Home >> Sepeda Motor >> Informasi cara aman membeli sepeda motor bekas

Informasi cara aman membeli sepeda motor bekas

Bekali diri anda sebelum membeli sepeda motor bekas. Bagaimana cara membeli motor bekas yang aman. Sepeda motor baru sangat menjanjikan dan mudah didapatkan. Apalagi sekarang pembelian kendaraan dengan sistem angsuran semakin dipermudah. Bahkan persyaratan pembelian kendaraan yang mudah inilah yang memicu semakin banyaknya motor motor baru di jalan raya. Hanya dengan uang muka Rp 1.000.000,- anda sudah dapat membawa pulang sepeda motor baru berbagai merek.

Harga motor bekas memang murah. Hal ini disebabkan semakin banyaknya pembelian motor baru, sehingga sesuai dengan hukum pasar, maka harga motor bekas akan semakin turun, sehingga pada saat ini dengan 3 hingga 4 jutaan anda sudah dapat membeli motor bekas yang keadaannya masih sangat bagus. Namun untuk antisipasi sebaiknya anda mempelajari cara membeli motor bekas yang aman.

Namun demikian jual beli motor bekas masih terlihat di sana sini. Bahkan sekarang banyak berdiri showroom showroom penjualan motor bekas. Sepeda motor yang di jual juga terbilang keluaran terbaru, bahkan ada yang selisih bulan saja. Penjualan sepeda motor bekas di showroom biasanya menerapkan dua sistem yakni pembelian secara tunai (cash) dan secara kredit. Namun demikian anda tetap harus waspada saat melakukan pembelian sepeda motor second.

Tips membeli motor bekas berikut dapat anda jadikan petunjuk sebelum anda melakukan transaksi membeli mokas. Dengan demikian anda tidak akan tertipu seperti membeli kucing dalam karung. Secara umum tampilan motor bekas yang dipajang penjual sangat menarik dan menjanjikan.

Bagaimana cara membeli motor bekas yang benar dan aman. Banyak penyesalan terjadi setelah membeli motor second. Kondisi mesin motor yang halus kadang tidak menunjukkan kondisi mesin yang sebenarnya. Demikian juga dengan tampilan mulus bodi dan cat.

sepeda motor bekas

 

Tips membeli motor bekas

Sebelum anda membeli motor bekas di showroom atau penjual perorangan, sebaiknya membekali diri dengan ilmu membeli sepeda motor bekas, sehingga anda tidak kecewa dikemudian hari. Secara umum setelah transaksi dilakukan maka barang tidak dapat dikembalikan. Ikuti langkah demi langkah membeli mokas berikut :

1. Cek kelengkapan surat surat motor. BPKB, STNK, dan nomor rangka maupun nomor mesin harus sama persis. Jika anda ragu disarankan untuk cek fisik di samsat. Disamping itu perhitungkan biaya balik nama kendaraan.

2. Periksa kebocoran oli mesin dengan meraba bagian bawah mesin dan samping kiri dan kanan. Jika mesin bocor atau rembes sebaiknya ditinggalkan dan cari yang lain. Kebocoran oli menandakan kerusakan pada mesin.

3. Cek busi dengan cara mencopotnya ( sebelumnya mohon ijin pada pemilik atau penjualnya ). Motor sehat ditandai dengan busi yang bersih dan kering. Busi basah oleh oli menandakan ada kerusakan pada seher atau ring seher.

4. Cek bodi ( cat ) sepeda motor. Sepeda motor dengan cat original lebih bagus (mahal) dari pada setelah dilakukan pengecatan ulang.

5. Terakhir hidupkan mesin. Cek semua saklar dan lampu lampu. Semua harus dalam keadaan bagus dan hidup. Suara mesin dapat dijadikan indikasi kesehatan dan kerusakan sepeda motor. Untuk meyakinkan anda dapat memakai ujung obeng dan tempelkan pada bodi mesin dan ujung yang lain pada telinga. Langkah ini dapat melihat kondisi mesin yang sebenarnya.

Dengan mengikuti kelima petunjuk tersebut anda akan mendapatkan sepeda motor yang sehat dan siap pakai. Dengan melihat kondisi motor secara keseluruhan anda akan dapat melakukan penawaran yang benar. Setiap kekurangan pada sepeda motor berarti penurunan harga. Apalagi jika tidak diproduksi lagi seperti honda tiger revo, sehingga anda hanya mendapatkan bekasnya saja.

Meskipun jarang terjadi namun terkadang penjual melakukan manipulasi suara mesin motor. Suara mesin motor kasar dapat dirubah menjadi halus dengan mengganti oli yang lebih kental atau bahkan mencampurnya dengan gemuk. Untuk itu tidak ada salahnya anda cek oli motor dengan mencabut tutup pengisian oli. Perhatikan kondisi olinya. Baca juga informasi harga motor honda terbaru penjualan 2016.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *