Home >> Perawatan Mobil >> Jenis kaca film mobil dan fungsinya

Jenis kaca film mobil dan fungsinya

Kaca film mobil terbaik berfungsi memantulkan cahaya panas sinar matahari. Harga kaca film mobil bervariasi tergantung jenis dan typenya. Biasanya harganya sekalian ongkos pasang, sehingga biasanya tidak tercantum harga pasang kaca film mobil. Berikut beberapa jenis dan type kaca film mobil.

Kaca film mobil bukan termasuk bagian onderdil kendaraan, namun kaca film ini mempunyai fungsi sangat penting untuk kenyamanan penumpang kendaraan, khususnya mobil pribadi. Tanpa dilengkapi dengan kaca film mobil terbaik yang berkualitas, maka anda tidak nyaman duduk di dalam kendaraan terutama ketika cuaca sedang panas dan kesehatan kulit anda terancam. Hal ini juga cepat merusakkan AC mobil anda.

Fungsi kaca film yaitu sebagai pelindung dari terpaan sinar matahari langsung. Perlu diketahui bahwa sinar matahari mengandung sinar ultraviolet yang sangat berbahaya untuk kesehatan kulit anda. Sehingga penggunaan kaca film merupakan suatu keharusan bagi pemilik mobil pribadi.

Jenis kaca film

Dalam perkembangannya saat ini mempunyai beberapa jenis yang disesuaikan dengan fungsinya, seperti :

1. Infra Red Reflectance

Jenis kaca film ini mempunyai fungsi utama sebagai penolak sinar infra merah dari sinar matahari. Kemampuan Infra Red Reflectance ( IRR ) yaitu menolak panas yang ditentukan dengan besar kecilnya % IRR, sehingga semakin tinggi bilangan % tentu semakin banyak menolak panas. Dengan demikian udara dalam kabin mobil akan semakin dingin. Hal ini dapat memperingan kerja AC, namun juga sebaiknya memperhitungkan bilangan %. Dengan penolakan panas matahari ini tentu saja mobil anda menjadi irit bahan bakar. Ada beberapa hal yang dapat  menambah kenyamanan di dalam kabin mobil anda selain kaca film yaitu sarung jok mobil juga berpengaruh pada kerja sistem AC.

kaca film

2. Total Solar Energy Rejected

Total Solar Energy Rejected atau sering disebut sebagai kaca film TSR berfungsi hampir sama dengan IRR yaitu sebagai pencegah panas matahari masuk. Kemampuan menolak panas kaca film TSR juga ditentukan oleh besar kecilnya dalam %.

3. Visible Light Transmittance

Jenis Visible Light Transmittance ( VLT ) berbeda dengan dua jenis kaca film di atas ( IRR maupun TSR ), Jenis kaca film VLT berfungsi untuk mencegah masuknya cahaya dari sinar matahari. Di pasaran Visible Light Transmittance ini sering disebut sebagai kaca film 40, kaca film 60, dan seterusnya. Sehingga semakin tinggi bilangan akan berdampak semakin gelap dalam ruang kabin mobil.

4. Ultra violet Transmittance

Sering disebut sebagai kaca UVT. Sinar ultraviolet sangat berbahaya dan dapat membuat kulit terbakar, demikian juga dengan peralatan di dalam kabin mobil anda akan cepat berubah menjadi kusam dan gampang pecah. Kaca film UVT berfungsi untuk mencegah masuknya sinar ultraviolet matahari. Semakin besar bilangan % maka semakin besar sinar ultraviolet yang masuk. Dengan demikian seharusnya anda menggunakan bilangan paling kecil yaitu 1%.

Harga kaca film dari yang ratusan hingga jutaan rupiah tergantung merek dan jenis yang digunakan. Tentunya harga kaca film sangat bervariasi dan tergantung dari jenis maupun mereknya. Merek impor lebih mahal, namun kualitas terjamin. Sebaiknya pilih jenis yang sesuai dengan penggunaannya.

kaca film mobil

Untuk daerah tropis seperti Indonesia, menggunakan sebaiknya menggunakan jenis Ultra violet Transmittance karena dapat mencegah sinar ultraviolet dari matahari sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit ( kanker ) kulit dan memperpanjang peralatan di dalam kabin mobil.

Dengan menggunakan kaca film anda akan memperoleh keuntungan, seperti :

  • Ruang kabin tidak panas.
  • Memperingan kerja AC sehingga lebih irit bahan bakar.
  • Peralatan dalam kabin terutama dashboard akan lebih awet.
  • Menambah kenyamanan ketika berkendara.

Ketika anda akan menerapkan kaca film untuk mobil anda, maka sebaiknya pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan mobil anda. Pilih ukuran yang umum digunakan. Biasanya untuk kaca depan lebih terang dari pada kaca film untuk samping maupun belakang. Dan kaca film samping depan juga lebih terang dari pada samping belakang.

Kaca film 3m dapat anda jadikan pertimbangan untuk dipasang pada kendaraan anda. Namun sebaiknya anda membelinya melalui dealer resmi. Hal ini untuk menghindari barang palsu yang sangat mirip dengan aslinya.

Bagaimana cara pasang kaca film mobil. Pemasangan kaca film sebaiknya dilakukan oleh mereka yang berpengalaman, sehingga hasilnya sempurna. Jangan mencoba pasang sendiri. Pemasangan kaca film membutuhkan kerapian yang tinggi.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *