Home >> Perawatan Mobil >> Petunjuk cara perawatan secara berkala mobil honda

Petunjuk cara perawatan secara berkala mobil honda

Buku pedoman perawatan secara berkala mesin mobil sangat penting khususnya para pemilik mobil pribadi. Bagi pemilik mobil baru maupun mobil bekas sebaiknya memperhatikan dan menjalankan cara merawat mobil dengan benar. Cara merawat kendaraan tidak hanya memperhatikan kebersihan bodi, tetapi juga harus memperhatikan kinerja mesin mobil. Sehingga performa mesin tetap terjaga dengan baik, dengan demikian kondisi mesin akan tetap prima meskipun usia kendaraan sudah beberapa tahun.

Pada review kali ini admin akan berbagi pengalaman cara perawatan mobil produk honda secara berkala dengan mengikuti petunjuk dari pabrikan mobil honda. Pedoman perawatan mesin mobil ini khususnya meliputi : perawatan mobil honda Accord, perawatan mobil honda Civic, perawatan mobil honda CR-V, perawatan mobil honda City, perawatan mobil honda Jazz, dan perawatan mobil honda Freed.

Bagaimana cara merawat mobil yang benar. Perawatan mobil pada dasarnya memperhatikan dan mengganti spare part secara berkala sesuai dengan lamanya pemakaian atau menurut jarak yang di tempuh suatu kendaraan. Penggantian spare part atau suku cadang mobil sebenarnya sudah disertakan oleh pabrikan mobil saat anda membeli mobil baru. Namun bagaimana jika anda membeli mobil bekas. Tentu saja anda akan kebingungan cara merawat kendaraan anda, karena setiap jenis suku cadang memerlukan penggantian secara berlainan.

Untuk membantu anda melakukan perawatan mobil honda khususnya : honda Civic, honda City, honda Jazz, honda Accord, honda Freed, maupun mobil honda CR-V, maka akan kami tampilkan daftar perawatan dan penggantian suku cadang menurut waktu dan jarak tempuh kendaraan.

Penggantian suku cadang dalam pedoman perawatan ini bukan karena disebabkan oleh kerusakan spare part, namun lebih pada penggantian secara berkala, sehingga setelah tiba waktu penggantian maka anda mau tidak mau harus mengganti suku cadang yang dimaksud. Tujuan perawatan secara berkala ini sudah jelas bertujuan untuk menjaga kondisi mesin dan spare part supaya tetap prima. Dengan demikian jika anda tetap memelihara kendaraan anda sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil, maka akan dapat meminimalkan kerusakan maupun gangguan mesin mobil anda.

perawatan mobil honda

Pedoman cara perawatan secara berkala mobil honda Accord, honda Civic, dan honda CR-V :

Loading...
Sesuai waktu/km bulan 6 12 18 24
mana tercapai dulu x1000km 10 20 30 40
oli mesin  √  √  √
filter oli  √  √
saringan udara P  √ P  √
celah katup P
filter bahan bakar
busi  √
timing belt
drive belt P P
air radiator P  P  P  P
oli transmisi matic
oli transmisi manual
minyak rem P P P P
filter udara blower AC  √  √

nb:

Penggantian oli mesin pada pemakaian normal setiap 10.000 km ( 6 bulan ), tetapi pada penggunaan berat ( sering melakukan perjalanan jarak jauh ) dapat setiap 5.000 km. Demikian juga dengan filter oli juga dapat dipercepat. Pada dasarnya semakin sering melakukan penggantian oli mesin maupun filter mesin semakin bagus.

Ketika anda membeli mobil honda baru maka penggantian air radiator pertama setelah menempuh jarak 200.000 km atau setelah 5 tahun pemakaian. Dan pada penggantian selanjutnya dapat setiap 40.000 km (2 tahun). Namun demikian anda tetap harus cek air cadangan radiator.

Penggantian busi tergantung jenis busi yang digunakan, jika anda menggunakan busi iridium, maka penggantian setelah 100.000 km pemakaian.

Pedoman cara perawatan secara berkala mobil honda City, honda Jazz, dan honda Freed secara umum hampir sama dengan pedoman perawatan diatas, namun ketiga type mobil tersebut tidak memerlukan penggantian timing belt.

Agar mobil honda anda tetap aman dan nyaman, maka ada baiknya anda juga melakukan rotasi ban secara berkala dan isi ban anda dengan menggunakan nitrogen, sebab ban isi nitrogen lebih awet dan lebih aman karena tidak cepat panas. Meskipun ban mobil tidak termasuk dalam agenda perawatan secara berkala, namun perawatan ban tetap harus anda lakukan dengan teliti. Ban isi nitrogen lebih disarankan dari pada dengan isi angin kompresor.

loading...

Leave a Reply