Home >> Perawatan Mobil >> Pilih oli mesin terbaik untuk mobil anda

Pilih oli mesin terbaik untuk mobil anda

Oli mesin terbaik dapat mencegah keausan logam mesin mobil anda. Sehingga pilih oli mesin terbaik untuk performa dan keawetan mobil anda. Ganti oli mesin secara teratur sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil dan kualitas oli mesin yang anda gunakan. Salah menggunakan oli dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil anda. untuk itu pilih oli mesin kualitas terbaik sehingga performa mesin mobil tetap terjamin.

Pada umumnya para pemilik kendaraan seperti mobil dan motor mengetahui akan hal ini, namun banyak di antara pemilik kendaraan ini suka coba coba. Dan hasilnya setelah terjadi kerusakan timbul penyesalan. Sebenarnya para produsen kendaraan telah memberikan rekomendasi jenis dan merek oli yang seharusnya digunakan untuk produk mereka. Namun ada saja kekurangan kualitas merek oli rekomendasi pabrikan ini. Hal ini banyak diperbincangkan pada sejumlah forum otomotif. Karena itulah banyak pemilik mobil dan motor yang menggunakan merek dan jenis oli yang tidak sesuai dengan rekomendasi produsen kendaraan.

Pada kenyataannya belum ada hasil kesimpulan yang jelas tentang penyebab kerusakan mesin kendaraan yang diakhibatkan oleh kesalahan memilih merek oli mesin. Sebab pada hakekatnya kerusakan mesin mobil maupun motorĀ  tidak hanya disebabkan oleh kesalahan menggunakan merek atau jenis oli tertentu. Sehingga memerlukan penyelidikan lebih detil dan lebih teliti. Namun demikian kadang sebagian dari kita langsung mengambil kesimpulan bahwa merek oli yang kita gunakan keliru, kesimpulan sepihak memang.

Ada semacam pengertian yang berkembang di masayarakat bahwa gonta ganti merek oli dapatĀ  mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil. Namun hingga saat ini tidak ada pembahasan lebih lanjut tentang hal ini. Sehingga terkesan hanya rumor tanpa tahu sumbernya. Setiap jenis dan merek oli mempunyai masa pakai yang berbeda. Namun pada prakteknya para pemilik mobil selalu menerapkan masa penggunaan oli dengan kilometer yang sama.

Kualitas oli semakin berkurang saat mesin mobil dihidupkan, sehingga semakin lama mesin mobil hidup maka semakin berkurang pula kualitas oli mesin. Sebagian besar pemilik kendaraan selalu mengganti oli mesin mobilnya pada pemakaian 5,000 km hingga 10,000 km. Yang menjadi pertanyaan masih samakah kualitas oli mesin saat di gunakan pada 1,000 km dengan 5,000 km.

oli mesin terbaik
oli mesin

Panas mesin dapat mempercepat kerusakan performa oli. Sehingga pada mobil mobil yang sering digunakan untuk kecepatan tinggi seharusnya lebih pendek waktu penggantian oli mesinnya. Hal yang berbeda jika mobil sering digunakan pada kecepatan rendah hingga sedang tentu performa dan kualitas oli mesin lebih awet.

Jika demikian maka gantilah oli mesin mobil anda sebelum tiba masa berakhirnya penggunaan oli habis. Jangan menunggu hingga batas akhir masa pakai oli. Secara umum penggantian oli mesin mobil setelah kendaraan melaju pada angka 5,000 km. Mengapa anda tidak mengganti oli setiap pemakaian 4,000 km. Anggak perlu bingung sebab anda bisa ganti oli mesin sendiri.

Loading...

Apapun merek dan jenis oli mesin yang anda gunakan, maka gantilah sebelum waktunya dan tidak ada kerugian untuk itu. Penggunaan oli mesin yang terlalu lama dapat merangsang kerusakan dan pergesekan logam mesin kendaraan. Yang pasti kerusakan mesin kendaraan akibat oli mesin tidak terjadi dalam waktu sekejap namun setelah terjadi beberapa tahun secara terus menerus. Pada hakekatnya setiap merek oli mempunyai mutu atau kualitas tidak berbeda jauh.

Sering cek ketinggian level oli dapat mendeteksi lebih awal berkurangnya volume oli mesin pada mobil anda. Menjaga volume oli dalam mesin mobil dalam batas normal akan jauh lebih penting dari pada merek oli yang anda gunakan. Waspada terhadap oli mesin merek asli tapi palsu, sebab saat ini banyak beredar oli palsu dengan menggunakan wadah oli resmi. Baca juga harga oli mesin mobil berbagai merek.

loading...

Leave a Reply