil. Tidak ada cara khusus saat anda akan mengganti ban mobil anda. Namun yang paling penting anda perhatikan bahwa sebuah produk ban memiliki masa kadaluarsa, sehingga setelah pemakaian anda telah melampaui masa pakai ban ini tentunya harus secepatnya dilakukan penggantian ban. Mengapa usia ban penting?

Secara umum ban sebuah kendaraan mempunyai tugas tugas penting khususnya untuk keselamatan dan kenyamanan anda saat berkendara. Lantas apa sebenarnya fungsi ban bagi sebuah kendaraan, pelajari fungsi utama ban pada sebuah kendaraan. Bagi kendaraan besar seperti truk, tentunya penggunaan ban cukup boros karena muatan berat. Jika kendaraan anda sering melaju di jalanan berbatu, akan lebih awet jika menggunakan ban truk radial yang dilapisi kawat pada lingkaran pinggirnya.

Secara umum ban sebuah kendaraan akan dapat berfungsi baik dan nyaman sekitar 6 hingga 8 tahun. Namun demikian setelah pemakaian beberapa tahun ternyata ban sudah tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini disebabkan oleh karet ban yang telah kehilangan daya elastisnya. Dengan demikian ban juga harus dirawat dengan baik dan benar. Bagaimana cara merawat ban sebuah kendaraan.

Lantas bagaimana cara membeli ban bermutu dan berkualitas baik. Usia ban sangat terbatas, sehingga anda tidak dapat menggunakan ban untuk jangka waktu yang cukup lama. Perhitungan usia atau umur ban dimulai saat ban selesai dibuat. Sejak itulah maka usia atau umur ban semakin berkurang. Jadi pemakaian ban kendaraan tidak begitu berpengaruh pada lama tidaknya kendaraan digunakan.

Oleh sebab itu ketika anda akan melakukan pembelian ban mobil, maka yang sebaiknya anda perhatikan adalah usia ban dan kembang atau alur ban. Hal demikian sangat penting sebab penggunaan ban yang salah dapat berakibat fatal saat berkendara. Disamping itu penggantian ban mobil juga mesti dilakukan secara teratur, sebagaimana diketahui bahwa kenyamanan dan keamanan dijalan raya juga bisa dipengaruhi oleh kembang dan usia ban mobil anda.

memilih ban mobil

Tanggal produksi ban kendaraan biasanya terletak pada bagian samping luar. Untuk memperpanjang usia pemakaian ban maka saat membeli ban usahakan mendapatkan ban mobil yang baru diproduksi, sehingga penggunaan ban mobil anda akan dapat bertahan antara 5 hingga 8 tahun.

Loading...

Ban mobil terbaik adalah produk ban yang mempunyai kandungan karet lebih besar dari pada kandungan bahan lain pembuatan ban kendaraan. Penggunaan ban mobil yang melebihi masa akhir usia ban dapat berakibat buruk.

Ban yang mempunyai tampilan sangat keras dapat mengakibatkan perjalanan anda kurang menyenangkan karena daya elastisnya berkurang. Disamping itu menggunakan ban mobil yang telah melewati batas akhir tanggal kadaluarsa tidak dapat dibenarkan karena dapat membahayakan keselamatan anda.

Ban dalam mobil sudah mulai banyak ditinggalkan khususnya kendaraan pribadi, namun pada sebagian pengemudi kendaraan type besar masih banyak yang menggunakan ban dalam. Sering kita lihat bahwa truk dan bus sering melakukan penambalan ban dalam. Sedangkan untuk mobil pribadi sudah sebagian besar telah menggunakan ban tubelles.

loading...

Leave a Reply