Home >> Spesifikasi Ban >> Tips cara membeli dan memilih ban motor maupun mobil yang aman

Tips cara membeli dan memilih ban motor maupun mobil yang aman

Bagaimana cara memilih ban motor maupun ban mobil sehingga dapat memberikan kenyamanan sekaligus keamanan saat berkendara di jalan raya. Membeli ban mobil maupun ban motor tidak bisa asal membeli, sebab saat ini berbagai model maupun type kembang ban yang dijual di pasaran. Sehingga anda seharusnya membeli dan memilih ban yang sesuai dengan kriteria kendaraan anda.

Pabrik ban kendaraan tidak menjamin sepenuhnya keamanan anda saat melaju di jalan raya, namun demikian merek ban dapat dijadikan pedoman untuk mendapatkan ban yang berkualitas dan awet. Sebab merek terkenal biasanya menjaga kualitas produk ban kendaraan. Meskipun demikian biasanya merek ban terkenal menawarkan harga lebih mahal. Beberapa merek ban yang telah teruji kualitasnya adalah : IRC, FDR, bridgestone, champiro, dan dunlop. Ada pulan ban dari cina seperti ban aeolus dan hankook.

Tidak semua ban sesuai dengan motor atau mobil anda sebab sebenarnya jenis ban lumayan banyak, sehingga anda harus memilih jenis ban yang sesuai dengan roda kendaraan anda khususnya ukuran velg kendaraan. Berbagai macam jenis ban mobil seperti : ban radial, ban tubles, dan ban bias. Setiap jenis ban tentunya mempunyai fungsi dan kegunaan tersendiri. Sebagai contoh : jenis ban untuk balap motor tentu berbeda dengan jenis ban untuk melaju di jalan raya.

Memilih ban motor sebenarnya tidak semudah yang dibayangkan. Banyak kecelakaan yang disebabkan oleh kesalahan dalam memilih jenis dan kembang ban motor. Dampak langsung dari kesalahan memilih ban adalah laju motor tidak stabil dan cenderung licin khususnya saat melewati lajur jalan garis di cat putih. Jika anda membiarkan kesalahan ini bukan tidak mungkin suatu saat anda akan tergelincir saat terjadi pengereman mendadak atau saat melewati jalan licin.

Kesalahan dalam memilih ban motor ini juga berdampak pada konsumsi bahan bakar bertambah boros, meskipun tidak secara signifikan namun pemakaian bahan bakar yang boros tentunya akan menambah biaya operasional pembelian BBM apalagi saat sekarang harga BBM naik sebesar 2000 rupiah. Namun ada satu hal yang mengherankan, saat harga bbm naik dari 6500 menjadi 8500 justru banyak pengendara motor beralih ke pertamax yang tentunya harganya akan semakin bertambah mahal, tentu hal ini menambah biaya pembelian bbm menjadi jauh lebih besar.

cara memilih ban

Mengingat pentingnya membeli dan memilih ban motor yang sesuai dengan kendaraan anda sehingga kenyamanan dan keamanan tetap terjaga, maka admin distributorbanradial.com berupaya memberikan tips memilih ban motor semoga dapat bermanfaat khususnya bagi pembaca setiap website ini.

Tips memilih ban motor

  • Pilih telapak atau kembang ban sesuai dengan penggunaan motor anda. Misalnya anda menggunakan motor untuk kerja harian di dalam kota, maka pilih kembang ban dengan alur sedang. Kembang ban kasar untuk permukaan jalan rusak dan cenderung basah. Namun sebagian kawula muda lebih senang menggunakan ban dengan kembang lembut ( kecil ).
  • Pilih alur ban sedemikian rupa sehingga alur ban sesuai untuk kondisi basah maupun kering. Ban yang di jual di indonesia kebanyakan telah memperhitungkan iklim indonesia, namun cenderung lebih bagus untuk jalanan kering. Dengan demikian tetap hati hati saat melewati jalanan basah khususnya jalan berlumpur.
  • Memilih ban mobil tidak jauh berbeda dengan memilih ban motor. Namun sebagian besar mobil pribadi sebaiknya memilih ban dengan kembang alur sedang. Untuk kendaraan besar yang sering melewati jalan rusak seba.iknya memilih alur sedikit kasar
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *