Home >> Serba Serbi >> Bagaimana cara belanja online yang aman

Bagaimana cara belanja online yang aman

Tips aman transaksi secara online. ikuti langkah mudah cara belanja online yang aman. Berikut hal hal yang seharusnya anda perhatikan ketika akan belanja secara sistem online. Hal ini untuk memastikan bahwa website yang anda kunjungi tidak salah sasaran. Saat ini media online merupakan informasi paling lengkap, sehingga semua aktivitas dapat dilakukan secara online khususnya jual beli online.

Pada saat ini transaksi secara online ( online shop ) sudah meliputi : belanja elektronik online, belanja kebutuhan rumah tangga online, pembelian baju online, belanja baju online, belanja sepatu online, belanja tas online, dan lain sebagainya. Dengan perkembangan dunia maya yang sangat pesat dengan dukungan teknologi komputer khususnya laptop maupun gadget yang semakin sempurna, maka jaringan internet yang biasa disebut sebagai dunia maya semakin dekat dengan kita.

Cara pembelian secara online memang menawarkan berbagai kemudahan dan segala informasi dapat anda dapatkan dengan mudah sambil duduk santai dirumah maupun dikantor anda. Hal ini juga semakin terwujud dengan semakin murahnya laptop, tablet, maupun handphone. Dalam waktu bersamaan bermunculan pula paket paket internet yang semakin murah. Sehingga persaingan dunia maya semakin ketat.

Dengan melihat perkembangan teknologi yang demikian, maka kesempatan berbisnis melalui dunia maya semakin menjanjikan. Dan dalam hal ini juga menguntungkan semua pihak, baik penjual maupun pembeli.

Namun hal demikian bukan berarti tidak ada sisi negativnya. Sebab semua informasi dapat diakses tanpa perlindungan sama sekali, tak terkecuali hal hal yang seharusnya untuk para orang dewasa dapat begitu mudahnya dilihat oleh anak anak. Hal demikian seharusnya menjadi perhatian para orang tua khususnya anda.

cara belanja online

Kembali ke pokok persoalan tentang cara aman belanja online, maka tidak menutup kemungkinan para penipu juga dapat memanfaatkan kesempatan emas ini, sehingga sudah banyak korban penipuan yang berlangsung. Hal ini sebenarnya dapat diantisipasi dengan baik jika anda mengerti dan paham dunia maya ini.

Sebenarnya sudah banyak dibahas cara cara maupun tips aman belanja online, namun tidak ada salahnya jika kami melengkapi yang sudah ada, sehingga semakin mempersempit tindakan penipuan yang banyak terjadi sekarang ini.

Yang harus anda ketahui adalah masih banyak orang orang jujur dan berbisnis dengan baik melalui dunia maya. Contoh paling nyata adalah bahwa para blogger dan pemilik website selalu melakukan transaksi melalui internet dan mereka aman aman saja.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipahami saat akan melakukan transaksi di dunia maya ( melalui internet ) :

1. Melakukan transaksi hanya pada website resmi. Website resmi penjualan online mempunyai track record yang baik. Disana anda dapat mengetahui pemilik website. Jika sampai terjadi penipuan anda masih dapat memburu pemilik ( penanggung jawab website ). Penjual online resmi biasanya mencantumkan : harga barang, detil ( spec ), cara pembayaran, cara dan biaya ( kalau ada ) pengiriman, sistem pengiriman, dan nomor rekening atas nama perusahaan ( bukan nama pribadi ). Penjual online resmi tidak pernah melakukan transaksi melalui SMS, karena transaksi dilakukan dengan otomatis.

2. Waspada dan berfikir seribu kali jika anda membeli barang secara online melalui situs sosial seperti facebook. Sudah menjadi rahasia umum jika data pribadi yang ada di akun facebook sebagian besar palsu, sehingga anda akan sulit mencari pemilik akun.

3. Untuk menambah keyakinan anda, maka anda dapat melihat kolom komentar website penjualan sistem online tujuan anda. Di sana anda akan mempunyai gambaran cukup jelas.

4. Sistem pembayaran online paling aman adalah dengan menggunakan metode pembayaran pihak ketiga ( sistem Escrow / rekber Inapay), dimana transfer tidak langsung pada pihak penjual. Pihak penjual akan menerima pembayaran setelah pihak pembeli menerima dan konfirmasi kalau barang sudah sampai.

5. Semoga bermanfaat.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *