Home >> Perawatan Mobil >> Dampak buruk cara parkir mobil di bawah terik sinar matahari

Dampak buruk cara parkir mobil di bawah terik sinar matahari

Cara parkir mobil anda dapat menentukan usia dan kualitas cat mobil dan performa mesin kendaraan anda. Banyak tip dan trik bagaimana cara parkir mobil yang benar. Sebagian besar pemilik kendaraan menganggap remeh tentang bagaimana dan di mana sebaiknya mobil di parkir, padahal kebiasaan cara parkir mobil yang salah dapat mengakibatkan kerusakan pada mobil khususnya lapisan cat mobil anda.

Meskipun hanya parkir mobil ternyata setiap keadaan dan tempat memerlukan cara parkir mobil yang berbeda. Beberapa permasalahan tentang cara parkir mobil akan dibahas di sini secara lengkap, sehingga anda mendapatkan tip dan trik cara parkir mobil yang benar, sehingga dapat memperpanjang usia kendaraan anda.

Saat ini banyak di jual sarung mobil dengan berbagai model dan jenis dari harga murah hingga harga mahal. Dan pada kenyataannya banyak pemilik mobil menerapkan sarung mobil harga murah yang sebenarnya tidak dapat melindungi cat maupun bodi mobil secara maksimal.

Berikut penjelasannya :

  • Cara parkir mobil matic : Mobil transmisi matic mempunyai sistem perpindahan gigi yang berbeda dengan yang manual, sehingga cara parkirnya juga sedikit berbeda.
  • Cara parkir mobil manual : Parkir mobil manual memerlukan trik khusus apalagi ketika memarkir mobil di tempat sempit seperti di pinggir jalan. Anda dapat belajar cara parkir mundur yang aman dan cepat.
  • Cara parkir mobil di mall : Teknik cara parkir di mall sebenarnya hampir mirip dengan cara parkir mundur hanya tempatnya saja yang berbeda.
  • Cara parkir mobil pemula : Bagi yang baru saja belajar mengemudi tidak ada salahnya anda mulai belajar cara parkir sendiri, namun karena dalam tahap belajar maka sebaiknya saat anda parkir mundur sambil mengeluarkan sedikit kepala anda untuk melihat bagian kanan kendaraan. Pastikan ruang parkir cukup dan posisi mobil lebih banyak ke kanan karena dapat anda pantau dengan mudah.
  • Cara parkir mobil di garasi : Saat anda akan memarkir mobil di garasi maka lebih mudah dengan posisi mundur dari pada maju, karena anda akan lebih leluasa menggeser posisi kendaraan.
  • Cara parkir mobil di tanjakan dan turunan : Memang sedikit berbahaya saat parkir di tanjakan maupun turunan tajam, sebab bisa saja kendaraan anda nyelonong sendiri. Untuk itu parkirlah secara perlahan dan tangan kiri selalu memegang handrem sebagai langkah cepat saat kendaraan nyelonong. Lebih baik lagi jika anda bantu dengan mengganjal salah satu roda kendaraan anda.

mobil parkir siang hari

Dimanapun dan bagaimanapun anda memarkir mobil anda tentunya tidak akan menimbulkan masalah jika anda sabar dan tenang serta hati hati. Namun demikian hendaknya anda juga jangan sembarangan parkir, sebab salah memilih tempat parkir bukan saja keamanan mobil anda dipertaruhkan tetapi juga dapat mempercpat kerusakan cat bodi mobil anda, seperti misalnya anda parkir di bawah terik sinar matahari.

Berbagai dampak buruk akan menimpa mobil anda jika anda parkir siang hari dan kebetulan cuaca sangat panas. Dampak buruk tersebut, seperti :

  • Dapat merusakkan karet wiper
  • Ruang dalam kabin sangat panas karena tidak ada ventilasi udara.
  • Dapat merusakkan dashboard kendaraan anda.
  • Cat mobil akan cepat memudar karena pengaruh sinar ultra violet matahari yang sangat berbahaya.

Namun demikian karena terpaksa sehingga anda harus parkir kendaraan di bawah terik sinar matahari, maka untuk itu sebaiknya anda :

  • Angkatlah karet wiper di depan maupun di belakang.
  • Turunkan sedikit kaca mobil untuk memberikan ventilasi yang cukup.
  • Tutup dashboard anda dengan alumunium voil atau apapun yang penting tidak langsung terkena cahaya matahari.
  • Bila perlu gunakan sarung mobil yang masih bagus dan tidak bocor.
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *