Home >> Serba Serbi >> Pemerintah belum memutuskan kenaikan BBM Oktober mendatang

Pemerintah belum memutuskan kenaikan BBM Oktober mendatang

Setiap triwulan sekali pemerintah melalui menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan mengumumkan perubahan harga BBM yang baru meliputi : minyak tanah, premium, dan solar. Sehingga setiap ada gejolak harga minyak mentah dunia tentunya akan berimbas pada perubahan harga BBM di tanah air, baik itu kenaikan maupun penurunan harga minyak mentah dunia. Dengan demikian sudah seharusnya setiap ada perubahan harga BBM ( kenaikan ) tidak serta merta di ikuti oleh kenaikan harga kebutuhan lainnya, karena hal demikian terus akan terjadi setiap 3 bulan sekali.

Seperti diketahui bahwa perubahan harga BBM yang baru akan jatuh pada awal Oktober 2016 mendatang. Seperti diketahui bahwa pada saat ini, harga BBM yang berlaku adalah : harga minyak tanah bersubsidi sebesar Rp 2.500/liter, premium sebesar Rp 6.450/liter, dan minyak solar ditetapkan seharga Rp 5.150/liter. Paling tidak harga tersebut seharusnya tetap akan berlaku hingga akhir September 2016, jika tidak ada gejolak yang sangat signifikan harga minyak mentah dunia.

Pada saat ini secara umum harga minyak mentah dunia relatif stabil dan aman, demikian juga nilai tukar rupiah terhadap dolar juga cenderung stabil. Dengan keadaan demikian jika terus berlanjut hingga paling tidak sampai akhir September, maka dapat dipastikan perubahan harga BBM kwartal terakhir tahun 2016 ini tidak akan terjadi.

Hal ini sesuai dengan penegasan bapak menteri ESDM melalui Dirjen Migas Kementerian ESDM bapak Prof. Dr. Ir. IGN Wiratmaja Puja yang mengatakan bahwa “kalau harga minyak dunia stabil seperti saat ini, dan trennya sesuai proyeksi, maka harga BBM insya Allah tidak akan naik sampai akhir tahun”.

Tentunya keadaan ini cukup menggembirakan masyarakat dan rakyat indonesia, karena tidak akan ada gejolak harga yang berarti sampai akhir tahun. Dengan demikian tentunya juga tidak ada kenaikan yang cukup berarti pada harga mobil baru di tanah air. Demikian juga saat anda membeli mobil bekas tentu tidak perlu menambah dana lagi, karena harga pasaran mobil bekas juga akan cenderung stabil. Keadaan ini tentunya akan membuat perekonimian nasional secara umum akan tetap stabil.

pengisian BBM di SPBU

Seperti diketahui bahwa secara umum harga mobil baru maupun harga kendaraan seken juga dapat dipengaruhi oleh gejolak harga BBM. Semua juga tahu bahwa kenaikan harga BBM selalu diikuti oleh kenaikan harga sembilan bahan pokok, dan akhirnya juga berimbas pada harga mobil dan motor. Itulah sebabnya setiap kwartal penyesuaian harga BBM selalu menjadi sorotan semua pihak.

Selama harga minyak belum menyentuh level USD65/barel maka kemungkinan besar masih belum mempengaruhi harga BBM dalam negeri. Jadi kita tunggu saja perkembangan harga minyak dunia hingga paling tidak sampai akhir september. Semoga tetap aman dan harga stabil.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *