Home >> Perawatan Mobil >> Tips mengganti velg mobil yang sesuai dengan kendaraan anda

Tips mengganti velg mobil yang sesuai dengan kendaraan anda

Banyak pemilik mobil mengganti velg mobil dengan ukuran atau jenis lain. Bagaimana sebaiknya mengganti velg mobil yang sesuai dengan kendaraan anda, ikuti tips cara mengganti velg mobil tanpa mengurangi performa kendaraan anda. Setiap pembelian mobil baru pihak pabrikan mobil sebenarnya telah memperhitungkan penggunaan velg yang sesuai untuk setiap kendaraan produk mereka. Namun kadang sebagian orang merasa perlu melakukan penggantian velg untuk menambah penampilan mobilnya.

Pihak pabrikan mobil hanya memasang velg standar atau memasang velg alloy. Namun untuk lebih memberikan warna lain pada mobil biasanya sebagian pemilik mobil melakukan modifikasi maupun penggantian velg sendiri. Harga velg mobil lumayan mahal hingga jutaan rupiah. Penggantian biasanya menggunakan velg dengan variasi atau mengganti dengan velg racing.

Yang menjadi kendala adalah jenis velg manakah yang sesuai dengan mobil kesayangan anda. Hal ini tentu saja memerlukan pengalaman dan kepandaian anda tentang jenis velg yang cocok untuk diterapkan pada kendaraan anda.

Hal lainnya bahwa anda harus dapat memperhitungkan kestabilan laju kendaraan setelah menggunakan velg jenis baru dan juga faktor yang lain seperti saat pengereman dan keamanan saat berkendara.

Bagi kalangan pemuda sering mengganti velg dan ban standar dengan ban lebih tipis atau bahkan mengganti ban yang lebih besar dan lebih lebar untuk memberi kesan garang pada tampilan kendaraan. Kendaraan sedan biasanya lebih mudah dilakukan modifikasi, misalnya sedan timor maupun mazda.

gambar velg mobil

 

Namun sebelum anda melakukan penggantian velg ban mobil maupun ukuran ban mobil anda, sebaiknya anda memperhatikan dan memperhitungkan beberapa hal berikut :

1. Pastikan ukuran PCD (Pitch Centre Diameter) velg yang baru sama persis dengan ukuran PCD velg mobil anda. Ukuran PCD adalah jarak antara lobang baut. Biasanya mobil menggunakan empat atau enam lobang baut.

2. Perhatikan juga ukuran offset velg yaitu ketebalan lobang tengah velg. Hal ini akan berpengaruh pada penempatan baut velg. Jika ketebalan tidak sama, maka akan berpengaruh saat anda mengencangkan baut velg anda yang baru.

3. Jika anda menginginkan penambahan ketebalan velg maka sesuaikan dengan ketebalan ban sehingga tidak mentok pada bodi kendaraan anda.

4. Demikian juga dengan penambahan lebar ban. Ban yang terlalu lebar dan menonjol keluar justru mengurangi tampilan kendaraan. Tampilan ban yang terlalu lebar juga tidak memberikan rasa nyaman bagi kendaraan lain. Sehingga lebih disarankan untuk melakukan modifikasi hanya pada ketebalan velg dan ban saja.

Modifikasi velg maupun ban mobil harus juga memperhitungkan faktor keselamatan anda sendiri. Kualitas velg harus diperhitungkan, jadi jangan hanya mengejar tampilan velg namun kualitas jelek. Jika tidak maka dapat saja bermasalah di perjalanan. Apalagi jika melewati jalan berlobang. Kemungkinan ban kendaraan anda harus ganti dengan ban serep. Terpaksa anda harus ganti ban di perjalanan.

Jika anda ingin menggunakan ban model tipis, maka harus dibarengi dengan penambahan diameter velg. sehingga ukuran lingkaran luar ban yang baru harus sama dengan ukuran lingkaran luar ban yang lama. Namun jika terdapat perbedaan pastikan tidak terlalu signifikan.

Dana yang harus anda keluarkan untuk modifikasi ban dan velg kendaraan anda cukup besar dapat mencapai puluhan juta rupiah, sehingga kemungkinan anda menggunakan velg bekas yang mempunyai harga lebih murah.

Namun sebelum anda memutuskan membeli velg bekas, ada baiknya anda memperhatikan kualitas velg bekas. Pastikan velg bekas yang anda beli masih layak pakai dan aman. Hindari velg pecah, bekas bubutan, maupun terdapat tonjolan, sebaiknya telah melalui tahap balancing terlebih dahulu.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *