Home >> Spesifikasi Ban >> Cara membaca ukuran ban truk

Cara membaca ukuran ban truk

Saat anda mengemudikan truk pastikan menggunakan ukuran ban yang direkomendasikan. Pelajari cara membaca ukuran ban truk. Hal ini cukup penting sebab keselamatan saat berkendara juga bergantung pada ukuran ban yang anda gunakan. dengan menggunakan ukuran ban truk yang benar maka kenyamanan saat berkendara akan tercipta.

Bagaimana cara mudah membaca ukuran ban kendaraan. Sebenarnya setiap ban kendaraan mencantumkan detil spesifikasi ban. Tidak ada salahnya anda mengerti cara membaca ukuran ban. Banyak keuntungan yang didapat, salah satunya anda akan mengetahui dengan pasti jenis dan ukuran ban yang sesuai untuk kendaraan anda. Bagi seorang pengemudi sebaiknya paham dan mengerti tentang ukuran ban dan cara membacanya. Setiap produk ban pasti mencantumkan ukuran ban secara detil. Dengan membaca ukuran ban, maka pengemudi akan dapat mengetahui cara menggunakan ban tersebut. Yuk belajar mengemudi mobil dengan cepat.

Ukuran ban biasanya mencantumkan : ukuran ring, lebar ban, beban maksimal, dan lainnya. Sehingga dengan mempelajari ukuran ban, maka anda dapat mencocokan ukuran ban yang anda gunakan untuk kendaraan anda dan apakah sudah sesuai dengan peruntukannya.

Sehingga jika anda berencana merubah ukuran tebal maupun lebar ban tidak jauh berbeda dengan ukuran ban yang direkomendasikan produsen kendaraan. dengan demikian faktor keselamatan akan lebih terjamin asalkan anda tidak melanggar batas maksimal yang di ijinkan.

Namun pada kenyataannya kita sering mendengar tentang pecah ban ketika sedang digunakan. Hal ini kebanyakan disebabkan oleh berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh pengemudi. Untuk mengejar keuntungan lebih besar, maka biasanya pengemudi memberikan muatan lebih pada kendaraannya. Hal ini sebenarnya justru sangat berbahaya dan dapat berakibat fatal, misalnya pecah ban saat digunakan di jalan raya. Untuk itu sebaiknya anda kembali melihat undang undang lalu lintas.

ukuran ban truk

Namun pecah ban justru sering terjadi di jalan bebas hambatan, dan lebih sering memakan korban karena kendaraan melaju dalam kecepatan tinggi. Berbagai kemungkinan menjadi penyebab utama pecah ban, seperti kelebihan tekanan angin ban dan menggunakan ban gundul ( alur ban sudah tipis ).

Hal paling aman dan untuk menunjang keselamatan dan kenyamanan berkendara adalah sesuaikan muatan barang anda dengan kekuatan ban dan jangan melanggar batas maksimal. Bagaimanapun juga faktor keselamatan harus didahulukan dari hal yang lain.

Dengan demikian sudah saatnya anda sebagai pengemudi mulai memperhatikan hal hal yang berhubungan dengan ban. Apakah sebenarnya fungsi ban itu dan bagaimana cara merawat ban kendaraan supaya lebih awet dan tahan lama.

Membaca ukuran ban sebenarnya tidak sulit. Namun memerlukan sedikit pemahaman simbol pada ban tersebut. Pada ban biasanya terdapat beberapa simbul pada pinggir ban, seperti :

  • SIZE – Dimensi
  • P.R. – Ply Rating
  • L.I. – Load Index
  • S.S. – Simbol kecepatan
  • O.D. – Diameter ban keseluruhan ( in )
  • S.W. – Lebar ban bagian dalam (in)
  • T.D. – Kedalaman tapak (32nds)
  • RIM – Lebar Rim (in)
  • S.L.R. – Beban statis (in)
  • R.P.M. – Kecepatan
  • SINGLE – Beban maksimal
  • DUAL – Beban maksimal

Setiap merek ban kemungkinan menerapkan data maupun standard yang berbeda, namun sebenarnya mempunyai tujuan yang sama. Yang paling penting adalah memperhatikan kekuatan beban maksimal ban dan batas kecepatan yang di ijinkan.

Selalu cek tekanan angin dan dalamnya alur / kembang ban sebelum menempuh perjalanan jauh, karena hal itu sangat menentukan kenyamanan anda saat melaju di jalan raya. Perhatikan juga kecepatan kendaran anda saat melaju di jalan bebas hambatan dan jangan melebihi kecepatan yang di ijinkan. Baca juga daftar harga motor yamaha terbaru 2016.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *