Home >> Perawatan Mobil >> Pedoman perawatan dan penggantian suku cadang honda City, Jazz, dan Freed

Pedoman perawatan dan penggantian suku cadang honda City, Jazz, dan Freed

Anda pemilik mobil honda City, honda Jazz, dan honda Freed. Perhatikan pedoman perawatan maupun penggantian suku cadang secara berkala supaya performa dan mesin mobil anda tetap handal. Dengan menerapkan petunjuk perawatan secara teratur dan berkala sesuai dengan petunjuk yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil honda. Banyak pemilik mobil yang tidak mempunyai buku petunjuk perawatan maupun penggantian suku cadang mobil miliknya. Sehingga mereka tidak mengerti kapan penggantian spare part dan cara perawatannya. Pada update kali ini admin akan berbagi informasi pedoman perawatan dan penggantian mobil khususnya mobil honda City, Jazz, dan honda Freed.

Saat membeli mobil baru honda biasanya sudah dilampirkan buku servis kendaraan dan penggantian suku cadang secara berkala. Namun  bagaimana mereka yang membeli mobil honda bekas, sudah tentu tidak memiliki buku petunjuk servis secara berkala. Dengan demikian banyak pemilik mobil bekas kebingungan kapan harus mengganti spare part mobil miliknya. Pelajari cara membeli mobil bekas yang benar.

Penggantian oli mesin mengacu berdasarkan pemakaian kendaraan. Jika operasional kendaraan nonstop jarak jauh, maka termasuk kategori pemakaian berat dan disarankan penggantian oli mesin setiap 5000 km / 3 bulan. Namun untuk pemakaian normal dapat diganti setiap 10.000 km / 6 bulan.

Demikian juga dengan penggantian filter oli, pada penggunaan berat setiap 10.000 km / 6 bulan, tetapi pada pemakaian normal dapat setiap 20.000 km / 1 tahun. Jangan lupa busi mobil anda. Mobil honda milik anda menggunakan busi jenis iridium dan lakukan penggantian secara berkala setiap 100.000 km pemakaian.

Ketika anda membeli mobil honda baru lakukan penggantian ( kuras ) air radiator pendingin setelah 200.000 pemakaian / 5 tahun. Penggantian air radiator sesi selanjutnya setiap 2 tahun / 40.000 km pemakaian. Namun demikian anda tetap berkewajiban selalu cek level air radiator paling tidak seminggu sekali. Hal ini untuk antisipasi bila terjadi penurunan.

suku cadang honda

Petunjuk penggantian suku cadang honda city, honda jazz, dan honda freed ini admin rangkum dari buku pedoman petunjuk resmi, sehingga dapat dijadikan pedoman servis berkala pemilik mobil honda bekas.

Petunjuk perawatan berkala mobil honda city, honda jazz, dan honda freed

Sesuai waktu/km bulan 6 12 18 24
mana tercapai dulu x1000km 10 20 30 40
oli mesin
filter oli
saringan udara P
celah katup P
filter bahan bakar
busi
drive belt P P
air radiator P P P P
oli transmisi matic  berat
oli transmisi manual  berat
minyak rem P P P P
filter udara blower AC

Demikian juga dengan ketebalan kampas rem depan maupun belakang. Disarankan untuk cek setiap 6 bulan dan bila perlu dapat sekalian rotasi ban mobil honda anda. Penukaran ban secara teratur bertujuan untuk memaksimalkan kinerja dan meratakan kembang ban, sehingga pengurangan kembang ban dapat serempak.

Disamping itu anda sebagai pemilik kendaraan juga disarankan untuk memeriksa fasilitas pendukung, seperti : sistem suspensi, sistem rem, peralatan navigasi. Star up mobil anda memerlukan aki selalu prima dan bekerja dengan baik, sehingga memeriksa ketinggian air aki sangat penting anda lakukan.

Perawatan mobil honda secara terus menerus merupakan hal wajib yang mesti di patuhi oleh setiap pemilik kendaraan. Hal ini bertujuan supaya mobil honda anda tetap dalam keadaan prima. Untuk info harga mobil merk honda silahkan dapatkan harga mobil honda terbaru 2016.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *