Home >> Perawatan Mobil >> Kenapa headlamp mobil sering berembun dan tips

Kenapa headlamp mobil sering berembun dan tips

Headlamp dan lampu mobil mempunyai fungsi yang sangat penting. Dengan sorotan lampu tajam akan memudahkan anda mengendarai kendaraan anda. Namun jika bagian lampu ( headlamp ) berembun tentu akan mengganggu pandangan anda, dan hal ini jangan diremehkan, karena berbahaya dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat berkendara bahkan dapat menimbulkan terjadinya kecelakaan dijalan raya. Apa penyebab headlamp mobil berembun?

Jika anda menggunakan sepeda motor masih mending, karena anda dapat membuka kaca helmet anda. Namun bagaimana jika anda mengendarai mobil, tentu sangat mengganggu pandangan anda, terlebih pada malam hari dan dengan kondisi sedang hujan. Di samping kendaraan anda juga memerlukan sistem AC yang baik, apa lagi saat hujan yang berguna untuk menghilangkan embun di kaca depan. Ketika mengendarai mobil saat hujan dengan tanpa dilengkapi seperangkat AC yang bagus, maka perjalanan anda menjadi tidak nyaman dan sangat berbahaya, karena pandangan anda terganggu.

Hanya ada satu penyebab headlamp berembun yaitu uap air. Yang menjadi masalah adalah dari mana datangnya uap air dan terperangkap di dalam. Hal ini biasanya disebabkan oleh kebocoran pada lobang lampu atau lobang kabel. Dengan demikian anda harus cepat mencari solusi tentang penyebab headlamp berembun ini.

Penyebab headlamp berembun

Sebenarnya penyebab headlamp berembun tidak terlalu rumit dan dapat mudah ditebak. Headlamp berembun disebabkan karena adanya air atau uap air masuk dan terperangkap di dalam headlamp. Permasalahannya justru terletak pada cara menghilangkannya, apalagi jika hal ini sangat sering terjadi.

Beberapa kemungkinan penyebab headlamp berembun adalah :

  • Terdapat celah pada bagian body headlamp.
  • Karet soket bohlam robek atau sudah tua, sehingga kurang rapat.
  • Terdapat celah sempit pada sambungan mika headlamp.
  • Kemungkinan packing / perekat headlamp tidak sempurna sehingga masih terdapat celah.

headlamp mobil berembun

Cara menghilangkan headlamp berembun

Banyak penyebab mengapa headlamp berembun, namun yang pasti karena ada uap air masuk dan terperangkap di sana. Secara ilmiah bahwa udara yang terperangkap dalam suatu bejana jika didinginkan akan terjadi pengembunan, demikian juga dengan kendaraan anda.

headlamp normal

Secara normal setiap headlamp akan berembun ketika suhu udara dingin atau sedang hujan, namun ketika lampu dinyalakan biasanya tidak berapa lama embun akan hilang. Namun headlamp yang palingĀ  bagus adalah headlamp yang tidak mempunyai aliran udara masuk maupun keluar ( vacum ), sehingga ruangan headlamp hampa. Dengan demikian ruang headlamp tidak terpengaruh udara luar.

Namun pada suatu ketika headlamp anda tiba tiba menjadi berembun, padahal sebelumnya tidak pernah terjadi. Hal ini terjadi biasanya pada suatu waktu anda pernah mengganti bohlam atau membuka headlamp untuk suatu keperluan. Ketika headlamp anda terbuka ( penggantian bohlamp ), maka akan terjadi udara masuk dan terperangkap disana, hal ini akan menyebabkan berembun ketika suhu dingin.

Disarankan ketika anda mengganti bohlam sebaiknya dikerjakan pada siang hari ( suhu panas ), hal ini bertujuan untuk meminimalkan uap air dalam udara. Jika dilakukan pada malam hari, terlebih pada waktu hujan, maka udara yang masuk ke dalam headlamp anda akan bercampur dengan uap air, sehingga ketika suhu udara luar dingin akan berpengaruh pada udara di dalam headlamp.

Jika anda sering mengalami headlamp mobil kesayangan anda berembun, tidak usah bingung dan panik. Anda dapat mengatasi hal ini dengan mudah. Bagaimana caranya menggilangkan embun pada headlamp? Sebaiknya anda dapat mengerjakan sendiri dan tidak perlu pergi ke bengkel, karena sebenarnya sangat mudah.

Disarankan untuk mengerjakan pada siang hari dan sedang tidak mendung ( usahakan suhu udara panas dengan minimal kandungan uap air ). Buka headlamp anda atau anda dapat hanya membuka ( mencopot ) bohlamp. Ambil hairdryer dan panasi udara dalam headlamp, sebaiknya jangan terlalu panas, karena dikawatirkan merusak headlamp.

Hal ini bertujuan untuk mengusir keluar kandungan uap air yang terperangkap kedalam headlamp. Terakhir pasang kembali bohlamp dan pastikan tidak ada lobang sekecil apapun untuk keluar masuk udara. Ada baiknya anda olesi dengan silikon pada daerah daerah yang diperkirakan ada kebocoran. Baca juga harga motor yamaha terbaru update 2016.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *