Home >> Perawatan Mobil >> Tips bagaimana cara membersihkan radiator mobil

Tips bagaimana cara membersihkan radiator mobil

Bagaimana cara membersihkan radiator mobil anda. Mengapa radiator mobil harus dibersihkan dan bagaimana cara membersihkan radiator mobil sehingga pendinginan mesin mobil maksimal. Radiator mobil jarang sekali dibersihkan, itulah yang sering terjadi pada mobil. Padahal di dalam kisi kisi radiator menjadi tempat berkumpulnya debu debu halus.

Merawat radiator mobil sebaiknya dilakukan dengan teratur, sehingga jika ada kerusakan pada sistem pendingin mesin mobil dapat terjaga dengan baik. Radiator merupakan salah satu bagian dari sistem pendingin mesin kendaraan yang mempunyai fungsi sangat penting. Berikut petunjuk singkat bagaimana cara merawat dan membersihkan radiator mobil.

Radiator kendaraan berbentuk segi empat dan terdiri dari deretan kisi kisi yang berguna sebagai aliran udara yang berasal dari depan kendaraan. Dengan adanya aliran udara dingin tersebut maka diharapkan air yang berada di dalam radiator menjadi dingin. Pendinginan air radiator dibantu oleh blower kipas yang berada di sebelah dalam.

Air radiator mobil sudah selayaknya menggunakan bahan terbaik, jangan menggunakan air radiator sembarangan sebab akan menimbulkan endapan dan dapat menutup kisi kisi radiator. Dan hal ini dapat mengakibatkan kendaraan anda overheating.

Pada mobil mobil model lama seperti toyota kijang, putaran kipas blower radiator mengikuti putaran mesin, sehingga performa mesin sedikit terganggu karena terbebani kipas radiator. Seiring dengan perkembangan teknologi otomotif, maka pada mobil mobil generasi sekarang kipas radiator tidak mengikuti putaran mesin, namun sudah menggunakan dinamo motor sendiri yang digerakkan dari tenaga aki. ON / OFF kipas radiator diatur berdasarkan suhu ( temperature ) air radiator dan bekerja secara otomatis.

radiator mobil xenia

Kipas blower ini mempunyai fungsi ganda, selain untuk pendinginan radiator mobil juga sekaligus berfungsi mendinginkan aliran freon di kondensator. Perlu diketahui bahwa radiator mobil dan kondensator AC berada di tempat yang sama ( berjejer ) dan berada di sebelah dalam dari grill depan.

Perawatan radiator mobil sendiri dapat dibedakan menjadi dua macam. Yaitu penggantian air radiator dan perawatan kebersihan kisi kisi radiator dari debu halus yang menempel. Kedua macam perawatan radiator mobil ini seharusnya dapat dikerjakan secara teratur dan konsisten.

Dengan demikian sudah seharusnya anda memperhatikan kualitas air radiator ini. Secara umum zat cair yang dipanaskan akan meninggalkan kerak ( residu ), demikian juga dengan air di dalam radiator mobil anda, sehingga menggunakan air khusus yang diperuntukkan untuk radiator merupakan sesuatu yang tidak boleh anda remehkan.

Saat ini anda dapat dengan mudah mendapatkan air radiator berkualitas dan harganya juga tidak mahal. Air radiator coolant biasanya di jual dengan kemasan 5 liter. Ada beberapa syarat pedoman kualitas air radiator mobil :

  • Air murni dengan atau tanpa kandungan alkali dan asam.
  • Mengandung glycol dan anti-karat
  • Tidak menyebabkan lumut
  • Tidak meninggalkan kerak atau residu

Kandungan glycol berfungsi untuk menaikkan titik didih air dan sekaligus menurunkan titik beku air, dengan demikian maka saat terjadi pemanasan mesin kendaraan, maka air radiator tidak cepat mendidih. Hal ini akan mengakibatkan tidak adanya uap air. Dampaknya air radiator tidak akan berkurang.

Demikian juga dengan tambahan zat anti karat. Karat merupakan musuh utama logam, maka dengan adanya zat anti karat yang terkandung di dalam air radiator, maka radiator mobil anda akan lebih awet.

Meskipun demikian ada kalanya anda harus menguras atau mengganti air radiator. Karena bagaimanapun juga namanya air panas tentu meninggalkan residu dalam jangka waktu tertentu bahkan parahnya juga mengandung lumpur. Untuk itu sebaiknya anda mengganti cairan air radiator setiap 20.000 km.

Kebersihan kisi kisi radiator juga penting, untuk itu semprot dengan angin karena debu banyak menempel pada kisi kisi radiator. Hal ini dapat membantu proses pendinginan mesin kendaraan.

Harga radiator mobil berbagai type dan jenis mobil dapat membantu anda mempersiapkan besarnya dana saat servis radiator mobil anda.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *