Home >> Sepeda Motor >> Tips perawatan mesin motor matic maupun manual

Tips perawatan mesin motor matic maupun manual

Bagaimana cara perawatan mesin motor matic maupun motor manual. Perawatan sepeda motor dapat menentukan kinerja dan kehandalan mesin motor anda. Sehingga sepeda motor yang dirawat tentu saja berbeda dengan motor yang tanpa perawatan. Bagaimana cara perawatan motor yang benar. Ikuti tips merawat motor secara sederhana, sehingga motor anda akan lebih awet dan tahan lama.

Perawatan motor matic maupun perawatan motor injeksi memerlukan pemahaman dan pengetahuan yang berbeda dengan perawatan sepeda motor sistem manual. Namun secara umum perawatan mesin motor sistem manual, injeksi, dan motor matic hampir sama. Meskipun demikian motor matic mempunyai ciri khusus yang tidak dimiliki oleh motor sistem transmisi manual.

Perlu diketahui bahwa ketika anda memiliki motor jenis matic harus lebih memperhatikan penggantian oli mesin secara berkala, sebab motor matic mempunyai mesin lebih panas, sehingga bisa saja level oli mesin mudah berkurang.

Cara merawat motor umumnya memperhatikan beberapa hal berikut, seperti :

1. Penggantian oli mesin secara berkala. Paling tidak 1000 km hingga 2000 km oli mesin harus di ganti. Namun sebaiknya tiap 1000 km.

2. Selalu cuci dan bersihkan bodi dan mesin motor jika sudah kotor. Kotoran dapat mempengaruhi kinerja mesin dan komponen komponen penting.

3. Ketika mencuci motor sebaiknya menggunakan air selang. Jangan gunakan air banjir maupun air hujan. Hal ini sering menjadi pemandangan umum sebagian masyarakat mencuci motor dengan air genangan hujan atau banjir. Air hujan mengandung zat asam yang dapat mempercepat timbulnya karat. Jika diperlukan anda dapat menggunakan shampo khusus motor, jangan menggunakan detergent atau sabun colek. Bagaimana cara mencuci kendaraan yang benar.

4. Hindari parkir di bawah matahari secara langsung, karena dapat mempercepat kerusakan pada cat bodi.

5. Cek busi dan saringan udara secara teratur dan lakukan penggantian secara berkala.

Perbedaan motor matic dengan motor non matic adalah pada sistem transmisi yang berhubungan dengan roda belakang. Pada motor matic menggunakan sistem Continously Variable Transmission atau sering disebut sebagai transmisi CVT yaitu mempunyai fungsi sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda belakang dengan bantuan fan belt.

perawatan mesin motor

 

Cara merawat motor matic memerlukan perlakuan khusus. Hal ini karena motor matic menerapkan teknologi berbeda dengan yang manual ( biasa ). Beberapa hal berikut petunjuk tentang cara merawat motor matic :

  • Servis secara berkala di bengkel resmi yang sesuai dengan merek motor anda.
  • Paling tidak sebulan sekali cek air coller, jika kurang cepat tambah dengan air coller khusus.
  • Hindari tarikan gas secara cepat. Penarikan gas secara spontan dapat mempercepat fan belt aus dan kendor. Sehingga suara motor berisik saat menarik gas.
  • Menarik gas dengan langsam dan teratur juga dapat membantu pemakaian bahan bakar lebih irit.
  • Pengecekan sistem transmisi CVT secara teratur.
  • Sepeda motor matic menggunakan dua jenis oli yaitu oli mesin dan oli transmisi, jadi sebaiknya lakukan penggantian kedua jenis oli secara teratur.

Karena jenis motor matic merupakan teknologi terbaru, maka sebaiknya anda melakukan perawatan khususnya mesin dan komponen komponen penting lainnya ke dealer resmi motor.

Perawatan motor injeksi memerlukan penanganan yang tepat dan teratur secara berkala. Karena sistem injeksi tergolong baru, maka perawatan motor injeksi sebaiknya ditangani oleh mereka yang telah berpengalaman. Kelebihan motor injeksi adalah hasil pembakaran yang sempurna. Untuk itu sebelum terjadi masalah pada sistem pembakarannya, maka sebaiknya anda melakukan perawatan dengan benar.

Berikut cara merawat motor mesin injeksi :

  • Hindari pengisian bahan bakar di pinggir jalan, sebaiknya selalu mengisi BBM pada SPBU. Bahan bakar yang kotor dikawatirkan mengganggu sistem penyemprotan bahan bakar.
  • Pompa bahan bakar merupakan komponen sistem injeksi yang sangat penting. Bersihkan secara berkala untuk menghindari mampet oleh karat atau kotoran lainnya.
  • Sistem injeksi dilengkapi oleh ECU yang berfungsi sebagai pengatur sistem injeksi. Pastikan ECU bekerja baik, maka cek accu secara teratur.

Baca juga harga motor yamaha terbaru penjualan 2016.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *