Home >> Sepeda Motor >> Memahami apa itu ban motor tubeless dan kekurangannya

Memahami apa itu ban motor tubeless dan kekurangannya

Apa itu ban motor tubeless. Menggunakan ban tubeless pada sepeda motor merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Bagi kebanyakan orang ban jenis tubles merupakan ban anti bocor khususnya pengguna motor maupun mobil. Namun pada kenyataannya setiap jenis ban mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing. Sehingga jika salah penerapannya justru dapat merugikan dan tentunya tidak sesuai yang diharapkan. Baca info harga motor yamaha terbaru update 2016.

Ban tubles pada saat ini banyak digunakan pada mobil dan sepeda motor. Khususnya mobil pribadi sudah hampir 90 % sudah menggunakan ban tubles. Dari segi harga ban tubles juga tidak terpaut banyak jika di bandingkan dengan ban konvensional. Pada dasarnya ban motor dapat menggunakan jenis tubles maupun ban biasa. Harga ban tubeless motor cukup kompetitif dan anda dapat menemukan dengan mudah penjual ban tubeless. Hanya saja untuk saat ini penjual atau agen ban tubeless hanya berada di pusat kota atau di kota kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya. Untuk di daerah kemungkinan masih sangat jarang.

Secara umum harga ban tubeless akan sebanding dengan besar kecilnya ukuran dan lebar ban. Semakin besar dan lebar tentu mempunyai harga lebih tinggi. Pengguna terbanyak ban tubeless para kawula muda.

Secara umum harga ban tubles lebih tinggi dari pada harga ban biasa. Sehingga bagi yang berkantong tipis tentu akan berfikir dua tiga kali untuk menggunakan ban tubles. Dengan demikian sebaiknya mengerti dan memahami cara aman menggunakan ban tubles. Mari kita bahas apa itu ban tubles.

Ban tubeless merupakan salah satu jenis ban yang di desain tanpa menggunakan ban dalam. Memang ban tubeless tidak memerlukan ban dalam. Namun pada kondisi tertentu ban jenis tubles ini dapat menggunakan ban dalam. Secara kasat mata ban tubeles lebih berat, lebih tebal, dan juga lebih berisi. Di samping itu ban tubles juga diperkuat oleh lingkaran kawat baja atau benang nilon.

ban tubeless

 

Ban tube type atau sering disebut ban biasa merupakan jenis ban yang penggunaannya harus dengan ban dalam. Berbeda dengan ban tubles, ban biasa lebih lembek dan lentur serta lebih ringan. Jenis ban ini juga menggunakan lilitan kawat baja melingkar pada sisi pinggir luarnya.

Kalau dilihat sepintas memang tidak jauh berbeda antara ban biasa dengan ban tubeles. Kembang atau alur ban juga hampir mirip dan tidak begitu banyak perbedaan. Namun jika didekati dan diamati dengan seksama, maka bahan karet ban tubeless lebih padat dan berisi serta sedikit lebih besar/lebar.

Dengan demikian sepeda motor yang menggunakan ban tubeles tidak lebih baik dari pada motor yang memakai ban biasa. Semua mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing. Dan akan bekerja dan berfungsi dengan baik jika diterapkan pada kondisi tertentu. Memang tidak ada produk yang baik pada segala medan dan kondisi.

Ukuran ban tubles juga dapat disesuaikan dengan ukuran velg. Lantas bagaimana penggunaan ban tubles yang paling baik dan aman. Berikut perbedaan secara umum antara ban tubles dan ban biasa ( tube type ) :

Ban tubeless

  • Berfungsi dengan baik pada jalan rata dan mulus seperti jalanan perkotaan.
  • Tidak aman untuk jalan licin dan basah. Hal ini disebabkan ban tubeles cenderung keras.
  • Hanya di desain untuk kendaraan yang menggunakan velg racing, sedangkan untuk velg jari jari tidak disarankan. Hal ini berkaitan dengan sifat velg jari jari yang lentur dan mudah berubah. Namun sebenarnya velg jari jari dapat saja menggunakan ban tubeless, hanya saja memerlukan tambahan bahan untuk menutup jari jari ( biasanya menggunakan karet manset ).
  • Harga ban tubles relatif lebih mahal

Ban biasa

  • Nyaman pada jalanan bergelombang ( tidak rata ) apa lagi jalan mulus. Namun untuk kecepatan tinggi tidak disarankan karena kemungkinan selip.
  • Aman pada kondisi jalanan becek. Karena bahan ban yang lebih lembek sehingga lebih kuat mencengkeram jalan.
  • Dapat diterapkan pada jenis velg racing maupun jari jari.
  • Harga ban biasa lebih murah jika dibandingkan dengan harga ban tubeless pada ukuran setara.

Pada akhirnya semua itu tergantung dari keinginan para pemilik kendaraan sendiri. Namun sebaiknya sesuaikan penggunaan jenis ban motor anda dengan kondisi jalan yang sering anda lewati, sehingga akan lebih aman dan nyaman tentunya.

Meskipun velg jari jari jika dipaksakan dapat dipasang ban tubeless, namun untuk keamanan dan keawetan bahkan kebocoran akibat angin keluar dari ujung jari jari tentu tidak dapat diprediksi. Lihat juga velg racing untuk mobil dan motor.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *