Home >> Sepeda Motor >> Tips membeli dan memilih suku cadang sepeda motor asli

Tips membeli dan memilih suku cadang sepeda motor asli

Bagaimana cara membeli suku cadang asli sepeda motor. Saat memilih suku cadang original spare part sepeda motor asli bukan perkara mudah. Bahkan sebagian besar pembeli merasa tertipu karena mendapatkan suku cadang aspal. Hal ini bahkan sering di alami saat pemilik sepeda motor ingin mengganti spare part. Keadaan demikian sering terjadi dan biasanya disebabkan oleh ketidaktahuan pembeli sendiri.

Hal yang sangat sering terjadi adalah pihak pembeli memesan suku cadang asli pada penjual, namun sebenarnya pembeli atau bahkan anda tidak mengetahui dan tidak dapat membedakan antara spare part asli dan yang palsu, sehingga ketika pihak penjual menunjukkan barang yang di cari, maka pihak pembeli langsung percaya kalau barang yang disodorkan adalah asli.

Setelah beberapa bulan pemakaian, ternyata motor mereka mengalami kerusakan yang sama dan tentu saja melakukan penggantian barang yang sama pula. Secara kebetulan saat melakukan pembelian bukan di toko yang pertama. Dan pembicaraan yang sama terulang kembali yakni mencari suku cadang original. Dan ternyata kali ini mendapatkan barang yang tidak sama persis dengan barang yang dulu. Kebingungan mulai terjadi.

Dengan melihat kejadian ini tentu saja pihak pembeli ( anda ) akan bertanya tanya dalam hati, sebenarnya barang yang mana yang asli. Barang dari toko pertama atau ke dua. Hal demikianlah yang paling banyak terjadi dan sering di alami oleh para pemilik kendaraan termasuk anda. Bisa jadi salah satu barang original atau bahkan dua duanya palsu semua.

Untuk mencegah hal ini berulang kembali, maka kemungkinan anda selanjutnya mempercayakan pembelian spare part pada bengkel langganan anda. Tentu saja tindakan demikian lebih bagus dan kemungkinan tertipu spare part palsu dapat di minimalkan. Karena dalam pemikiran anda bahwa pemilik bengkel lebih berpengalaman dan mengetahui persis mana suku cadang asli dan yang palsu.

suku cadang motor

Penting untuk anda pahami bahwa tidak semua bengkel bertindak jujur. Yang harus anda ingat bahwa mereka ( bengkel ) akan mencari keuntungan sebanyak mungkin. Dan tentu saja mereka mungkin saja juga mencari keuntungan dari pembelian spare part. Ada  beberapa spare part yang mudah dimanipulasi oleh bengkel yaitu biasanya spare part yang berada di dalam mesin kendaraan. kalau yang di luar biasanya bagus.

Untuk mencegah kekeliruan dalam membeli suku cadang atau spare part asli, maka berikut admin tunjukkan beberapa tips praktis membeli dan memilih suku cadang motor asli. Pemakaian suku cadang asli tentu dapat memperpanjang usia suku cadang di maksud.  Dan yang pasti kerusakan motor anda dapat diminimalkan. Perlu untuk dipahami bahwa pemakaian suku cadang palsu dapat memicu kerusakan onderdil kendaraan yang lain.

Tips membeli dan memilih suku cadang asli :

  • Saat akan membeli suku cadang disarankan membawa suku cadang asli ( yang rusak ) untuk mencocokkan dengan yang baru.
  • Pilihlah toko khusus yang menjual spare part motor anda. Cara mengenali toko yang jujur biasanya toko spare part tersebut selalu ramai di kunjungi oleh pembeli. Jadi jangan membeli spare part pada toko yang sepi pembeli.
  • Suku cadang asli selalu mencantumkan kode produksi pada produknya dan toko tersebut mempunyai price list.
  • Secara umum keadaan suku cadang asli di dukung oleh tampilan logam lebih padat dan tentu saja harganya lebih mahal, bahkan bisa dua hingga tiga kalinya dari harga yang palsu.

Namun ada satu hal yang sebenarnya dapat menjamin penggantian spare part motor anda lebih meyakinkan yaitu membawanya ke bengkel resmi. Namun biasanya biaya yang di sodorkan oleh beres jauh lebih mahal dari bengkel biasa. Padahal hasil kerjanya tidak berbeda jauh.

Pembelian suku cadang sepeda motor asli sebaiknya di dealer resmi karena terjamin kualitasnya. Harga suku cadang motor Honda Sonic 150R original saat ini belum tersedia di pasaran bahkan di dealer resmi motor honda juga tampaknya belum konfirmasi, mengingat motor Honda Sonic 150R baru beberapa bulan landing.

loading...

Leave a Reply