Home >> Perawatan Mobil >> Tips cara mengatasi mobil mogok yang benar

Tips cara mengatasi mobil mogok yang benar

Apakah mobil anda sering mogok di tengah jalan. Bagaimana cara mengatasi mobil mogok. Beberapa petunjuk bagaimana cara mengatasi mobil mogok di tengah jalan. Saat mobil mogok tentunya dapat menimbulkan kepanikan pengemudi. Apalagi ketika mogok kendaraan sedang berada di tengah jalan raya. Beberapa penyebab mobil mogok yang sering terjadi dapat dikelompokkan menjadi dua kategori, yaitu saat mobil sedang berjalan dan saat mobil mau star ( gagal star ). Dengan demikian anda harus banyak belajar tentang mobil mogok.

Ketika kendaraan anda sedang melaju dan tiba tiba mati mesin dapat menimbulkan resiko dan hal ini tentu sangat berbahaya dan berakibat kecelakaan lalu lintas. Apalagi saat melaju di jalan bebas hambatan.

Mobil mogok saat melaju : Sering kita lihat kendaraan mogok di tengah jalan bahkan ketika berada di tengah lalu lintas yang sedang ramai, seperti :

  • Pecah ban
  • Pengemudi belum mahir
  • over heating
  • Fan belt putus
  • BBM habis ( pasokan bahan bakar terganggu )

Mobil gagal star : Gagal star atau kendaraan tidak dapat di stater tidak hanya didominasi oleh kendaraan keluaran tahun lama, bahkan mobil baru juga dapat mengalami hal yang sama dengan benar, jika tidak dirawat. Beberapa penyebab mobil susah di stater, seperti :

  • Masalah pada kelistrikan
  • Power accu ( aki ) atau daya aki banyak berkurang
  • Masalah pada mekanik

mobil mogok

Dengan mengetahui berbagai permasalahan yang dapat terjadi tentunya dapat membantu pemilik kendaraan atau pengemudi cepat dapat mengatasi mobil yang tiba tiba mogok maupun kendaraan susah di hidupkan. Bisnis jual bel mobil bekas semakin menguntungkan.

Padahal sebenarnya hal ini tidak perlu terjadi jika anda merawat kendaraan secara berkala. Memang biaya servis di bengkel resmi cukup mahal. Hanya cek mobil aja bisa menghabiskan dana sekitar 800 ribuan untuk toyota innova. Dapatkan harga kijang innova terbaru.

Namun untuk kendaraan yang menggunakan sistem ECU ( injeksi VVTI ) sebaiknya menggunakan jasa bengkel resmi karena melibatkan setting dengan menggunakan komputer.

Untuk kendaraan model lama atau yang masih menerapkan sistem karburator, maka anda dapat belajar cara setting karburator sendiri. Di samping itu mengingat harga karburator mobil lumayan mahal, maka sudah seharusnya dirawat dan di bersihkan secara teratur. Sebab fungsi karburator memang sangat penting.

Tetapi untuk kerusakan yang tidak berhubungan dengan sistem ECU dapat mendatangi bengkel bengkel yang mempunyai kinerja baik. Karena biayanya jauh lebih murah.

Sebagai pemilik mobil juga tidak ada salahnya jika anda mengerti tentang perbaikan kendaraan khususnya untuk mobil anda sendiri. Anda juga tidak perlu kursus montir mobil. Anda cukup memperhatikan ketika mobil anda mengalami perbaikan saat mogok misalnya.

Saat mencuci atau membersihkan mobil, maka saat itu anda dapat mengamati dan memperhatikan semua komponen kendaraan anda. Hal ini akan berguna saat kendaraan anda bermasalah. Anda juga dapat belajar dengan mengunjungi atau menjadi anggota forum. Di sana dapat menemukan cara dan menemukan masalah yang berhubungan dengan mobil anda.

Hal yang paling penting adalah saat terjadi kerusakan di tengah jalan, maka sebisa mungkin tidak gugup dan panik. Ketenangan sangat dibutuhkan pada saat saat seperti itu. Dengan perasaan tenang, maka anda akan dapat berfikir secara jernih sehingga akan cepat menemukan solusi yang paling tepat. Baca juga harga honda mobilio terbaru.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *