Home >> Serba Serbi >> Dampak kenaikan harga BBM November 2014

Dampak kenaikan harga BBM November 2014

Kenaikan harga bahan bakar minyak berdampak pada melonjaknya harga barang dan jasa. Meskipun dampak negatif kenaikan BBM telah di antisipasi, namun tetap saja kenaikan di berbagai sektor kehidupan tidak terkendali. Kenyataan menunjukkan setiap ada kenaikan bahan bakar minyak, maka rakyat jelata yang paling merasakan akibatnya. Lantas bagaimana cara mengatasi dampak negatif kenaikan harga BBM tersebut.

Seperti diketahui bahwa pada akhirnya pemerintah Indonesia di bawah presiden Jokowi- JK menaikkan harga dasar bahan bakar minyak pada jam 12 malam tanggal 18 november 2014. Kenaikkan BBM pada tahun ini cukup besar yakni sekitar 2000 rupiah. Sehingga harga baru gasoline menjadi 8500 rupiah, sedangkan harga baru minyak solar menjadi Rp 7500,-/liter.

Di sektor industri otomotif dampak kenaikan BBM akan berakibat pada naiknya harga mobil baru, sedangkan harga mobil bekas justru sebaliknya cenderung turun. Anjloknya harga mobil bekas disebabkan oleh menurunnya daya beli masyarakat dan di sisi lain para penjual mobil bekas akan berlomba merebut pasar dengan menurunkan harga mobil bekas.

Namun biasanya harga pasaran mobil bekas akan kembali naik dan normal kembali setelah dua hingga tiga bulan. Hal ini seiring dengan daya beli masyarakat yang mulai normal kembali. Pengalaman menunjukkan perekonomian masyarakat kembali normal tidak lama setelah terjadi kenaikan BBM.

Lantas langkah apa saja yang harus diambil supaya dampak negatif kenaikan harga bahan bakar minyak tidak terus berlanjut. Berbagai langkah positif dapat anda ambil tanpa harus mengorbankan rutinitas kehidupan anda, sehingga dampak buruk kenaikan BBM dapat diminimalkan meskipun tidak dapat dihilangkan sepenuhnya.

berlibur ke pantai

Berikut tips mengurangi dampak negatif akibat naiknya harga BBM :

  • Jika memungkinkan anda dapat menggunakan sepeda motor saat pergi kerja.
  • Gunakan mobil anda dan pastikan dengan penumpang penuh.
  • Hindari bepergian seorang diri dengan mengendarai mobil.
  • Gunakan waktu libur anda di rumah tanpa harus bepergian.

Paling tidak untuk sementara waktu anda harus menghentikan kegiatan kegiatan yang kurang penting, seperti bepergian saat hari libur, kurangi juga kegiatan shopping anda. Setelah dua hingga tiga bulan biasanya perekonomian anda akan berangsur pulih seperti semula dan anda dapat kembali ke kehidupan normal kembali.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *