Home >> Perawatan Mobil >> Pedoman cara perawatan mesin mobil yang benar

Pedoman cara perawatan mesin mobil yang benar

Cara perawatan mesin mobil. Merawat mesin mobil berarti merawat bodi dan juga mesin mobil. Perawatan mesin mobil sendiri dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu merawat mesin mobil manual dan perawatan mesin mobil matic, lihat cara perawatan mobil bekas. Meskipun secara umum caranya hampir sama, namun ada sedikit perbedaan terhadap perawatan mobil manual dan perawatan mobil matic. Sedangkan perawatan bodi mobil sama untuk setiap jenis mobil. Perawatan bodi mobil dapat di artikan sebagai menjaga cat mobil sehingga selalu kelihatan mengkilap. perawatan mesin mobil katana, mobil diesel, mobil avanza, kijang super, kijang LGX, isuzu panter

Pada dasarnya perawatan mesin mobil baru maupun perawatan mobil bekas tidak jauh berbeda, karena fungsi perawatan sebuah kendaraan adalah untuk menjaga setiap komponen mobil bekerja dengan sempurna. Dengan perawatan secara berkala dan teratur, maka sebagai pemilik mobil anda akan mengetahui sejak dini kerusakan yang terjadi. Dengan demikian kerusakan tidak menjadi parah dan tidak menambah kerusakan pada komponen yang lain.

Sebelum kita melakukan perawatan mesin mobil dengan cara yang benar, maka sebaiknya terlebih dahulu anda memperhatikan sedikit tips berikut ini khususnya bagi pemilik mobil baru. Ada semacam pandangan yang keliru berkembang di masyarakat kita selama ini, seperti : Saat mesin hidup stationer (langsam) sering dibarengi dengan injakan gas berkali kali.

Perlu diketahui bahwa kerusakan komponen pada sebuah mobil akan mengakibatkan kerusakan komponen lainnya yang berhubungan dengan kerusakan sebelumnya. Sehingga cepat memperbaiki kerusakan pada awal kejadian tentu lebih baik dan akan memerlukan biaya lebih sedikit. Membiarkan kerusakan komponen dalam jangka waktu yang cukup lama justru dapat memperparah keadaan mobil anda. Contoh paling sederhana misalnya aki mobil anda bermasalah ( soak ) maka cara anda menghidupkan kendaraan tentu dengan mendorongnya. Jika keadaan ini berlangsung terus menerus maka bukan tidak mungkin sistem transmisi mobil anda akan cepat rontok.

Bahkan saat mobil akan digunakan untuk mempercepat panas mesin selalu menginjak gas berkali kali sehingga mesin cepat panas. Dan hal berikutnya saat akan mematikan mesin mobil selalu menginjak gas dalam dalam dan langsung mesin dimatikan. Dengan demikian sebaiknya anda menghindari kebiasaan yang keliru tersebut.

perawatan mesin mobil

 

Sebenarnya sebelum mobil di jual ke konsumen telah melalui berbagai tahap uji coba sedemikian rupa sehingga mobil yang anda beli telah siap digunakan untuk melaju di jalanan. Dengan demikian mobil anda sudah tidak memerlukan apa yang disebut dengan “reyen” yaitu melancarkan putaran mesin dengan melaju pelan yang bertujuan untuk mengeraskan logam mesin kendaraan. Kendaraan kendaraan generasi baru baik itu mobil maupun motor sudah tidak memerlukan reyen lagi. Ada info harga mobil toyota terbaru 2016.

cara perawatan mobil

Namun demikian ada satu hal penting yang harus anda hindari terutama ketika anda membeli mobil baru khususnya pada pemakaian  1000 km pertama. Beberapa hal tersebut meliputi :

  • Pada saat kendaraan hidup stationer ( langsam ) dibarengi dengan injakan gas tanpa mengerti apa maksud sebenarnya dengan injakan gas saat mobil diam tersebut. Kebanyakan hanya sekedar ikut ikutan.
  • Buat melaju dengan kecepatan sangat tinggi sehingga melebihi kecepatan yang di ijinkan.
  • Saat kendaraan melaju dengan memainkan pedal gas.
  • Meskipun kebanyakan tidak sengaja, namun sebaiknya hindari pengereman mendadak.
  • Laju mobil tidak sesuai dengan tingkat gigi percepatan, misalnya saat mobil melaju pada kecepatan 20 km/jam dengan gigi maksimal ( gigi 5 ) dan kendaraan terus bergetar karena tingkat gigi percepatan tidak sesuai dengan laju kendaraan.
  • Hindari juga melaju dengan tingkat gigi sama dalam jangka waktu cukup lama.

Pelanggaran terhadap saran di atas dapat mempercepat rusaknya komponen komponen mobil anda, komponen mobil akan cepat aus sebelum waktunya.

Untuk menghindari kerusakan komponen mobil itulah maka diperlukan tindakan servis kendaraan secara berkala dan teratur. Servis berkala juga bertujuan untuk mendeteksi sejak dini jika terjadi kerusakan pada komponen, onderdil, suku cadang, sistem elektrik, dan lainnya. Servis berkala tidak hanya sekedar mengganti oli, minyak rem, minyak transmisi saja, namun servis berkala juga melakukan berbagai pekerjaan lainnya, seperti :

  • Pengecekan semua sistem dalam mobil anda, sehingga memastikan semua sistem mobil bekerja secara sempurna.
  • Cek dan melakukan pembersihan terhadap sistem pengapian dan sistem pembakaran.
  • Melakukan analisa dan merekondisi komponen, mesin dan gas buang kendaraan.
  • Mengembalikan setting mobil sehingga kembali semula yang disesuaikan dengan standar pabrikan mobil.

Dengan demikian servis secara rutin sangat diperlukan untuk menjaga keawetan semua komponen mobil anda. Baca juga harga mobil honda terbaru 2016.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *