Home >> Perawatan Mobil >> Tips cara merawat warna mobil bercat putih agar tidak kuning

Tips cara merawat warna mobil bercat putih agar tidak kuning

Tampilan mobil bercat putih sedang in pada beberapa tahun terakhir. Merawat mobil putih sebenarnya tidak jauh berbeda dengan warna mobil lainnya. Namun karena mobil warna putih gampang kotor, tentu memerlukan perawatan mobil warna putih dengan lebih serius. Sebab mobil bercat putih sangat mudah terlihat kotor. Berikut beberapa cara merawat mobil bercat putih.

Perlu diketahui bahwa mobil warna putih sedang ngetrend pada beberapa tahun belakangan ini. Sehingga mau tidak mau anda tentu lebih memilih mobil putih karena sesuai dengan arah arus otomotif tanah air. Sebagaimana diketahui bahwa mobil warna putih cepat berganti warna menjadi putih kekuningan jika tidak dirawat dengan benar dan juga teratur. Dengan demikian merawat cat mobil warna putih memerlukan sedikit usaha supaya warna cat mobil tidak berubah menjadi sedikit kekuningan. Lantas bagaimana cara perawatan mobil warna putih ini. Berikut ulasannya :

Berbagai jenis merek dan model mobil saat ini banyak yang berwarna putih, seperti : merawat mobil putih terios, toyota fortuner, toyota avanza, toyota innova, mobil datsun GO, mobil honda mobilio, dan lainnya. Padahal pada beberapa tahun silam mobil warna putih menjadi pantangan karena telah didominasi oleh mobil ambulance.

Karena telah menjadi warna favorit maka saat ini tampilan warna putih pada sebuah mobil akan nampak indah dan menawan. Namun tanpa perawatan yang benar maka tampilan warna putih keren pada cat mobil anda akan cepat berubah menjadi kekuningan. Tentu saja keadaan ini sangat menyebalkan karena terlihat kurang perawatan.

Sebenarnya merawat mobil warna putih sama saja dengan merawat mobil warna lain. Namun karena warna putih sangat mudah kotor dan berubah warna agak kuning, maka mobil putih ini memerlukan trik perawatan yang berbeda dengan jenis mobil warna lain. Perawatan warna cat mobil paling susah yakni merawat mobil warna hitam.

mobil warna putih

Berikut tips cara merawat mobil putih secara umum :

  • Hal paling penting adalah jangan dibiarkan cat bodi mobil kotor dalam jangka waktu cukup lama hingga berhari hari apalagi setelah kehujanan. Selain sulit dibersihkan juga dapat menimbulkan bercak bercak kering yang dapat menimbulkan goresan goresan halus pada cat.
  • Selalu mencuci mobil dengan air bersih dari selang. Ketika berkendara saat hujan biasanya banyak pasir halus menempel pada bodi mobil. Saat mencucinya disarankan jangan langsung menggunakan lap, lebih baik dengan telapak tangan sambil mengucurkan air di atasnya untuk menghilangkan tempelan pasir akibat hujan.
  • Gerakkan tangan anda secara perlahan dan jangan ditekan. Tekanan kuat pada saat menghilangkan butiran pasir yang menempel pada bodi mobil dapat mengakibatkan timbulnya goresan pada cat mobil.
  • Langkah selanjutnya anda dapat menggunakan shampo khusus untuk mobil. Satu hal yang penting ketika mencuci mobil dengan shampo adalah harus membilasnya dengan bersih. Bekas shampo yang tertinggal dapat meninggalkan residu yang dapat merusak kilap cat mobil.
  • Segera lap mobil anda setelah di cuci dengan lap lembut. Anda dapat menggunakan kanebo atau kain lembut.
  • Saat anda parkir mobil di rumah sebaiknya langsung di tutup dengan sarung mobil yang berkualitas. Hal ini untuk menghindari pancaran sinar matahari secara langsung.
  • Hal penting lainnya adalah saat mobil ditutup dengan sarung mobil dan kehujanan, maka segera buka sarung mobil setelah hujan berhenti. Membiarkan mobil basah di dalam sarung mobil dapat merangsang timbulnya jamur pada cat dan kaca mobil anda.
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *