Home >> Perawatan Mobil >> Sistem pendingin mesin mobil fungsi dan cara kerjanya

Sistem pendingin mesin mobil fungsi dan cara kerjanya

Sistem pendingin mesin mobil atau lebih dikenal sebagai radiator mobil. Bagaimana cara kerja sistem radiator mobil dan apa sebenarnya fungsi radiator. Ikuti beberapa keterangan berikut, sehingga anda mendapat gambaran yang jelas tentang radiator mobil.

Apa sih fungsi radiator mobil. Radiator mempunyai fungsi utama sebagai sistem pendingin mesin mobil. Namun radiator mobil dapat bekerja dengan baik jika berisi air, jika air radiator berkurang akan berdampak pada panasnya mesin mobil yang mana sering disebut sebagai overheat dan akan berakibat matinya mesin mobil anda, pada kenyakan kasus biasanya kerja sistem pendingin mesin tidak maksimal. Apa penyebab terjadinya overheat pada kendaraan.

Radiator pada mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Radiator mobil harus tetap dijaga dengan baik bahkan gangguan pada sistem radiator akan berdampak matinya mesin mobil anda. Radiator mobil terletak di bagian paling depan bersebelahan dengan kondensor AC. Lihat cara kerja sistem AC mobil.

Radiator mobil panas ( overheat ) disebabkan oleh berbagai sebab. Namun dengan satu penyebabpun juga dapat menimbulkan terjadinya radiator mobil panas. Berikut beberapa penyebab terjadinya overheat pada radiator mobil yang sering terjadi :

Apa saja penyebab overheat

  • Air radiator sangat kurang
  • Water pump air radiator rusak
  • Selang radiator bocor karena sudah tua
  • Air pada tangki cadangan kosong
  • Kipas pendingin radiator mati
  • Sirip sirip radiator sangat kotor

pendingin mesin mobil

Kipas radiator mobil berfungsi untuk mendinginkan air panas di dalam radiator, sehingga jika kipas radiator mati sudah pasti akan membuat mesin overheat dan mati.

Pada kendaraan generasi lama seperti mobil kijang kipas radiator ini jarang bermasalah karena putaran kipas mengikuti putaran mesin, sehingga kecepatannya sebanding lurus dengan putaran mesin.

Pada mobil generasi baru kipas radiator menggunakan sistem yang berbeda. Kalau pada mobil generasi pertama menggunakan sistem mekanik ( mengikuti putaran mesin ), tetapi pada mobil generasi baru menggunakan sistem elektrik, sehingga putarannya tidak mengikuti putaran mesin.

Kipas radiator mobil sekarang mati hidupnya tergantung switch  yang perintahnya dari thermostat yang berada di dalam water pump. Itulah sebabnya kenapa suhu mesin mobil generasi baru selalu stabil. Secara umum suhu mesin diatur ke angka sekitar 80 hingga 84 derajat celcius.

Bagaimana cara kerja radiator mobil. Pada dasarnya cara kerja sistem radiator mobil sebagai berikut :

Pada saat mesin dihidupkan sudah pasti panasnya akan merembet ke sistem sirkulasi air radiator ( silinder block ). Pada saat suhu mesin mencapat sekitar 84 derajat, maka switch akan membuka klep. Switch ini mendapat perintah dari thermostat. Di saat klep membuka bersamaan dengan bekerjanya kipas radiator.

Sistem ini akan berhenti bekerja setelah suhu air radiator mencapai sekitar 80 derajat celcius. Begitu seterusnya terjadi berulang ulang. Dengan demikian sistem radiator ini akan menjaga suhu mesin tetap di kisaran 80 hingga 84 derajat celcius.

Biar lebih jelas berikut admin tuliskan komponen komponen yang berada di dalam sistem radiator mobil.

Komponen sistem radiator mobilRadiator : Berbentuk empat persegi panjang yang berada di bagian paling depan. Radiator terdiri dari celah celah sempit ( kisi kisi ) yang di dalamnya berisi air radiator.

Kipas radiator : Berada di dekat ( dibelakang ) radiator. Berfungsi untuk membantu mendinginkan air radiator dengan hembusan angin.

Water pump : Berfungsi untuk sirkulasi air radiator.

Thermo Sensor : merupakan thermostat yang bertugas membaca suhu air radiator.

Thermo switch : Berupa saklar yang dihubungkan untuk star stop kipas radiator.

Thermostat : Merupakan sebuah klep yang membuka dan menutupnya disesuaikan dengan suhu air radiator.

Reservoir tank : Merupakan tempat cadangan air radiator.

Radiator cap : Sebagai penutup radiator untuk menahan air supaya tidak keluar.

Air radiator mobil sebenarnya air murni, namun disarankan untuk menggunakan air khusus radiator. Air radiator yang bagus adalah jika dipanaskan tidak menimbulkan kerak. Ada baiknya anda membaca daftar harga radiator mobil berbagai merek.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *