Home >> Spesifikasi Ban >> Apa itu ban radial

Apa itu ban radial

Apa definisi dari ban radial. Ban radial adalah salah satu jenis ban yang menggunakan semacam sabuk pengikat yang terbuat dari kawat baja yang sering disebut sebagai belt atau breaker. Ban radial menerapkan konstruksi carcass cord dengan membentuk sudut 90 derajat terhadap lingkaran luar ban. Sehingga jenis ban radial memiliki ketahanan berlebih terhadap tekanan medan jalan dan hasilnya pemakaian ban menjadi lebih awet dan tahan lama.

Sebagaimana diketaui bahwa ban mempunyai tugas dan fungsi yang sangat penting untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara. Sehingga performa dan kondisi ban harus selalu dipelihara dan dijaga dengan baik. Apa saja fungsi utama ban. Ban jenis radial merupakan salah satu jenis ban yang didukung dengan penggunaan kawat baja. Oleh sebab itu ban jenis ini sangat cocok untuk digunakan pada kendaraan kendaraan dengan muatan berat.

Pemakaian bahan bakar juga tergantung dari jenis maupun kondisi ban yang anda gunakan. Kondisi ban yang kurang angin maupun cenderung kempes juga akan menambah pemakaian bahan bakar, karena tarikan menjadi lebih berat dan juga ban juga akan cepat panas.

Dewasa ini kita mengenal berbagai macam jenis produk ban, seperti : Ban radial, Ban bias, dan ban tubeless.

  • Ban radial : Ban jenis ini ditandai dengan carcass cord yang membentuk sudut 90 derajat terhadap keliling lingkar ban. Ban jenis radial diperkuat dengan lingkaran kawat diseluruh keliling ban.
  • Ban bias : Ban jenis bias merupakan jenis ban yang banyak dipakai saat ini. ban bias dikelilingi oleh benang nilon yang dibentuk secara zig zag dengan membentuk sudut 40 derajat hingga 60 derajat terhadap keliling lingkar ban. Alur ban bias biasanya belak belok ( zig zag ).
  • Ban tubeless : Perbedaan paling mendasar adalah bahwa ban tubeless tidak menggunakan ban dalam seperti pada jenis radial maupun bias. Disamping itu ban tubeless mempunyai keunggulan diantaranya jika tertusuk paku, maka ban tidak langsung kempes, hal ini disebabkan karena lapisan dalam terdiri dari karet halogen butil (chlorobutyl / bromobutyl ) yang dapat menutup sendiri terhadap kebocoran. Ban tubeless banyak digunakan untuk mobil keluarga atau mobil pribadi.

Banyak keunggulan ban radial, salah satunya yaitu mampu mengurangi daya gesekan ketika digunakan pada kecepatan tinggi. Dengan demikian pemakaian bahan bakar juga menjadi lebih irit.

Ban jenis radial juga terbukti lebih kuat dari jenis ban yang lain, karena didukung oleh pemakaian kawat baja bermutu tinggi. Dengan demikian usia pemakaian menjadi lebih lama dan ini berarti juga penghematan untuk biaya pembelian ban baru.

keunggulan ban radial

Beberapa keunggulan ban radial

  • Mempunyai stabilitas lebih baik
  • Tahan terhadap tusukan pada jalan rusak
  • Putaran ban lebih ringan
  • Memberikan kenyaman pada pengendara
  • Usia ban lebih lama
  • Irit bahan bakar
  • Pengereman lebih mudah

Namun hingga sekarang penggunaan ban radial lebih didominasi oleh kendaraan kecil ( penumpang ). Sebagian truk dan bus maupun trailer di Indonesia hanya sebagian kecil yang menggunakan ban radial. Padahal di negara maju seperti Amerika dan Eropa pemakaian ban radial didominasi oleh kendaraan besar ( angkutan ), sehingga pasar di Indonesia masih terbuka luas.

Pada dasarnya ban jenis radial mempunyai banyak keuntungan ( mempunyai lilitan kawat baja ) dan dapat digunakan untuk semua jenis kendaraan. Jika dibandingkan dengan jenis ban yang lainnya, maka ban jenis radial lebih unggul dan mempunyai banyak kelebihan.

Salah satunya adalah dapat menghasilkan pengereman yang lebih baik. Sehingga akan dapat memberikan keamanan dan kenyamanan berkendara di jalan, pada jalan basah maupun jalan kering, sehingga untuk di Indonesia ban jenis radial sangat cocokĀ  dan sesuai dengan kondisi iklim di Indonesia.

Salah satu distributor ban radial produk dari cina adalah PT 4M yang berlokasi di daerah ALAM SUTRA Tangerang yang menjual berbagai kebutuhan ban jenis radial untuk kendaraan besar seperti truk dan bus.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *