Home >> Serba Serbi >> Mengenal lebih dekat fungsi GPS pelacak mobil

Mengenal lebih dekat fungsi GPS pelacak mobil

Apa itu GPS. Global Positioning System atau sering disebut GPS adalah suatu sistem aplikasi yang bertujuan untuk menentukan / menemukan posisi suatu benda bergerak atau diam dengan bantuan satelit. Dalam perkembangannya aplikasi GPS sering di gunakan untuk menemukan posisi tempat / daerah dan juga untuk melacak keberadaan suatu benda bergerak seperti mobil.

GPS yang paling banyak digunakan saat ini yakni GPS merk Garmin. Harga GPS Garmin lumayan murah hanya sekitar 1 hingga 2 jutaan. Harga jual GPS tergantung dari fitur yang ditawarkan, sehingga semakin lengkap fiturnya tentunya harga jual GPS semakin mahal.

GPS tracker biasa digunakan untuk keperluan navigasi kendaraan. Pengguna aplikasi GPS tracker ini didominasi oleh mereka yang mempunyai bisnis rental mobil. GPS tracker di pasangkan pada mobil sewaan maupun armada taxi di tempat tempat tersembunyi tanpa sepengetahuan pihak penyewa. Hal ini bertujuan untuk mengetahui posisi mobil secara real time, sehingga jika terjadi hal hal yang tidak diinginkan ( tindak pencurian ), maka pemilik kendaraan dapat dengan cepat mengetahui posisi terkini.

Namun demikian bagi pemilik mobil pribadi tidak ada salahnya juga memasang mobilnya dengan GPS tracker / tracking, sehingga jika terjadi tindakan pencurian, maka pemilik mobil dapat dengan cepat mengetahui posisi terkini kendaraannya, dengan demikian dapat membantu pihak berwajib menemukan dan menangkap pencurinya.

Cara kerja GPS tracker cukup sederhana. GPS tracker memanfaatkan teknologi Automated Vehicle Locater ( AVL ) yaitu suatu sistem navigasi yang dapat dengan cepat menemukan posisi kendaraan secara otomatis dan real time ( setiap waktu ). Namun demikian GPS pelacak mobil ini tidak akan berfungsi jika tidak tersambung dengan perangkat GSM / komputer yang bertugas menerima sinyal digital dari satelit ( server GPS ). Jadi perangkat GPS tracker mengirimkan sinyal ke server dan diteruskan ke perangkat komputer / GSM ( handphone ). Harga GPS tracker pelacak mobil ini terbilang murah.

Secara umum GPS mobil dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu GPS tracker dan GPS navigasi. GPS tracker berfungsi untuk melacak keberadaan kendaraan (benda) di suatu tempat. Sedangkan GPS navigasi berfungsi untuk menemukan jalan menuju tempat / posisi tertentu.

Harga GPS mobil cukup murah dan bermacam macam, dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. GPS navigasi juga ada yang gratisan atau bahkan beberapa merek handphone juga mempunyai fitur gps navigasi. Jika anda sedang online dapat download atau langsung menggunakan google maps menemukan daerah tujuan anda. Bahkan dengan google maps anda dapat menemukan nama kantor, nama jalan, jalan tol, dan lainnya dengan mudah.

GPS pelacak mobil

Daftar harga GPS mobil berbagai model dan jenis

  • Harga GPS Garmin type Nuvi 42 LM sekitar 1,7 jutaan
  • Harga GPS Garmin eTrex 10 warna Kuning Hitam sekitar 1,4 jutaan
  • Harga GPS Garmin GPS Nuvi 2567 LM tampilan Hitam sekitar 2,2 jutaan
  • Harga GPS Garmin Garmin 78s GPSmap + Peta Indonesia sekitar 3,.3 jutaan
  • Harga GPS Garmin type Nuvi 52 LM sekitar 2 jutaan
  • Harga GPS NAVIO sekitar 1,1 jutaan
  • Harga GPS portable SUPERSPRING SF550B sekitar 1 jutaan
  • Harga GPS TRACKING AL-900C sekitar 2 jutaan
  • Harga GPS TRACKING VT-90S sekitar 1,6 jutaan
  • Cek harga GPS lebih lengkap di daftar harga GPS mobil.

Teknologi GPS merupakan alat pelacak canggih yang mempunyai tingkat kesalahan minimal dan dapat digunakan setiap saat. Dengan adanya sistem GPS ini anda tidak akan tersesat saat bepergian pada daerah baru yang belum pernah anda kunjungi sebelumnya.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *