Home >> Spesifikasi Ban >> Bagaimana cara tambal ban mobil maupun motor yang aman

Bagaimana cara tambal ban mobil maupun motor yang aman

Halangan saat berkendara selalu saja terjadi seperti ban bocor di tengah jalan, sehingga mau tidak mau anda harus berusaha sendiri menambal ban kendaraan anda di perjalanan. Namun bukan berarti masalah selesai, sebab pada banyak kejadian kualitas alat tambal ban maupun cara tambal ban kurang bagus. Buruknya kerja tukang tambal ban telah banyak dialami oleh para pengguna jalan raya terutama pengguna sepeda motor. Hal yang paling sering banyak terjadi adalah justru ban motor disobek ( tentunya dengan trik tukang tambal ). Dengan demikian maka pemilik kendaraan akan terpaksa mengganti dengan ban baru meskipun dengan sangat terpaksa.

Meskipun demikian para pengguna jalan raya tetap terbantu dengan keberadaan para tukang tambal ban mobil maupun motor yang berada di pinggir jalan raya. Perhatikan bagaimana menjaga keselamatan di jalan raya.

Bagaimana sih cara tambal ban yang berkualitas. Secara umum cara tukang tambal pinggir jalan raya yang sering kita temui sudah benar, namun kenapa hasil tambalan mereka tidak bagus. Hal ini disebabkan karena tidak adanya kesempatan tambalan ban kering. Yang sering kita lihat adalah begitu ban selesai ditambal langsung dimasukkan kembali dan diisi angin.

Jika demikian caranya tentu saja hasil tambalan mereka tidak akan bertahan lama, hanya berjalan beberapa meter sudah kempes lagi. Seharusnya mengalami tes dulu pakai air setelah sekitar lima menit.

Cara tambal ban mobil tentunya berbeda dengan cara tambal ban motor. Hal ini disebabkan sebagian besar mobil sekarang khususnya mobil pribadi sudah menggunakan ban jenis tubeless yang tentunya cara menambalnya berbeda dengan ban yang dilengkapi ban dalam.

Bagaimana cara tambal ban tubeless yang kuat dan bermutu baik. Ada beberapa cara / teknik menambal ban tubeless :

Cara string tubeless

Sesuai dengan namanya “string” berarti penambalan ban tubeless ini menggunakan sejenis tali khusus sehingga dinamakan “tambal string tubeless”

tambal ban mobil

Cara tambal ban string tubeless ini sangat mudah karena hanya memasukkan “string” dari arah luar ban dengan cara ditusuk. Namun cara string tubeless ini sebenarnya kurang aman. Selain masih terdapat kebocoran angin ( pada daerah tambalan ) juga dapat mengurangi daya tahan ban itu sendiri.

Dengan cara tambal ban string maka kontruksi ban akan terganggu ( kawat / benang bisa putus ). Disamping itu dalam jangka waktu lama bekas tambalan akan menggelembung dan tipis. Apa yang terjadi selanjutnya dapat ditebak.

Cara tambal sistem peluru

Cara tambal ban mobil ini mirip dengan cara tambal ban string hanya berbeda medianya saja.

Cara tambal Tire Patch

Tambal ban tire patch hampir mirip dengan cara tambal ban dalam motor/mobil yang dibakar, hanya saja pada ban tubeless cara tambalnya dari arah dalam, sehingga harus melepas ban dulu.

Cara tambal sistem kombi

Tambal ban sistem kombi biasanya digunakan ketika ban bocor akibat tusukan benda tajam seperti tertusuk paku. Bahan tambal kombi berbentuk bulat dan dilekatkan dengan lem khusus (sejenis semen) dari bagian dalam ban. Selanjutnya, tekanan angin akan membantu proses pelekatan bahan tambalan ke bagian dalam ban sekaligus menutup lubang. Namun tambal sistem kombi ini hanya mampu menambal paling besar sekitar 6mm.

Cara tambal ban thermopress

Cara tambal ini hanya bisa dikerjakan pada tempat tempat khusus. Seperti namanya “thermopress” bahwa cara tambal ini memang akhirnya menggunakan alat press dengan suhu sekitar 1500°C selama diperlukan, biasanya sih sekitar satu jam hingga dua jam.

Setelah melihat dilapangan dapat ditarik kesimpulan bahwa teknik penambalan dari dalam lebih awet dan aman dari pada teknik penambalan dari arah luar.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *